false
  1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
18 Oktober 2024 15:05

7 Tanpa disadari, 7 kebiasaan sehari-hari ini dapat menyebabkan stres

Kenali kebiasaan yang bisa memicu stres dan cara mengatasinya. Editor
freepik.com

Stres adalah bagian dari kehidupan yang tak bisa dihindari, dan sering kali kita tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari kita dapat memperburuk kondisi ini. Mari kita bahas tujuh kebiasaan yang mungkin Anda lakukan tanpa sadar, yang dapat menyebabkan stres dalam hidup Anda.

1. Terlalu Perfeksionis

BACA JUGA :
Marshanda beberkan awal mula idap bipolar disorder, akui minum obat psikiatri tanpa resep


Menjadi perfeksionis memang bisa jadi motivasi, tetapi jika Anda terus-menerus mengejar kesempurnaan, Anda mungkin akan kehilangan kebahagiaan dalam pencapaian yang sudah diraih. Alih-alih menikmati proses, Anda malah terjebak dalam kekhawatiran akan kegagalan. Ingat, hidup bukan hanya tentang hasil akhir, tetapi juga perjalanan yang Anda lalui.

2. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Di era media sosial, membandingkan diri dengan orang lain menjadi lebih mudah. Namun, kebiasaan ini hanya akan menambah tekanan mental. Setiap orang memiliki jalannya sendiri, jadi fokuslah pada perkembangan pribadi Anda dan hargai setiap kemajuan kecil yang Anda capai.

BACA JUGA :
Kenali kapan kamu harus cek kesehatan mental dan ketahui 5 manfaatnya

3. Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan bisa menjadi sumber stres yang besar. Meskipun awalnya terasa nyaman, pekerjaan yang tertunda akan menumpuk dan menyebabkan kecemasan. Cobalah untuk membagi tugas besar menjadi langkah-langkah kecil agar lebih mudah dikelola.

4. Sulit Menolak Permintaan

Jika Anda merasa kewalahan dengan banyaknya tugas, mungkin Anda kesulitan untuk mengatakan tidak. Belajar untuk menolak permintaan orang lain dengan sopan adalah penting untuk menjaga kesehatan mental Anda. Ingat, Anda tidak harus selalu ada untuk semua orang.

5. Berpikir Berlebihan

Overthinking atau berpikir berlebihan dapat menguras energi dan menyebabkan stres. Alih-alih terus-menerus merenungkan keputusan yang telah dibuat, cobalah untuk fokus pada tindakan yang dapat Anda kendalikan dan nikmati momen saat ini.

6. Mengabaikan Kesehatan dan Waktu Istirahat

Kesibukan sering membuat kita melupakan kebutuhan dasar tubuh, seperti tidur dan makan dengan baik. Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu istirahat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Jangan merasa bersalah saat meluangkan waktu untuk diri sendiri.

7. Kurangnya Rasa Syukur

Fokus pada apa yang belum dimiliki dapat membuat Anda merasa tidak puas dan stres. Rasa syukur adalah kunci untuk kebahagiaan. Dengan menghargai apa yang sudah ada, Anda akan merasa lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Dengan mengenali kebiasaan-kebiasaan ini, kamu dapat mulai mengambil langkah untuk mengurangi stres dalam hidup Anda. Ingatlah untuk lebih sabar dan bijak, serta hargai setiap momen yang Anda jalani.

Source: liputan6.com / Novita Ayuningtyas
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags