1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
12 Oktober 2024 09:15

Sosok Nobuyo Oyama, pengisi suara asli Doraemon, meninggal di usia 90 tahun

Nobuyo Oyama, suara Doraemon, meninggal dunia, meninggalkan warisan abadi. Editor
foto: animecorner.me

Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon, telah meninggal dunia di usia 90 tahun. Agensinya mengonfirmasi kepergiannya pada Jumat, 11 Oktober 2024, setelah ia meninggal pada 29 September 2024 karena faktor usia.

Agensi Actors 7 meminta maaf atas keterlambatan dalam pernyataan meninggalnya pengisi suara ikonik ini. "Kami ucapkan terima kasih yang tulus atas kebaikan yang diberikan kepada almarhum selama hidupnya, " sebut pernyataan itu.

BACA JUGA :
Meninggal di usia 88 tahun, ini 7 fakta menarik Noriko Ohara pengisi suara Nobita di anime Doraemon


Pemakaman pribadi dihadiri oleh kerabat terdekat diadakan untuk Nobuyo Oyama. Lahir di Tokyo, Oyama dikenal luas sebagai suara karakter anime Jepangyang dicintai oleh berbagai generasi di seluruh Asia.

Sebelum mengisi suara Doraemonia juga berperan dalam pertunjukan boneka NHK "Boo Foo Woo" dari 1960 hingga 1967. Namun, perannya dalam serial animasi yang dimulai pada tahun 1979 inilah yang membuatnya terkenal secara global, hingga acara tersebut dikenal sebagai 'edisi Oyama' untuk membedakannya dari adaptasi Doraemon lainnya.

Oyama terkenal karena menyuarakan karakter eponymous dalam serial televisi 'Doraemon', yang tayang dari 1979 hingga 2005. Ini hanya satu dari tiga acara dalam waralaba Doraemon yang lebih besar, yang menjadi populer di banyak negara, termasuk Hong Kong dan Indonesia. Waralaba ini mencakup banyak film animasi, video game, album musik, dan serial manga.

BACA JUGA :
Emak-emak pecinta Doraemon garis keras, 7 penampakan dapurnya ini bikin melongo lihatnya

Kisah Doraemon berfokus pada petualangan robot kucing dari abad ke-22 yang datang ke masa kini untuk membantu seorang anak laki-laki bernama Nobita, yang sering dianggap tidak berdaya. Karakter berwarna biru-putih ini sering menyelamatkan Nobita dengan gadget rahasia dari masa depan yang ia keluarkan dari saku di perutnya.

Berita kematian Oyama memicu gelombang penghormatan di media sosial. Banyak penggemar dari seluruh dunia menyampaikan belasungkawa dan mengenang Oyama sebagai ikon suara masa kecil mereka. Kazuhiko Inoue, pengisi suara karakter Kakashi dalam 'Naruto', mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerja keras Oyama selama bertahun-tahun.

Tak lama setelah kematian Oyama, berita duka juga datang dari Noriko Ohara, pengisi suara Nobita, yang meninggal pada Juli 2024. Ohara tutup usia di umur 88 tahun setelah berjuang melawan penyakit yang tidak dijelaskan.

Noriko Ohara, yang lahir di Tokyo pada 2 Oktober 1935, mengisi suara Nobita dari 1970-an hingga awal 2000-an. Ia juga terlibat dalam proyek anime populer lainnya dan memenangkan berbagai penghargaan di Jepang.

Doraemon sendiri adalah manga yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969. Cerita ini berfokus pada Nobita, seorang anak kelas 5 yang sangat malas, yang mendapatkan robot kucing bernama Doraemon untuk membantunya mengatasi berbagai masalah. Film animasi Doraemon mulai tayang di Indonesia pada 9 Desember 1990, dan sejak saat itu menjadi tontonan yang sangat dinanti-nanti oleh anak-anak.

Source: liputan6.com / Dinny Mutiah
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags