false
  1. Home
  2. ยป
  3. Serius
23 Oktober 2024 23:15

Respons Mendes Yandri Susanto usai kena tegur Istana Presiden soal penggunaan Surat Kementerian

Mendes Yandri Susanto ditegur Istana terkait penggunaan surat kementerian untuk kepentingan pribadi. Editor
foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham

Beredar pesan dari Istana Kepresidenan yang ditujukan kepada para menteri Kabinet Merah Putih agar lebih berhati-hati dalam menggunakan surat resmi kementerian. Ini terjadi setelah viralnya penggunaan surat resmi oleh Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Yandri Susanto, untuk acara pribadi seperti haul ibundanya dan Hari Santri.

Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa ia menerima peringatan dari Istana untuk tidak menyalahgunakan jabatan demi kepentingan pribadi.Budi menegaskan jangan gunakan kementerian untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

BACA JUGA :
Potret gaya 9 wakil menteri perempuan saat dilantik Prabowo, anggun berkebaya


"Kita harus menjaga kepercayaan publik yang besar ini. Semua menteri di Kabinet Merah Putih telah diingatkan melalui grup WhatsApp," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, Yandri yang ditemui di lokasi yang sama enggan memberikan komentar lebih lanjut mengenai imbauan tersebut, dan menyarankan untuk bertanya langsung kepada pihak Istana.

Yandri berjanji akan memperbaiki sikap dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. "Sebagai menteri, saya siap mengikuti aturan yang ada dan akan lebih berhati-hati ke depannya," tegasnya.

BACA JUGA :
Fokus perbaikan metode pembelajaran, Prabowo dorong pengenalan matematika sejak TK

Sebelumnya, surat berkop Kementerian Desa yang ditandatangani Yandri mengundang kepala desa dan masyarakat untuk hadir dalam acara haul ibundanya, yang dinilai membawa nuansa politik terkait pencalonan istrinya sebagai Bupati Serang. Tindakan ini telah dilaporkan ke Bawaslu oleh Tim Advokasi Masyarakat Pendukung Demokrasi.

Mahfud Md, mantan Menko Polhukam, juga mengkritik tindakan Yandri, menegaskan bahwa acara pribadi seharusnya tidak menggunakan kop kementerian. "Yandri harus bijak dalam menggunakan kapasitasnya sebagai menteri," ujarnya.

Source: liputan6.com / Aries Setiawan
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags