1. Home
  2. ยป
  3. Selebritis
18 September 2024 19:07

Curhat rindu Ustaz Maulana usai sang istri pergi 6 tahun lalu, rutin puasa Nabi Idris

Ia memilih mengamalkan puasa Nabi Idris sebagai salah satu cara untuk mengendalikan hawa nafsu dan menjaga dirinya dari godaan duniawi. Syeny Wulandari

Brilio.net - Ustaz Maulana, sampai saat ini masih memilih menduda setelah kepergian istrinya, Nur Aliah. Kepergian sang istri yang meninggal pada 2019 lalu meninggalkan bekas mendalam dalam hidup sang pendakwah. Bahkan hingga kini, ia belum siap untuk membuka hatinya kembali. Kehilangan sang istri bukanlah hal yang mudah baginya.

Sosok Ustaz Maulana yang kerap ceria di layar kaca ternyata menyimpan duka mendalam. Meski sudah menduda selama enam tahun, pendakwah asal Sulawesi Selatan ini tetap teguh dengan keputusannya untuk belum menikah lagi. Baginya, enam tahun tanpa pendamping hidup tidak ada apa-apanya dibandingkan penantiannya selama 15 tahun sebelum akhirnya menikahi Nur Aliah.

BACA JUGA :
Nikita Mirzani bagikan sembako, ini respons tak terduga Ustaz Maulana


Dalam sebuah wawancara di acara Pagi Pagi Ambyar, Ustaz Maulana membagikan cerita bagaimana ia dan almarhumah bertemu pertama kali di pesantren. Meskipun keduanya tidak mengenal istilah pacaran, Ustaz Maulana sudah menaruh harapan besar pada sang istri sejak pertemuan pertama. Ia rela menunggu selama bertahun-tahun hingga akhirnya almarhumah setuju untuk dinikahi.

"Sebenarnya almarhumah ini waktu dia dari pesantren, kan kita tidak boleh ada pacaran. Jadi, aku udah bilang ke dia waktu itu masih di kelas, saya beritahu 'insya Allah kalau kita berjodoh, kita ketemu'," cerita Ustaz Maulana dikutip brilio. net dari TikTok @pagipagiambyarttv, Rabu (18/9).

BACA JUGA :
10 Makanan alami cegah kanker usus, penyakit istri Ustaz Maulana

foto: Instagram/@m_nur_maulana

Penantiannya yang panjang selama 15 tahun pun akhirnya berbuah manis. Ustaz Maulana dan Nur Aliah akhirnya dipertemukan kembali, dan mereka pun menikah serta dikaruniai empat orang anak.

Namun sayangnya, kebahagiaan rumah tangga itu tidak berlangsung lama. Hanya dalam waktu 10 tahun, pernikahan mereka harus berakhir dengan duka ketika Nur Aliah meninggal dunia.

"15 tahun baru jadian. Jadi sejak pesantren itu kita tidak pernah ketemu, sampai 15 tahun baru ketemu jadi bisa dikatakan ya penantian yang lama 15 tahun tapi berlangsung cuma 10 tahun," lanjut Ustaz Maulana.

Meski pernikahannya hanya berjalan selama satu dekade, Ustaz Maulana mengaku masa-masa itu sangatlah indah. Kenangan bersama almarhumah terus hidup dalam dirinya, membuatnya semakin kuat dan tabah menjalani kehidupan sebagai orang tua tunggal.

foto: Instagram/@m_nur_maulana

Ustaz Maulana kini harus mengurus keempat anaknya seorang diri. Namun ia tetap menjalani tugas tersebut dengan penuh kasih sayang dan dedikasi. Sebagai seorang manusia biasa, Ustaz Maulana menyadari bahwa menjaga diri dari godaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi seorang pria yang kehilangan istri tercinta.

Untuk itu, ia memilih mengamalkan puasa Nabi Idris sebagai salah satu cara untuk mengendalikan hawa nafsu dan menjaga dirinya dari godaan duniawi. Puasa ini dijalani setiap hari tanpa putus, kecuali pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa, seperti saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

"Makanya saya setiap hari puasa, puasa Idris yang saya lakukan salah satunya adalah bagaimana saya bisa menjaga diri saya sendiri," jelasnya.

Ia juga mengakui bahwa sebagai laki-laki, sangatlah wajar jika memiliki hawa nafsu. Namun, dengan menjalani puasa Nabi Idris, ia merasa lebih mampu untuk mengendalikannya. Ustaz Maulana berusaha menjalani hidupnya dengan penuh keimanan dan ketakwaan, mengikuti ajaran-ajaran yang diajarkan Nabi Idris, yang dikenal sebagai salah satu nabi yang sangat taat dan shaleh.

"Yang namanya laki-laki, manusia tidak mungkin, pasti ada nafsu. Dari sini lah saya harus kendalikan nafsu ini dengan cara berpuasa Idris," tambahnya.

foto: Instagram/@m_nur_maulana

Di samping menjalankan puasa, Ustaz Maulana juga terus mengenang obrolan-obrolannya dengan sang istri semasa hidup. Ia bercerita bahwa mereka sering membahas tentang kematian.

Dalam percakapan tersebut, Nur Aliah pernah berkata bahwa ia lebih baik pergi lebih dulu daripada sang suami. Alasannya, ia percaya bahwa Ustaz Maulana akan mampu menjaga dan membesarkan anak-anak mereka dengan baik.

"Kami berdua selalu bicara tentang kematian. Saya selalu berkata, 'Kalau memang ajal menjemput aku duluan, enggak apa-apa'. Tapi dia berkata, 'Jangan, kak. Lebih baik saya duluan. Kalau saya duluan anak-anak pasti dijamin dengan adanya Abahnya'," kenangnya.

Kini, Ustaz Maulana hidup bersama keempat anaknya. Sebagai seorang ayah, ia mengaku memiliki hubungan yang sangat dekat dengan mereka. Ia juga berusaha menjalankan perannya sebagai orang tua dengan sebaik mungkin, tanpa pernah memarahi atau bahkan memukul anak-anaknya. Baginya, kedekatan dengan anak-anak adalah amanah yang harus ia jaga.

"Anak saya yang pertama itu menuju usia 15 tahun Juni nanti. Selama 15 tahun punya empat anak, mohon maaf saya tidak pernah marah sama anak, tidak pernah mukul sama anak," jelasnya.

Meski disibukkan dengan berbagai aktivitas dakwah dan pekerjaan, Ustaz Maulana selalu berusaha meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Baginya, kehadiran sebagai orang tua sangat penting, terutama dalam menjaga komunikasi yang baik dengan mereka.

Ia selalu berusaha menjadi teman curhat bagi anak-anaknya. Bahkan merayakan momen-momen penting seperti ulang tahun dan memberikan apresiasi atas prestasi mereka.

"Bermain sama anak itu penting, kemudian ulang tahunnya (dirayakan). Kemudian yang berikutnya adalah ketika dia berprestasi. Jadi kedekatan kita sama anak sebenarnya (penting) karena itu amanah, itu bagian dari diri kita," tambahnya.

Kesetiaan dan keikhlasan Ustaz Maulana dalam menjalani hidup tanpa pendamping hidup telah menginspirasi banyak orang. Meskipun sudah menduda selama enam tahun, ia tetap kuat menjalani peran sebagai ayah dan pendakwah, serta terus memegang teguh nilai-nilai agama yang ia yakini. Puasa Nabi Idris yang dijalankannya setiap hari menjadi salah satu bentuk pengabdian dan usahanya dalam menjaga diri dari godaan duniawi.

Salut SM ustaz Maulana, yg lain ada poligami tp ini belum cari pengganti, semoga sehat bersama anak2," komentar akun @lisnawatiilha14.

Saluttt dengan kesetiaaan beliau," tulis akun @shelvaana.

Yg lain mah psti udh cari istri baru salut sekali sm pak uztad maulana," sahut akun @anitaanita9535.

Dia fokus ke anak2 speninggal istrinya..pdhal mudah saja cr pganti, lingkungannya pun para seleb," kata akun @devianggraeni.2.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags