1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
30 September 2024 06:09

Ulasan buku Ikigai oleh Hector Garcia, ini 10 Aturan demi hidup bahagia orang Jepang

'Makan hingga 80% kenyang menjaga dokter tetap jauh.' Annisa Endriyati Utami

Brilio.net - Buku "Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life" karya Hctor Garca dan Francesc Miralles lebih merupakan studi kasus tentang kehidupan penduduk lanjut usia di Ogimi, sebuah desa kecil di Okinawa. Buku ini menyimpulkan 10 aturan ikigai yang disarikan dari kebijaksanaan para penduduk lanjut usia tersebut. Aturan-aturan ini bisa diartikan sebagai kebiasaan gaya hidup yang memungkinkan para lansia di Ogimi untuk hidup lama dan menikmati ikigai mereka.

Gaya hidup seseorang mungkin sangat berbeda dengan para centenarian (berusia di atas 100 tahun) di Ogimi. Mungkin bekerja, tinggal di kota, memiliki banyak tanggung jawab, stres finansial, masalah hubungan, dan banyak hal lain yang ada di pikiran. Meskipun mungkin sulit untuk mengadopsi semua 10 aturan ini, beberapa di antaranya sangat mudah diterapkan.

BACA JUGA :
Ulasan buku The Devotion of Suspect X oleh Keigo Higashino, plot kriminal yang menegangkan


Aturan-aturan ini bukanlah kewajiban yang harus diikuti untuk mencapai ikigai, melainkan saran atau kebiasaan yang bisa diadopsi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sehingga bisa menemukan dan menjalani ikigai.

Berikut adalah 10 aturan ikigai yang bisa membantu dalam kehidupan sehari-hari:

1. Tetap Aktif; Jangan Pensiun

"Mereka yang berhenti melakukan hal-hal yang mereka cintai dan lakukan dengan baik kehilangan tujuan hidup. Itulah mengapa sangat penting untuk terus melakukan hal-hal yang bernilai, membuat kemajuan, membawa keindahan atau kegunaan bagi orang lain, membantu, dan membentuk dunia di sekitar, bahkan setelah aktivitas profesional 'resmi' berakhir."

BACA JUGA :
Ulasan buku Salvation of a Saint oleh Keigo Higashino, misteri yang memikat

2. Ambil Waktu dengan Santai

"Bergegas adalah kebalikan dari kualitas hidup yang baik. Seperti pepatah lama, 'Berjalanlah perlahan dan Anda akan pergi jauh.' Ketika kita meninggalkan urgensi, hidup dan waktu mendapatkan makna baru." Dengan mengambil waktu dengan santai, berarti lebih sadar akan keputusan, lebih mengendalikan, dan lebih sering melakukan hal-hal yang diinginkan.

3. Jangan Mengisi Perut Sepenuhnya

Menurut aturan, untuk tetap sehat lebih lama, kita harus makan sedikit kurang dari yang diinginkan daripada mengisi perut sepenuhnya."

Hara hachi bun me ni isha irazu. Pepatah Jepang ini berarti 'Makan hingga 80% kenyang menjaga dokter tetap jauh.' Hara hachi bun me adalah konsep Konfusianisme Jepang yang berusia 2.500 tahun yang berarti 'perut delapan bagian penuh'. Ini adalah bentuk pembatasan kalori berbasis kebijaksanaan yang telah dipraktikkan oleh orang Jepang selama ratusan tahun.

4. Kelilingi Diri dengan Teman Baik

"Teman adalah obat terbaik, ada untuk berbagi kekhawatiran, berbagi cerita yang mencerahkan hari, mendapatkan nasihat, bersenang-senang, bermimpi... dengan kata lain, hidup."

"Orang muda sering mengatakan 'Hidup saya tidak memiliki ikigai'. Ini jelas. Orang yang mengisolasi diri tidak bisa memiliki ikigai makna atau tujuan. Ikigai hanya ditemukan dalam hubungan antarpribadi." Ishikawa Tatsuz.

5. Tetap Bugar untuk Ulang Tahun Berikutnya

"Air bergerak; ia berada dalam kondisi terbaik ketika mengalir segar dan tidak stagnan. Tubuh yang Anda gerakkan dalam hidup membutuhkan sedikit perawatan harian untuk tetap berjalan lama. Selain itu, olahraga melepaskan hormon yang membuat kita merasa bahagia."

6. Tersenyum

"Sikap ceria tidak hanya menenangkan itu juga membantu membuat teman. Penting untuk mengenali hal-hal yang tidak begitu baik, tetapi kita tidak boleh lupa betapa beruntungnya berada di sini dan sekarang di dunia yang penuh dengan kemungkinan."

7. Kembali ke Alam

Meskipun kebanyakan orang sekarang tinggal di kota, manusia diciptakan untuk menjadi bagian dari dunia alami. Kita harus kembali ke alam untuk mengisi ulang energi."Apakah Anda akrab dengan kata Jepang shinrin-yoku? Ini berarti 'mandi hutan' dan berarti menghubungkan dengan alam menggunakan lima indera penglihatan, pendengaran, rasa, bau, dan sentuhan. Ini adalah praktik kesadaran untuk membantu Anda terhubung kembali dengan alam sehingga Anda bisa meremajakan tubuh dan memberi pikiran momen kedamaian."

8. Bersyukur

"Kepada leluhur, kepada alam yang menyediakan udara yang dihirup dan makanan yang dimakan, kepada teman dan keluarga, kepada segala sesuatu yang mencerahkan hari dan membuat merasa beruntung untuk hidup. Luangkan waktu setiap hari untuk bersyukur, dan Anda akan melihat kebahagiaan Anda bertambah."

9. Hidup di Saat Ini

"Berhenti menyesali masa lalu dan takut akan masa depan. Hari ini adalah semua yang Anda miliki. Manfaatkan sebaik-baiknya. Buatlah layak untuk diingat." The present moment is all you ever have. There is never a time when your life is not this moment. Is this not a fact? Eckhart Tolle "Saat ini adalah semua yang Anda miliki. Tidak pernah ada waktu ketika hidup Anda bukan 'saat ini.' Apakah ini bukan fakta?" Eckhart Tolle.

10. Ikuti Ikigai Anda

"Ada hasrat di dalam diri Anda, bakat unik yang memberi makna pada hari-hari Anda dan mendorong Anda untuk berbagi yang terbaik dari diri Anda hingga akhir. Jika Anda belum tahu apa ikigai Anda, seperti yang dikatakan Viktor Frankl, misi Anda adalah menemukannya."

Ikigai tidak harus menjadi satu bakat unik yang mendorong Anda untuk berbagi yang terbaik dari diri Anda hingga akhir. Penulis Jepang, Ken Mogi, menggambarkan ikigai sebagai spektrum, dan bahwa Anda bisa memiliki beberapa ikigai, mulai dari menikmati kopi pagi hingga bekerja menuju tujuan hidup yang mendefinisikan.

Aturan terakhir bisa diubah menjadi 'Kembangkan Tujuan'. Tujuan adalah elemen sentral dari ikigai dan sesuatu yang bisa dikembangkan dan dirasakan ketika melakukan hal-hal dengan perhatian dan bekerja untuk berkontribusi kepada orang-orang di sekitar. Tidak perlu menjadi versi terbaik dari diri sendiri, cukup menjadi diri yang jujur dan otentik dalam semua momen hidup.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags