1. Home
  2. ยป
  3. Serius
29 Februari 2024 20:45

5 Fakta terkini kasus kematian Dante usai rekonstruksi, tersangka sempat memantau CCTV

Tamara tampak menangis ketika menyaksikan reka ulang pembunuhan terhadap anaknya Dante. Muhammad Rizki Yusrial
Selama 240 detik, Dante ditenggelamkan sebanyak 12 kali.

4. Selama 240 detik, Dante ditenggelamkan sebanyak 12 kali.

BACA JUGA :
9 Potret rumah Tamara Tyasmara usai Dante meninggal dunia, ada suara lari-larian tengah malam


foto: merdeka.com

Rekonstruksi peristiwa pembunuhan Dante memunculkan adegan dramatis ketika korban ditenggelamkan di lokasi. Pada saat itu, terungkap bahwa Yudha menenggelamkan Dante sebanyak 12 kali, dengan rentan waktu yang bervariasi. Total durasi penenggelaman Dante mencapai 240 detik. Proses penenggelaman tersebut dimulai pada adegan ke 31 di mana Yudha menarik pinggang korban untuk memasukkannya ke dalam air.

"Adegan 31 tersangka Yudha menenggelamkan korban dengan cara ditarik bagian pinggang selama 14 detik," kata Kompol Bara Libra.

BACA JUGA :
Beredar fotonya nongkrong bareng YA tersangka kematian Dante, Raffi Ahmad ungkap kedekatan keduanya

Ketika korban muncul ke permukaan, YA kembali menenggelamkannya dengan durasi yang lebih panjang, yaitu 24 detik. Selepas itu korban pun masih muncul ke permukaan. Adegan itu berulang kali dilakukan oleh Yuda hingga mencapai adegan ke-40. Sementara melakukan tindakan tersebut, Yudha terlihat sesekali menengok ke arah sisi kanan dan kiri.

Sehingga total dari penenggelaman itu sebanyak 12 kali dengan rentang waktu yang berbeda. Yakni, 14 detik, 24, detik, 4 detik, 2 detik, 26, detik, 4 detik, 21 detik, 7 detik, 17 detik, 8 detik, 26 detik, dan yang paling lama 54 detik.

5. Rekonstruksi tersebut memperagakan 115 adegan.

foto: merdeka

Kombes Pol Wira Satya Triputra, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa tersangka memainkan ratusan adegan dalam rekonstruksi ini. Proses rekonstruksi juga dihadiri oleh perwakilan dari Jaksa dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

Proses rekonstruksi mencakup serangkaian peristiwa, mulai dari kegiatan survei Tamara dan Yudha di lokasi kejadian, momen Dante menjelang berenang, hingga detik-detik tragis kematiannya. Reka ulang adegan tersebut dibagi menjadi dua lokasi berbeda. Sebanyak 13 adegan pertama diadakan di Polda Metro Jaya, sementara sisanya dilakukan langsung di tempat kejadian.

"Adegan yang diperagakan saat reko di kolam, sejumlah 102 adegan. yang mana dari 102 adegan terdapat 69 adegan di mana tersangka selama 12 kali tenggelamkan korban," jelas Wira.

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah memeriksa total 38 saksi. Sembilan diantaranya merupakan saksi aksi. Setelah rekonstruksi ini penyidik akan masuk ke tahap pemberkasan kasus.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags