false
  1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
22 Oktober 2024 10:30

Mayor Teddy diangkat jadi sekretaris kabinet, pahami fungsi, tugas dan kedudukannya

Dalam Kabinet Merah Putih, posisi sekretaris kabinet ditempatkan di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Dwiyana Pangesthi
foto: Instagram/@realtedsky89

Brilio.net - Mayor Teddy Indra Wijaya secara resmi diangkat menjadi Sekretaris Kabinet (Seskab) Republik Indonesia dalam Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran. Penunjukan Mayor Teddy diumumkan oleh Presiden Prabowo pada Minggu (21/10) malam, dan membuat masyarakat penasaran akan tugas serta fungsi barunya. Sebagai Seskab, Mayor Teddy menjadi bagian penting dari struktur pemerintahan, terutama dalam memberikan dukungan manajemen kabinet.

Posisi yang diemban Mayor Teddy ini bukan sembarang jabatan. Sekretaris kabinet adalah sosok yang berada di bawah presiden dan wakil presiden, dengan tugas utama mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Mayor Teddy menggantikan Pramono Anung yang sebelumnya memegang posisi tersebut selama pemerintahan Presiden Jokowi. Kedudukannya mungkin tidak setingkat menteri, namun perannya sangat strategis dalam menjalankan roda pemerintahan.

BACA JUGA :
Mayor Teddy tak mundur dari militer meski menjabat Seskab, begini aturannya


Kedudukan Mayor Teddy sebagai Seskab ke-20 ini memunculkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat, terutama mengenai tugas dan fungsinya. Berbagai sumber resmi menyebutkan bahwa jabatan ini tetap berada di bawah kendali presiden, meskipun nomenklatur terbaru menempatkan Sekretaris Kabinet di bawah Kementerian Sekretariat Negara.

Lantas, apa saja tugas, fungsi, dan kedudukan Mayor Teddy sebagai Sekretaris Kabinet? Berikut ulasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/10).

Tugas sekretaris kabinet

BACA JUGA :
Mantan ajudan Prabowo dapat posisi Seskab di Kabinet Merah Putih, ini profil Mayor Teddy

foto: Instagram/@realtedsky89

Sekretaris kabinet bertanggung jawab dalam memberikan dukungan manajemen kabinet kepada presiden dan wakil presiden. Dukungan ini mencakup berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan, mulai pengelolaan kebijakan hingga pengadministrasian sidang kabinet.

Tugas utamanya melibatkan pemberian rekomendasi yang cepat, tepat, dan aman untuk pelaksanaan pemerintahan. Pemberian dukungan kerja kabinet yang efektif, efisien, dan responsif. Pengelolaan administrasi juga menjadi tugas penting seskab.

Dari penyusunan naskah pidato presiden hingga mengatur jalannya sidang kabinet, semua aspek teknis tersebut akan menjadi tanggung jawab Mayor Teddy. Jadi, peran ini tidak hanya soal manajemen, tetapi juga tentang menjaga efisiensi dan efektivitas dalam setiap proses pemerintahan.

Fungsi sekretaris kabinet

Fungsi sekretaris kabinet tidak hanya sebatas administrasi, tetapi juga melibatkan pengkajian dan pemberian rekomendasi terkait kebijakan dan program pemerintah. Seskab diharapkan juga mampu memberikan masukan-masukan yang strategis, sehingga kebijakan yang diambil pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, fungsi Seskab mencakup pemantauan, evaluasi, dan pengendalian atas pelaksanaan kebijakan pemerintah. Dalam ruang lingkup kebijakan nasional, Seskab berperan penting dalam memastikan bahwa setiap kebijakan yang dirumuskan oleh kementerian atau lembaga sudah sesuai dengan visi presiden dan wakil presiden.

Fungsi pengkajian kebijakan ini memberikan rekomendasi untuk mencegah terjadinya kesalahan atau kekeliruan dalam implementasi kebijakan. Mayor Teddy juga akan terlibat dalam pemantauan perkembangan isu-isu strategis yang sedang berlangsung. Selain itu, Seskab memiliki fungsi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam pelaksanaan kebijakan.

Setiap hambatan yang muncul dalam implementasi program pemerintah harus diselesaikan dengan cepat dan tepat. Dukungan manajemen kabinet yang diberikan oleh Seskab bertujuan untuk memastikan bahwa setiap agenda pemerintah berjalan sesuai dengan rencana.

Kedudukan sekretaris kabinet

Kedudukan Sekretaris Kabinet berada langsung di bawah presiden, namun tidak setingkat dengan menteri. Dalam Kabinet Merah Putih, posisi ini ditempatkan di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Perubahan ini memberikan fleksibilitas bagi Presiden Prabowo untuk menempatkan pejabat militer seperti Mayor Teddy tanpa harus mewajibkannya pensiun dini dari TNI.

Mayor Teddy, yang saat ini berpangkat mayor, tidak perlu keluar dari militer karena kedudukan Seskab tidak setara dengan jabatan menteri. Menurut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, jabatan yang diemban Mayor Teddy setara dengan jabatan eselon dua, yang masih bisa diisi oleh perwira TNI atau Polri.

"Dengan perubahan nomenklatur ini, dapat diisi oleh saudara Teddy tanpa harus pensiun dari TNI karena bukan setingkat menteri," kata Dasco dikutip brilio.net dari Antara, Selasa (22/10).

Kedudukan Seskab ini penting karena memiliki peran sebagai jembatan antara presiden, wakil presiden, dan seluruh jajaran pemerintahan. Meski tidak setingkat menteri, tanggung jawab yang diemban Seskab tetap sangat besar dan krusial bagi kelancaran pemerintahan. Dari sisi kedudukan, Mayor Teddy memiliki otoritas dalam mengelola manajemen kabinet serta memberikan rekomendasi strategis kepada presiden.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags