1. Home
  2. ยป
  3. Selebritis
17 September 2024 09:10

7 tahun berjuang sembuh dari stroke, kondisi terbaru Mat Solar ini bikin terenyuh

Mat Solar masih berada di bawah pengawasan dokter, belum tertarik mencoba pengobatan alternatif Khansa Nabilah
foto: YouTube/Latief Sitepu

Brilio.net - Mat Solar, aktor yang dikenal luas melalui perannya sebagai Bajuri dalam sinetron populer 'Bajaj Bajuri', saat ini sedang dalam proses pemulihan setelah mengalami serangan stroke pada tahun 2017 lalu. Putranya, Haidar Rasyad atau yang akrab disapa Popon, baru-baru ini memberikan kabar terbaru tentang kondisi kesehatan sang ayah yang masih berjuang melawan berbagai komplikasi akibat stroke.

"Menurut saya sih sama aja progresnya kayak masih aja kayak gitu. Cuma juga udah umur, ya susah untuk berbicara," ungkap Popon dikutip brilio.net dari KapanLagi pada Selasa (17/9).

BACA JUGA :
4 Tahun berjuang lawan hipertiroid, 9 transformasi Indra Bruggman dari tirus kembali macho usai sembuh


Setelah 7 tahun terserang stroke, kondisi Mat Solar belum menunjukkan perkembangan yang signifikan, terutama dalam hal kemampuan berbicara. Meskipun demikian, keluarga tetap berusaha memberikan dukungan dan perawatan terbaik untuk Mat Solar.

foto: YouTube/Latief Sitepu

BACA JUGA :
Inul Daratista selipkan doa di acara tasyakuran, panggilan untuk Ruben Onsu bikin salah fokus

Pemulihan dari stroke membutuhkan waktu dan kesabaran. Popon mengaku setiap hari dirinya menyemangati dan menghibur sang ayah agar kondisinya membaik.

"Aku tiap hari kayak ngehibur ayah kayak ayah ayo dong ngomong A I U E O ya ayah kayak cuma A U. Cuma susah aja ngehiburnya kayak pegangin tangan ini ayo-ayo gitu gitu doang," sambungnya.

Selain kondisinya yang belum dapat berbicara, Popo mengungkapkan jika Mat Solar juga mengalami gangguan pengelihatan. Saat ini pengelihatan ayahnya berkurang sehingga matanya tak jelas melihat. Sementara pendengarannya masih cukup baik.

foto: YouTube/Latief Sitepu

"Pengelihatannya agak buram lah, iya. Ya kayak agak terganggu gitu cuma kalau masalah pendengaran sih baik. Kalau untuk bicara ya masih gitu," katanya.

Dalam keseharian, Mat Solar masih rutin menjalani pengobatan. Mulai dari fisioterapi untuk terapi berjalan tetap berlangsung. Demikian konsumsi obatnya yang masih lanjut.

"Fisioterapi masih berjalan, kadang sebulan sekali. Konsumsi obat juga masih berlanjut, tapi obatnya itu mama yang lebih tahu," ujar Popon.

Saat ini, Mat Solar masih berada di bawah pengawasan dokter. Mereka belum tertarik mencoba pengobatan alternatif. Kini, komedian tersbut lebih banyak beristirahat di rumah dengan kasur khusus.

foto: YouTube/Latief Sitepu

Popon mengaku keluarganya sampai membeli ranjang rumah sakit agar mudah merawat sang ayah. Pasalnya, ranjang rumah sakit lebih fleksibel.

"Enggak udah, tiduran aja di tempat tidur. Sampai beli kasur rumah sakit ya biar gampang gitu. Misalkan ayah mau makan ya dinaikin gitu-gitu," ucap Popon.

Popon menuturkan pengeluaran untuk merawat ayahnya cukup besar. Apalagi agar menjaga ayahnya mendapatkan perawatan terbaik.

Namun, Popom mengaku tak masalah, ia pun rela melakukan hal itu agar orang tua terkasihnya dapat sehat.

foto: YouTube/Latief Sitepu

"Ya dibilang banyak mah pasti banyak juga harus ngejaga ayah sampe sembuh, ya pasti mahal. Apa pun itu yang bikin ayah sehat sih pasti bakal inshaAllah," jelasnya.

Mat Solar baru-baru ini menjalani prosedur medis di Rumah Sakit Persahabatan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Setelah tindakan medis selesai dilakukan, ia diizinkan untuk langsung pulang ke rumah, menunjukkan bahwa prosedur tersebut berjalan lancar dan tidak memerlukan perawatan inap.

Meski perawatan utama dilakukan di rumah, Popon menegaskan bahwa ayahnya masih rutin mendapatkan pemeriksaan dan perawatan dari rumah sakit. Putra Mat Solar ini tetap optimis akan kemajuan kesehatan sang ayah, walau ia menyadari bahwa proses pemulihan pasca-stroke membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan kesabaran yang tinggi.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags