1. Home
  2. ยป
  3. Sosok
21 Mei 2024 06:00

Kisah pria sukses beli tanah dan umrahkan orang tua, cuma dari jualan sempol Rp 500 per tusuk

Pria ini membuat 4.000-5.000 tusuk per hari, ia mulai berdagang dari jam 16.00-22.00 WIB. Brilio.net
Asmawi mampu meraih omset bersih sekitar Rp 20 juta lebih per bulan.

Memulai perantauan di Yogyakarta pada tahun 2018, usaha sempolnya kini dinamai sempol PMJ. PMJ sendiri merupakan kepanjangan dari Pesantren Masyarakat Jogja. Ia menuturkan, Usaha saya di Jogja ini dibantu oleh Ustadz Puji dari PMJ dan beliau malah menyuruh menamai usaha sempol saya dengan nama PMJ, ini merupakan kehormatan bagi saya.

Meskipun ia menjual sempolnya dengan harga Rp 500 per tusuk, Asmawi mampu meraih omset bersih sekitar Rp 20 juta lebih per bulan. Awalnya sempol PMJ memiliki 7 cabang yang dikelola oleh saudara, tetangga, dan keluarganya yang ada di Madura. Namun karena adanya virus Covid-19 pada tahun 2019, akhirnya satu persatu sanak saudaranya memilih untuk pulang kembali ke Madura karena omset penjualan sempol pada masa Covid-19 menurun drastis. Sampai saat ini, ia masih mengelola bisnis ini sendiri karena belum merasa butuh karyawan dan masih bisa dikerjakan sendiri.

BACA JUGA :
Cerita mantan pramugari banting setir jualan ikan ini penuh perjuangan, kini bisa jual 1,5 ton sehari


Cabang yang bertahan hingga saat ini adalah tempat jualan utamanya yang terletak di dekat SPBU Bugisan Jalan Sugeng Jeroni, Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta. Membuat 4.000-5.000 tusuk per hari, ia mulai berdagang dari jam 16.00-22.00 WIB. Tingginya peminat pada akhir pekan, setiap hari Sabtu dan Minggu produksinya harian ditambah menjadi 7.000-8.000 tusuk.

foto: brilio.net/Himmatul Ahsana

BACA JUGA :
Kisah pasangan tinggalkan Jakarta pilih menetap di Magelang demi wujudkan mimpi punya taman baca

Di kos-kosan yang masih satu area dengan masjid ini Asmawi memulai aktivitas sehari-harinya sebagai pedagang sempol. Mulai dari membuat adonanan sempol hingga membentuk dan merebus adonan sempol yang sudah dibuat. Ia menyewa kos sederhana untuk tempat tinggal sekaligus produksi sempol miliknya. Di sanalah Asmawi tinggal dari tahun 2018 hingga saat ini.

Tak hanya membuat sempol, kini Asmawi aktif membagikan aktivitas kesehariannya selagi membuat sempol sembari Live TikTok dengan akun TikTok @asmawijayamacen yang sudah memiliki 65 ribu followers. Aktivitas bekerja sembari ngonten ini sudah ia lakukan semenjak satu tahun lalu. Konten utama yang sering ia buat adalah membagikan resep gratis kepada netizen. Tak takut usahanya kalah saing karena membagikan resep untuk pemula, Asmawi berpendapat Namanya rezeki sudah ada yang mengatur. Saya pernah merintis dari awal dan tahu bagaimana sulitnya berbisnis. Semoga resep gratis ini bisa membantu teman-teman pemula di luar sana yang ingin memulai bisnis.

foto: brilio.net/Himmatul Ahsana

Selain membagikan resep di TikTok secara gratis, Asmawi juga memiliki 6 resep rahasia lain yang dijualnya dan membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin belajar bisnis sempol dengannya. Memberikan bimbingan dari awal hingga akhir, ia berharap dengan adanya privat langsung dengan resep rahasia dapat membantu berkembangnya bisnis mereka.

foto: Instragram/@asmawijaya_macen

Berbagai kesulitan ia hadapi untuk bisnis yang dirintisnya, mulai dari diusir dan tak diperbolehkan berdagang di beberapa tempat, berpindah kota dari satu kota ke kota yang lain, hingga sepi pembeli. Namun usahanya untuk merintis bisnis ini tidaklah sia-sia. Asmawi berhasil mecapai kesuksesannya dengan bisnis sempol ini. Penghasilannya mampu mengantarnya ke tanah suci, memberangkatkan orang tuanya umroh, dan mampu membeli tanah.

Tentunya hal ini berkat keuletannya yang tak kenal menyerah memulai bisnis pribadinya. Ia berharap bisnisnya dapat bermanfaat kedepannya dengan membuka cabang lain serta mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Baginya memulai usaha yang paling penting adalah berani nekat dan mendahulukan action. Kalau dari awal usaha sudah memikirkan ketakutan mengenai untung rugi, pasti nggak akan jalan, pesan Asmawi untuk para pemula di luar sana.

Magang: Himmatul Ahsana

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags