1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
9 Juni 2024 21:00

Cuma pakai barang bekas, 9 cara bikin kitchen island dapur modal Rp 200 ribu bisa jadi meja serbaguna

Kitchen island modal Rp 200 ribu ini hasilnya nggak kalah bagus sama yang dijual di pasaran. Khansa Nabilah
foto: TikTok/@elke_satu

Brilio.net - Buat kamu yang ingin mempercantik dapur dengan budget murah, salah satu caranya bisa dengan merenovasinya sendiri. Kamu bisa menambahkan furnitur sederhana yang digarap sendiri. Misalnya, membuat kitchen island dengan kabinet seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @elke_satu.

Lewat unggahan video, @elke_satu memperlihatkan cara membuat kitchen island dapur. Menariknya, biaya yang dibutuhkan untuk membuat kitchen island hanya Rp 200 ribu saja, lho. Low budget banget, kan?

BACA JUGA :
9 Cara bikin mini bar dapur simpel bahan triplek cocok buat ruang minimalis, ngirit tak perlu ke kafe


Untuk proses pengerjaannya terlihat simpel tapi harus teliti dan memahami perhitungan ukuran. Kitchen island yang dibuatnya memiliki beberapa bagian kabinet dan rak sehingga cocok untuk tempat penyimpanan.

Penasaran dengan proses pembuatan kitchen island low budget? Simak caranya berikut ini seperti dihimpun brilio.net dari akun TikTok @elke_satu pada Minggu (9/6).

1. Untuk membuat kitchen island, bahan pertama yang dibutuhkan adalah sebuah meja. Tak perlu beli baru, kamu bisa memanfaatkan meja bekas.

BACA JUGA :
Kamar tidur jadi estetik, ini cara praktis samarkan dinding kusam modal cuma di bawah Rp 100 ribu

2. Kemudian kamu perlu membeli triplek dengan tebal 12 mm karena ketebalan tersebut pas untuk dipasang di sisi-sisi meja.

3. Tahap berikutnya, bor titik-titik meja yang akan dipasang triplek. Jangan lupa untuk tetap menghitung ukuran kayu dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Begini cara pemasangan triplek yang bisa menggunakan staples tembak kayu agar tidak jebol.

5. Selanjutnya adalah menambal bagian yang berlubang atau bopeng menggunakan dempul.

6. Nah, begini bentuk dasar kitchen table dari kayu. Pada bagian depannya terdapat papan yang bisa dibuka tutup untuk pintu.

7. Sebelum dicat, bagian permukaan harus diamplas terlebih dahulu agar teksturnya lebih halus.

8. Lalu, untuk proses pengecatannya ia menggunakan mesin semprot agar lebih merata. Pada bagian table top menggunakan cat warna putih.

9. Kitchen island sudah jadi. Meja ini memiliki kabinet dan rak. Selain bisa digunakan sebagai kitchen island, juga dapat digunakan untuk meja dapur biasa, lho.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags