1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
31 Mei 2024 15:23

Ukurannya cuma sepetak, cara emak-emak perluas dapur sempit ini modalnya nggak sampai Rp 100 ribu

Dapur antisumpek dan bikin masak makin semangat Khansa Nabilah
TikTok/@nurlaaaa_

Brilio.net - Setiap rumah pasti memiliki kondisi dapur yang berbeda. Ada yang ukurannya luas dengan beragam furnitur yang mengisi setiap sudutnya. Namun nggak sedikit juga yang punya dapur sempit bahkan cenderung sumpek.

Sejatinya dapur yang baik dan nyaman itu nggak bisa dilihat dari luas ruangannya. Selama kamu bisa mendekorasi atau mendesain dengan tepat, kamu bisa saja menciptakan dapur yang cantik dan fungsional. Salah satunya adalah memanfaatkan setiap sudut ruangan dengan bijak.

BACA JUGA :
Modal Rp 40 ribu, trik pria makeover dapur ini simpel pol sat set auto enak dipandang


Dapur yang sempit seringkali bikin orang bingung untuk menata barang-barang di dalamnya. Akan tetapi tidak begitu bagi emak-emak satu ini. Biarpun punya dapur sepetak, dia bisa menyulap tempat masaknya itu jadi lebih luas, tanpa harus renovasi dan modalnya nggak sampai Rp 100 ribu.

makeover dapur sepetak pakai wallpaper
2024 TikTok/@nurlaaaa_

BACA JUGA :
Cuma ukuran 2x3 meter, trik cewek bikin kamar ada mezzanine cuma pakai papan ini hasilnya estetik

Brilio.net melansir dari TikTok @nurlaaaa_, Jumat (31/5), tampak dapur dengan kondisi penuh dan berantakan. Berbagai alat-alat dan kebutuhan memasak disusun seadanya. Kondisi ini diperparah dengan tidak banyak rak untuk menata dapur yang terlalu penuh.

Untuk itulah, @nurlaaaa_ termotivasi untuk merapikan dapurnya. Dapur tersebut hanya memiliki meja segaris tanpa kitchen sink. Cat temboknya berwarna hijau terang, dan membuat dapur tersebut terkesan sempit.

makeover dapur sepetak pakai wallpaper
2024 TikTok/@nurlaaaa_

"Ga harus nunggu punya rumah dulu kontrakan juga bisa di dekor kok," tulis @nurlaaaa_ dalam caption.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan dapurnya dengan menyapu dan mengepel lantai. Ia pun juga membersihkan meja agar mengkilap. Kemudian, emak-emak itu perlu menyingkirkan berbagai rak gantung agar dindingnya bisa dibersihkan.

makeover dapur sepetak pakai wallpaper
2024 TikTok/@nurlaaaa_

Masuk ke tahap dekorasi, ia hanya menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana. Pemilik akun @nurlaaaa_ menggunakan dua jenis wallpaper untuk menutup dinding yang dicat hijau. Ketimbang harus mengecat pakai warna baru, fungsi wallpaper diperuntukkan menutup noda-noda yang tak bisa dibersihkan.

Wanita ini memilih wallpaper warna putih dan coklat sebagai dekorasinya. Putih adalah pilihan warna klasik untuk menciptakan kesan luas dan bersih. Sementara cokelat bisa memberikan sentuhan hangat di dapur. Di bagian kolongnya terpasang tirai dengan motif kotak-kotak, senada dengan wallpapernya.

Tirai kolong sangat membantu untuk membuat tampilan dapurnya lebih rapi. Apalagi jika terdapat banyak barang di balik tirai tersebut. Selain itu, emak-emak ini menyortir barang dan membuang beberapa yang sekiranya sudah tidak dipakai lagi.

makeover dapur sepetak pakai wallpaper
2024 TikTok/@nurlaaaa_

Untuk makeover kecil-kecilan ini, ia hanya mengeluarkan bujet di bawah Rp 100 ribu saja, lho. Bahan yang dibutuhkan hanyalah wallpaper dua motif, tirai kolong, dan tiang untuk tirai. Buat wallpaper motif bata putihnya hanya perlu kocek berkisar Rp 28 ribu saja.

Kemudian, wallpaper motif untuk melapisi meja dapurnya hanya Rp 27.500. Untuk mempercantik tampilan dapur dengan tirai, budget yang dikeluarkan Rp 16 ribu. Sementara gagang tirai hanya Rp 7 ribu saja.

Hingga artikel ini dimuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari 4 juta kali di TikTok. Warganet memuji emak-emak ini di kolom komentar, karena berhasil membuat dapurnya terlihat lebih cantik. Apalagi dengan tambahan wallpaper agar dapurnya lebih mudah dibersihkan.

"Kalo rapih gini masak nya jdi semangat," kata @sindydaraa.

"Jadi terlihat luas dan rapih Bun," puji @mmhziddan06.

"Terus barang lama dikemanain kk," tanya @nikapurnama09.

"Dibuang yang udh ga kepake nya ka," balas @nurlaaaa_.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags