1. Home
  2. ยป
  3. Selebritis
28 September 2024 14:00

Maggie Smith meninggal dunia, intip 10 perjalanan kariernya hingga terkenal lewat film Harry Potter

Tercatat, Maggie Smith telah melakoni karier di dunia seni lebih dari 70 tahun yang salah satunya adalah film Harry potter. Niko Sulpriyono

Brilio.net - Artis Hollywood, Maggie Smith menghembuskan nafas terakhirnya di usia 89. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh pihak keluarganya melalui publisis seraya memohon privasi pada saat berkabung. Maggie Smith merupakan artis legendaris yang menjadi panutan generasi muda dalam dunia akting.

Tercatat, Maggie Smith telah melakoni karier di dunia seni lebih dari 70 tahun yang salah satunya adalah film Harry potter sebagai Profesor Minerva McGonagall. Tak tanggung-tanggung, Maggie Smith juga mendapatkan pengakuan Triple Crown of Acting karena menang Piala Tony Awards (teater), Emmy (pertelevisian), dan Oscar (film). Sebagai artis layar lebar, prestasinya terbilang sempurna.

BACA JUGA :
Depannya tampak biasa, penampakan halaman belakang warung ini malah bak hutan di film Harry Potter


Dia juga memenangkan 2 Piala Oscar untuk Pemeran Pendukung dan Pemeran Utama Wanita Terbaik. Tak banyak aktris Hollywood yang berhasil mendapat 2 Piala Oscar untuk dua kategori akting berbeda.

Dengan kepergian Maggie Smith, dunia industri media khususnya sinema sangat berpengaruh besar. Untuk mengenangnya, kamu bisa menyimak penjelasan perjalanan karier Maggie Smith hingga terkenal lewat film Harry Potter yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu (28/9). Yuk, simak pembahasannya.

1. Debut di panggung teater

BACA JUGA :
Daniel Radcliffe pemeran Harry Potter resmi jadi ayah, beberkan jenis kelamin anak pertamanya

Maggie Smith meninggal dunia
Instagram/@vanityfair

Maggie Smith memulai kariernya di dunia teater pada 1952. Dia bergabung dengan Oxford Playhouse dan tampil dalam berbagai produksi teater. Debutnya di panggung teater ini menjadi awal dari perjalanan panjangnya di dunia seni peran.

2. Peran pertama di layar lebar

Maggie Smith meninggal dunia
Instagram/@vanityfair

Pada 1958, Maggie Smith mendapatkan peran pertamanya di layar lebar dalam film "Nowhere to Go". Meskipun film ini tidak terlalu sukses, penampilannya berhasil menarik perhatian para kritikus dan membuka jalan bagi kariernya di industri film.

3. Penghargaan oscar pertama

Maggie Smith meraih penghargaan Oscar pertamanya pada 1969 untuk perannya dalam film "The Prime of Miss Jean Brodie". Peran ini tidak hanya mengukuhkan posisinya sebagai aktris berbakat, tetapi juga membuka peluang lebih besar di Hollywood.

4. Kesuksesan di teater broadway

Selain sukses di layar lebar, Maggie Smith juga meraih kesuksesan di panggung Broadway. Pada 1975, dia memenangkan Tony Award untuk perannya dalam drama "Private Lives". Penghargaan ini menambah daftar panjang prestasinya di dunia teater.

5. Peran ikonik dalam "A Room with a View"

Pada 1985, Maggie Smith tampil dalam film "A Room with a View" yang mendapatkan banyak pujian. Perannya sebagai Charlotte Bartlett dalam film ini membuatnya meraih nominasi Oscar dan BAFTA.

6. Kembali ke panggung teater

Meskipun telah sukses di dunia film, Maggie Smith tidak pernah melupakan akar teaternya. Pada 1990-an, dia kembali ke panggung teater dan tampil dalam berbagai produksi yang sukses, termasuk "Three Tall Women" dan "The Importance of Being Earnest".

7. Peran dalam "Gosford Park"

Pada 2001, Maggie Smith tampil dalam film "Gosford Park" yang disutradarai oleh Robert Altman. Perannya sebagai Constance, Countess of Trentham, membuatnya meraih nominasi Oscar dan BAFTA.

8. Menjadi profesor Minerva McGonagall

Maggie Smith meninggal dunia
Instagram/@maggiesmithdaily

Peran yang paling dikenal oleh generasi muda adalah sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam seri film Harry Potter. Mulai dari "Harry Potter and the Philosopher's Stone" (2001) hingga "Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2" (2011), Maggie Smith berhasil membawa karakter ini hidup dengan penampilannya yang memukau.

9. Kesuksesan dalam "Downton Abbey"

Maggie Smith meninggal dunia
Instagram/@maggiesmithdaily

Selain Harry Potter, Maggie Smith juga dikenal lewat perannya sebagai Violet Crawley, Dowager Countess of Grantham, dalam serial televisi "Downton Abbey". Peran ini membuatnya meraih berbagai penghargaan, termasuk tiga Primetime Emmy Awards.

10. Penghargaan kehormatan

Sepanjang kariernya, Maggie Smith telah menerima berbagai penghargaan kehormatan, termasuk gelar Dame Commander of the Order of the British Empire (DBE) pada 1990 dan Companion of Honour (CH) pada 2014. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa di dunia seni peran.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags