false
  1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
16 September 2023 19:00

Cuma pakai kelereng, begini cara cek kondisi lantai dan toilet rumah yang berkualitas

Pemilik rumah baru wajib nyimak nih, biar nggak dapat bangunan yang asal dibangun. Muhamad Ikhlas Alfaridzi
Untuk mendapatkan tempat tinggal berkualitas, kamu harus teliti.

Dilansir brilio.net pada Sabtu (16/9), pemilik akun membagikan trik untuk mengecek kualitas lantai di sebuah rumah yang baru dibangun lewat jasa developer yang pekerjaannya cenderung borongan dengan bantuan kelereng.

BACA JUGA :
Cara alami mengusir rayap hingga tuntas di pintu dan meja kayu, ampuh pakai 2 bahan dapur


foto: TikTok/@braynathanael

"Wajib bawa kelereng pas lo mau serah terima rumah," kata pemilik akun.

Lantai rumah, sebagai salah satu bagian vital di rumah ini perlu dicek dengan teliti. Dengan menggunakan kelereng, kamu bisa mengecek apakah keramik sudah dipasang dengan benar, dan tidak kopong di dalamnya karena tidak diisi adukan semen dengan padat.

BACA JUGA :
Pakai 1 bahan dapur, ini cara mudah bersihkan jendela kaca kusam dan berdebu agar kembali kinclong

foto: TikTok/@braynathanael

"Jadi lo gelindingin kelerengnya, dan normalnya suara pantulannya itu garing. Selain itu, pantulaan kelerengnya juga lumayan tinggi. Nah, kalau pemasangannya nggak bener, suaranya bakal kopong, dan pantulannya nggak tinggi," jelas pria bernama Bryan Nathanael tersebut.

Jika di cek bunyinya kopong, Bryan menyarankan untuk mengajukan komplain kepada developer agar segera diperbaiki. Bukan tanpa alasan, lantai keramik yang dipasang asal-asalan bisa merugikan pemilik rumah, karena dapat menggelembung dan meledak.

Selanjutnya untuk mengecek kemiringan lantai pada toilet, kamu juga cukup menggunakan beberapa butir kelereng. Untuk memastikan kondisi lantai toilet punya kemiringan yang baik, kamu cukup menggelindingkan beberapa kelereng tersebut secara acak, dan perhatikan ke arah mana kelereng tersebut bergerak.

foto: TikTok/@braynathanael

"Pastikan semua arahnya ini ke floor drain," lanjutnya.

Jika ada salah satu kelereng yang berhenti sebelum sampai lubang drainase, maka disinyalir itu akan jadi tempat menggenangnya air.

"Jadi kemiringan (lantainya) harus segera dibenerin. Kalau masih ada garansi, kamu bisa ngomong ke developer dan mereka akan langsung ngebenerin," ujar pria pemberi tips tersebut.

Bagaimana? Mudah dan simpel bukan? Untuk punya rumah dengan bangunan yang berkualitas, kamu sebagai pemilik barunya tentu harus detail dan teliti mengecek semua kondisinya. Jangan sampai kecolongan pokoknya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags