false
  1. Home
  2. ยป
  3. Serius
25 Oktober 2024 17:15

Bus pariwisata bawa 58 anak TK terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, sopir sigap selamatkan penumpang

Sebelum api melahap semua bagian body bus, sopir memerintahkan semua penumpang turun. Editor
foto: Istimewa

Pada Kamis pagi, 24 Oktober 2024, sebuah bus yang mengangkut rombongan siswa taman kanak-kanak (TK) mengalami kebakaran di Jalan Tol Wiyoto, Jakarta Timur. Polisi pun memberikan penjelasan mengenai kronologi kejadian tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, menjelaskan bahwa bus yang bernama PO Bersama Putra Trans ini mengangkut 58 penumpang dengan rute perjalanan dari Cikeas menuju Pondok Gede dan berakhir di Ancol.


Latif menceritakan bahwa bus tersebut awalnya menjemput rombongan manasik haji yang melibatkan siswa TK di daerah Cikeas. Setelah menjemput, bus melanjutkan perjalanan ke Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Kondisi bus saat itu tidak ada kendala," ungkapnya dalam keterangan tertulis pada hari yang sama.

Setelah menjemput, rombongan melanjutkan perjalanan ke Ancol, Jakarta Utara untuk berwisata. Namun, saat perjalanan dari Pondok Gede menuju Ancol, bus mengalami masalah pada pendingin udaranya.

"Tidak terasa dingin," jelas Latif.

Ketika sopir bus menyadari adanya masalah, ia memutuskan untuk menghentikan bus di Jalan Tol Wiyoto Wiyono Km 3 untuk memeriksa aki AC.

"Saat sopir turun dan membuka bagian belakang bus untuk memeriksa aki, tiba-tiba ada percikan api," tambahnya.

Melihat situasi yang mengkhawatirkan, sopir segera memanggil rekannya untuk membantu memadamkan api, sementara ia juga memerintahkan semua penumpang untuk keluar dari bus.

"Saat membuka kap mesin, asap sudah terlihat, dan kami semua segera keluar dari bus," tutupnya.

Source: liputan6.com / Nasrul Faiz
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags