false
  1. Home
  2. ยป
  3. Serius
20 Oktober 2024 11:00

Ditandai pertukaran tempat duduk dengan Jokowi-Ma'aruf Amin, Prabowo-Gibran resmi jadi Presiden-Wapres

Prabowo-Gibran resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden Sri Jumiyarti Risno
foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Brilio.net - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029. Pelantikan berlangsung di Gedung DPR-MPR, diikuti dengan pengambilan sumpah jabatan.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, ia berjanji untuk memegang teguh Undang-Undang Dasar.

BACA JUGA :
Dipenuhi janur kuning, begini dekorasi pelantikan Presiden-Wapres karya Didit Prabowo


"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

Selanjutnya, Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

BACA JUGA :
Prabowo berencana perkenalkan kabinet usai makan malam bersama tamu negara

Setelah pengambilan sumpah, keduanya menandatangani berita acara pelantikan. Lantas berita acara ini kemudian diserahkan oleh pimpinan MPR.Setelah itu Jokowi bertukar tempat duduk dengan Prabowo, diikuti pertukaran tempat duduk Ma'ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pemilu Presiden 2024 dengan perolehan 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional. Mereka juga memenuhi syarat memperoleh sedikitnya 20 persen suara di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags