1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
5 Februari 2024 21:22

Momen pegawai minimarket konsumsi makanan expired ini tuai pro kontra netizen, aman nggak sih?

Meski demikian, pegawai minimarket ini tetap membayar makanan tersebut. Muhammad Rizki Yusrial
Dalam video tersebut, awalnya memperlihatkan seorang karyawan wanita sedang duduk di depan laci.

Dalam video tersebut, awalnya memperlihatkan seorang karyawan wanita sedang duduk di depan laci. Tampak ia sedang mengoleskan selai ke sebuah roti tawar. Tentu ia bermaksud untuk mengonsumsi roti tawar tersebut. Selain itu banyak sekali makanan di dalam laci itu.

BACA JUGA :
Niatnya bikin tutorial, tangan cowok yang lengket karena lem korea ini endingnya bikin panik


foto: TikTok/@ffaozan

Yang bikin menuai sorotan adalah makanan yang ada di laci tersebut ternyata semuanya sudah kadaluarsa. Tertulis pada jajanan ciki bahwa expirednya pada tanggal 5 januari. Sementara makanan yang lain juga demikian, bahkan ada yang sudah kadaluarsanya dari tahun lalu.

"emang boleh cinderella makan makanan exp gini," tulisnya di caption.

BACA JUGA :
Momen camping tapi tak bisa pasang tenda ini antisipasinya absurd abis, definisi yang penting liburan

Beberapa netizen berkomentar dengan nada kebingungan apakah boleh mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa ini. Apalagi ternyata sang karyawan meski membayarnya. Mereka beranggapan hal tersebut bisa mengakibatkan sakit perut.

foto: TikTok/@ffaozan

"Aman emangnya kalau makan makanan yang sudah expired?" tanya akun @fl0wming0o8

"Cinderella yang ini lambungnya kuat ya," tulis akun @chelskints.

Namun banyak netizen yang menjawab pertanyaan tersebut. Mereka menganggap bahwa memakan makanan expired tidak masalah selagi tidak jemuran. Apalagi tanggal kadaluarsanya belum jauh dari hari dikonsumsi.

foto: TikTok/@ffaozan

"Mbak, aku kuliah jurusan gizi, kata dosen nggak papa makan-makanan ecp asalkan masih enak dan nggak berubah bentuk dan warnanya. Karena tulisan exp di kemasan hanya perkiraan," kata akun @auliaqf06

"Karena yang expnya itu kemasannya nggak sih selagi nggak ada jamur di makanannya gas aja ku juga gitu," tulis akun @lifiaaaz

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Food Safety and Inspection Service (FSIS) di Amerika Serikat menemukan bahwa makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa masih dapat dikonsumsi. Namun yang menjadi perhatian adalah asalkan disimpan dengan benar dan tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan makanan hana merupakan perkiraan. Tanggal kadaluarsa tersebut tidak selalu mencerminkan kondisi makanan yang sebenarnya.

Pengakuan dari pemilik video juga mengatakan bahwa tidak semua makanan expired itu mereka makan. Sebab, mereka juga masih mempertimbangkan aspek kebaikan buat bersama.

"Tenang aja ya kak, ini posisi udah dibayar sama karyawannya dan nggak semua kita makan kok karena nggak baik juga. BTW rotinya juga belum exp ya," tulis pembuat video di kolom komentar.

foto: TikTok/@ffaozan

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @ffaozan sudah menghimpun 2.4 juta penonton. Selain itu terdapat juga 48.900 akun yang memberi like dan 1.321 komentar.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags