1. Home
  2. »
  3. Ragam
27 September 2024 16:30

Tak hanya gerhana matahari cincin, ini 6 fenomena astronomi selama Oktober 2024, cek jadwal lengkapnya

Setiap bulannya, berbagai fenomena ini muncul akibat pergerakan benda-benda langit. Sri Jumiyarti Risno
freepik.com

Brilio.net - Fenomena astronomi merupakan kejadian alam yang terjadi di luar angkasa dan dapat dilihat dari bumi. Setiap bulannya, berbagai fenomena ini muncul akibat pergerakan benda-benda langit yang memiliki orbit maupun kecepatan berbeda-beda.

Pada Oktober 2024, beberapa peristiwa menarik akan terjadi, sehingga patut untuk disaksikan oleh para penggemar astronomi sekaligus pencinta alam. Berdasarkan informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta sumber terpercaya dari laman Space, Oktober 2024 akan dipenuhi dengan sejumlah fenomena astronomi menarik.

BACA JUGA :
5 Contoh teks laporan singkat tentang fenomena alam, lengkap dengan pengertian dan formatnya


Salah satunya adalah gerhana matahari cincin, yang menjadi sorotan utama pada Oktober. Namun, bukan hanya itu, masih ada beberapa peristiwa menarik lainnya yang menanti untuk diamati. Dengan adanya berbagai fenomena astronomi ini, para pengamat langit dapat menyiapkan diri untuk mengamati momen-momen istimewa yang akan terjadi.

Mulai dari gerhana matahari hingga hujan meteor, berikut jadwal lengkap fenomena astronomi yang dapat kamu saksikan selama bulan Oktober 2024, brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (27/9).

Fenomena astronomi pada Oktober 2024.

BACA JUGA :
Mengenal equinox, fenomena alam yang sebabkan beberapa wilayah terasa lebih panas

foto: freepik.com

1. Gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari cincin akan terjadi pada 2 Oktober 2024. Fenomena ini terjadi ketika bulan berada di antara Bumi dan matahari, tetapi tidak sepenuhnya menutupi cahaya matahari. Akibatnya, terlihat seperti cincin cahaya di sekitar bulan.

Untuk wilayah yang berada di jalur gerhana, para pengamat akan melihat efek ini secara langsung. Fenomena ini biasanya memerlukan perlindungan mata khusus, seperti kacamata gerhana, agar aman saat mengamatinya. Jalur cincin ini akan melewati sejumlah wilayah di Amerika Serikat, sehingga menjadi kesempatan menarik bagi penduduk setempat.

2. Hujan meteor draconid.

Hujan meteor Draconid akan memuncak pada malam tanggal 8 hingga 9 Oktober 2024. Hujan meteor ini berasal dari debu yang ditinggalkan oleh komet Giacobini-Zinner. Hujan meteor ini biasanya tidak terlalu aktif, tetapi pada tahun-tahun tertentu, jumlah meteor yang tampak bisa mencapai ratusan per jam.

Pengamatan terbaik dapat dilakukan di tempat yang gelap, jauh dari pencahayaan kota. Para pengamat akan dapat menyaksikan meteor ini dengan mata telanjang, sehingga sangat dianjurkan untuk mencari lokasi yang nyaman dan memiliki pemandangan langit yang jelas.

3. Hujan meteor orionid.

Fenomena hujan meteor Orionid akan terjadi pada malam puncaknya pada 21 hingga 22 Oktober 2024. Meteor ini berasal dari sisa-sisa debu komet Halley yang terkenal. Hujan meteor ini diharapkan dapat memunculkan sekitar 20 meteor per jam pada puncaknya.

Seperti hujan meteor lainnya, pengamatan fenomena ini sebaiknya dilakukan di area gelap, terutama setelah tengah malam ketika konstelasi Orion mulai muncul di langit timur. Hujan meteor Orionid terkenal dengan meteornya yang cepat dan terang, sehingga menjadi salah satu fenomena menarik yang dinantikan.

4. Konjungsi planet.

Fenomena konjungsi antara planet Venus dan Jupiter akan terjadi pada tanggal 24 Oktober 2024. Dalam peristiwa ini, kedua planet ini akan terlihat sangat dekat satu sama lain di langit. Konjungsi ini merupakan momen yang bagus untuk diamati karena kedua planet tersebut sangat cerah.

Pasalnya, Venus dan Jupiter adalah dua objek paling terang di malam hari, sehingga mudah dikenali. Bagi kamu yang ingin melihat fenomena ini, disarankan untuk melihat ke arah barat setelah matahari terbenam untuk melihat pertemuan indah ini.

5. Bulan purnama.

Bulan purnama akan terjadi pada 28 Oktober 2024. Selama fenomena ini, bulan akan terlihat bulat penuh serta sangat cerah. Bulan purnama sering kali menjadi waktu yang baik untuk melakukan pengamatan langit, terutama untuk melihat detail permukaan bulan menggunakan teleskop.

Selain itu, bulan purnama juga sering kali menjadi waktu yang istimewa bagi para pengamat langit untuk menikmati keindahan langit malam.

6. Hunter moon.

Supermoon Hunters Moon akan muncul pada Kamis, 17 Oktober 2024, sekitar pukul 19.26 waktu setempat di seluruh dunia. Fenomena Supermoon kali ini dianggap istimewa karena merupakan Supermoon yang paling dekat dengan Bumi sepanjang tahun 2024.

Fenomena hunter's moon atau supermoon ini berarti Bulan akan terlihat lebih besar bahkan lebih terang dibandingkan dengan dua Supermoon lainnya yang terjadi tahun ini.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags