1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
3 Juli 2024 05:45

Dikira ngasal, trik unik montir masukkan kopi ke dalam ban mobil ini ternyata ada fungsinya

Tak sedikit yang menyebut cara ini lumrah dilakukan oleh para montir. Muhamad Ikhlas Alfaridzi

Brilio.net - Bagi para pengguna kendaraan, ilmu otomotif jadi hal yang diperlukan. Minimal jika nggak bisa dipraktikkan, kamu tahu teorinya.

Hal ini penting untuk mengetahui berbagai komponen pada kendaraan, serta memahami jika kendaraan terkendala masalah tertentu pada bagian mesin, kelistrikan, atau bodinya. Jika tak tahu sama sekali, bisa-bisa kamu akan kesulitan jika kendaraanmu tiba-tiba bermasalah di tengah jalan, padahal bengkel masih jauh.

BACA JUGA :
9 Potret hotel termurah di dunia cuma Rp4 ribu per malam, begini fasilitas yang di dapat


Biasanya, di dunia otomotif kamu akan dikenalkan berbagai tips dan trik. Bahkan, ada pula yang melakukan lifehack pada kendaraan. Seperti yang dilakukan seorang montir tambal ban pada video yang viral berikut ini.

Dilansir brilio.net dari video yang diunggah ulang @mood.jakarta, Selasa (2/7), akun ini memperlihatkan sebuah trik seorang montir ketika sedang menambal ban mobil.

BACA JUGA :
Rumahnya di kampung megah dua lantai, 9 potret dapur Via Vallen ini meja kompornya bikin salah fokus

foto: Instagram/@mood.jakarta

Dalam video diperlihatkan, pria tersebut malah terlihat membuka sekitar 4 bungkus kopi sachet dan dituangkan ke dalam teko yang berisi air. Setelah diaduk, kopi ini ternyata bukan untuk dinikmati oleh sang montir.

Melainkan, cairan kopi malah dimasukkan ke dalam lubang melalui corong dan selang yang dipasang pada pentil ban. Hal ini pun awalnya membuat bingung si perekam video. Dirinya mengira kalau cara itu terkesan asal-asalan alih-alih serius.

foto: Instagram/@mood.jakarta

Namun, seperti tak mau menggubris orang yang merekamnya, si montir tetap memasukkan semua cairan kopi itu ke dalam ban. Pada momen selanjutnya, ban mobil tersebut dicelupkan ke dalam kolam untuk diperiksa kebocorannya.

Melihat trik nyeleneh ini, nggak sedikit warganet yang keheranan dan turut menuliskannya di kolom komentar. Namun beberapa juga ada yang menjelaskan kalau cara tersebut memang berguna sebagai salah satu trik untuk mencegah ban mobil dari kebocoran.

foto: Instagram/@mood.jakarta

"Dikasih kopi, biar bannya melek 24 jam kali," tulis akun @mive_vga.

"Next nya pasti bisa juga ini pake cabe, terasi, garem, gula. NYAMBEL DAH UDAH DALEM BAN," tulis akun @senimural.

"Biar nggak oleng Kapten, banyak eksperimen di lapangan yg gak kita tahu ternyata," kata akun @agungrafdo.

"Ini cara jaman dulu, dipake jerman waktu produksi VW pasca Perang Dunia kedua. Tapi emang mesti Arabica setau saya, kalo Robusta dia sifatnya korosi soalnya. Barusan abis baca Wikipedia, ternyata emang valid, pasti si abangnya suka baca iseng2 di hp deh pas waktu senggang, sampe tau hal-hal detail kayak gini," tulis akun @bobciaw.

"Pinter juga abangnya. Pasti dia dulu suka pelajaran fisika. Kopi mengandung kafeine yang Kafein merupakan zat stimulan yang merangsang kerja dan aktivitas sistem saraf. Efek segar dan hilangnya rasa kantuk sangat bermanfaat bagi ban yang lelah dan mengantuk saat perjalanan panjang. Iya. Begitu," tulis akun @seasia.news ikutan menjelaskan namun endingnya ngawur.

Sementara itu, belum ada penelitian yang menyebut bahwa bubuk kopi bisa bantu memperbaiki kebocoran ban kendaraan. Pasalnya, pada dasarnya cairan kopi bukanlah bahan yang bersifat merekatkan. Sementara ban bocor perlu direkatkan kembali dengan tambalan yang bersifat permanen.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags