1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
18 Juni 2024 11:43

Pria terapkan frugal living gowes rumah-kantor 30km, sehari Rp5 ribu untuk makan, ini hasil ngiritnya

Cerita inspiratif untuk ditiru, hasil ngirit pria yang berprofesi sebagai pekerja kantoran ini jadi keinginan banyak orang Ferra Listianti

Brilio.net - Gaya hidup frugal living menjadi pilihan sebagian orang untuk menghemat pengeluaran. Tak sedikit yang kemudian membagikan tips hidup hemat ala frugal living yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Seperti dilakukan seorang pria yang berprofesi sebagai karyawan kantoran yang membagikan tips mengelola pengeluarannya di laman TikTok @pinkerton87.

Pria berkacamata ini membeberkan pengeluaran setiap harinya selama hidup di kota Solo. Menolak godaan hidup berlebihan dengan memilih bersepeda berangkat ke kantor, ia mengungkap hanya mengeluarkan bujet Rp 5 ribu untuk makan.

BACA JUGA :
Hasil frugal living emak-emak selama 30 tahun, bukannya harta tapi justru bikin netizen angkat topi


"Rp 5.000 buat jajan sehari, Alhamdulillahnya banyak berkat dari temen2 yang ulang tahun hari ini," ujarnya, dilansir brilio.net pada Selasa (18/6).

Dalam mengelola keuangannya, ia memilih sarapan dengan membeli oat yang bisa menghemat untuk pengeluaran makan selama sebulan. Jika ingin makanan yang berbeda, ia membeli di dekat kantor atau di koperasi dengan harga yang tak lebih dari Rp 5 ribu. Sementara untuk makan siang, ia tak perlu mengeluarkan uang lantaran sudah mendapat jatah makan dari kantor.

BACA JUGA :
Buah manis frugal living 30 tahun, hasilnya bukan mobil tapi bisa mentaskan empat adik kuliah S1

foto: TikTok/@pinkerton87

"Beli sarapan di koperasi bihun Rp 3000 ribu, tahu isi sayur Rp 1500 dan kacang Rp 500. Total Rp 5000. Waktunya maksi penuh aksi saatnya pakai cheat kupon sakti," tambahnya.

Sedangkan untuk urusan transportasi, ia menggunakan sepeda. Bahkan, dengan kendaraan ontel tersebut ia rela menempuh jarak hingga Rp 30 km pulang pergi ke kantor. Agar tetap segar dan wangi sepanjang hari, ia membawa baju ganti untuk mandi di kantor. Kaus yang ia gunakan saat bersepeda pun ia jemur di atas sepedanya.

foto: TikTok/@pinkerton87

"Berangkat dari rumah pukul 06.30- pagi, jaraknya kurang lebih 15 km. Sampai kantor pukul 07.10. Jemur baju wajib hukumnya biar bisa dipakai saat pulang. Hemat cucian boloo," paparnya lebih lanjut.

Dari hidup hemat ala frugal living yang ia terapkan, pria berkacamata ini pun menuai hasilnya. Siapa sangka, jika ia bisa mengirit pengeluaran hingga Rp 800 ribu. Nggak cuma itu saja, dengan kebiasaan tersebut ia bisa lepas obat hipertensi dan turun berat badan hingga 30 kg.

foto: TikTok/@pinkerton87

"Frugal living di kota slow living rutinitas bersepeda menghemat BBM Rp 800 sebulan. Ini rutinitas yang bikin ak lebih sehat lepas obat hipertensi dan turun 30 kg," terangnya.

Hidup hemat ala frugal living yang ia lakukan pada awalnya hanya karena ingin diet menurunkan berat badan. Ternyata, kebiasaan baik yang ia jalani tersebut membuatnya lebih selektif membeli jajanan dan bonusnya jadi lebih sehat.

foto: TikTok/@pinkerton87

"Ohya bonus juga dengan bersepeda itu bisa bikin fresh pikiran dan stress release lho. Jadi lebih sering masak sendiri di rumah dan dari segi bahan makanan juga bisa diatur agar lebih sehat dan bergizi," jelasnya.

Unggahan videonya yang menunjukkan tinggal di kota Solo tak menjadikan sengsara apalagi sampai tersiksa pun langsung mengundang respon dari warganet. Tak sedikit yang tertarik untuk menerapkan hidup frugal living.

"ih mauu.. buka konsul plssss," tulis @perayaanke13.

"yaampun w sehari bisa 200rb kapan aku bisa hemat," kata @umamishop2.

"gimana caranya nerapin frugal Living di jakarta,godaan dimana2," imbuh @sirupmarkisaa.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags