1. Home
  2. ยป
  3. Serius
18 September 2024 15:10

Bantah isu atlet PON dapat snack santan dan roti, begini pembelaan Menpora Dito Ariotedjo

Menurut Dito, snack santan dan roti itu adalah hoaks. Devi Aristyaputri
foto: kemenpora.go.id; TikTok/@mr_arvinn

Brilio.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membantah isu yang beredar di media sosial mengenai camilan santan dan roti yang jadi santapan para atlet Pekan Olahraga Nasional (PON).

Mengenai video yang beredar, Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa hal tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Dito menjelaskan hal itu hanya candaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA :
Kesal difitnah gagal berlaga di PON karena tidak bayar pajak, Saaih Halilintar singgung ada oknum


"Adanya viral snack dikasih roti dan susu diganti santan, bisa kami pastikan itu adalah hoaks dan bercandaan oknum," jelasnya dikutip brilio.net dari liputan6, Rabu (18/9).

Tindakan lebih lanjut yang dilakukan oleh Menpora adalah menyelidiki akun terkait. Namun sayangnya, setelah dilakukan investigasi akun tersebut sudah dinonaktifkan.

"Setelah kita kejar, kita investigasi, langsung akun-akunnya dimatiin. Dan sudah di-take down," imbuhnya.

BACA JUGA :
Katering ini tunjukkan nasi box PON Aceh-Sumut dengan beragam menu, netizen: buat atlet apa panitia?

foto: kemenpora.go.id

Sementara itu, menepis kabar yang simpang siur mengenai makanan yang diperoleh atlet PON 2024, Dito Ariotedjo secara langsung meninjau pusat pengemasan konsumsi PON XXI 2024 Aceh - Sumut di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Medan.

Dito Ariotedjo menegaskan, nasi boks yang didistribusikan ke lapangan diperuntukan bagi panitia pelaksana dan pelaksana pertandingan. Nasi boks tersebut juga bukan diperuntukan atlet.

foto: TikTok/@echasantisavitri

Meninjau langsung ke tempat, Menpora Dito yang didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono menyaksikan secara langsung cara pengemasan nasi boks. Bahkan Menpora juga sempat mencicipi nasi boks tersebut.

"Jadi, bukan untuk atlet. Tadi saya sudah melihat langsung dan saya hitung kalau di satu boks ini ada 1.000 kalori, karena nasinya sendiri saja sudah 400-an kalori belum lagi ditambah daging atau ayam dengan telur dan sayur. Jadi sekali lagi ini bukan untuk atlet," ucapnya dikutip brilio.net dari Kemenpora.go.id, Rabu (18/9).

foto: TikTok/@echasantisavitri

Lebih lanjut, Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan konsumsi untuk atlet sudah disediakan pada hotel di tempat mereka menginap. Biasanya makanan sudah disiapkan pada pagi hari, sedangkan pada siang hari baru dikirim ke venue. Sementara untuk makan malam, para atlet akan menikmati hidangan prasmanan di hotel.

"Kalau untuk atlet ini proteinnya di-double gizinya, ada hitungan antara protein dan karbonya, kalau nggak salah kalorinya juga di-double. Jadi dari gizi, protein, dan karbonya, sudah dihitung dokter gizi," jelasnya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags