Brilio.net - Istilah split bill kini kian sering terdengar di kalangan pasangan muda mudi. Split bill sendiri membagi biaya pengeluaran secara adil di antara mereka. Sejumlah orang menilai praktik ini dianggap lebih adil dan praktis dalam mengelola keuangan bersama, terutama ketika keduanya memiliki penghasilan sendiri.

Namun tidak semua orang memiliki anggapan demikian. Ada beberapa wanita merasa tidak nyaman ketika gebetan atau pasangannya melakukan split bill. Tentunya ini didasari oleh berbagai pemahaman. Misalnya saja, sudah menjadi kewajiban laki-laki untuk membayar setiap kali keluar. Ada pula yang beranggapan rasanya kurang etis jika harus disampaikan secara blak-blakan untuk split bill, terlebih pasangan ini baru menjalani pendekatan atau PDKT.

Mengenai split bill, ada kisah cukup menarik yang belakangan menjadi omongan di media sosial. Melalui unggahan akun TikTok @valentgabrielle, diketahui seorang pria menagih uang yang digunakan saat jalan bersama seorang wanita. Namun, momen tersebut malah membuat hubungan keduanya menjadi buyar. Lantaran si cewek merasa tidak nyaman dengan tindakan cowok tersebut.

Dalam video tersebut, pria bernama Rizki awalnya mengucapkan terimakasih kepada Valent yang sudah mau diajak jalan. Ini adalah kencan pertama mereka. Namun, setelahnya Rizki menagih uang karena tadinya telah membayar Valent ketika ngedate.

"Oh iya tadi makanan lo 32.500, Nggak papa ganti gue aja 30.000 terus karena tadi bayar parkir pake flash kan isi 50 ya nggak papa lo ganti yang kepake buat parkir aja yah 7.000. Jadi lo transfer 37.00 ya heheh thank you," tulis Rizki di chat sembari memberi nomor rekening. Dilansir oleh brilio pada Minggu (21/7).

Momen wanita kesal diajak split bill © TikTok

Momen wanita kesal diajak split bill
TikTok/@valentgabrielle

Namun, Valent merasa ilfeel atau hilang feeling pada Rizki. Baginya uang 37.000 seharusnya tidak ditagih apalagi ini ngedate pertama mereka. Karena itu, Valent lantas transfer uang Rp 1,5 juta kepada Rizki dan mengatakan bahwa tidak ada pertemuan lagi setelah ini.

"Nggak ada ngedate kedua, ni sisanya sedekah buat lo," tulis Valent. Setelahnya Valent langsung blokir kontak Rizki.

Tahu diblokir lewat WA, Rizki lantas mencoba menghubungi Valent lewat Instagram. Namun karena sudah kadung kesal, Valent selalu memberi jawaban ketus. Baginya, menagih uang yang bahkan kurang dari Rp50 ribu merupakan ciri-ciri pria pelit. Dia pun tak sudi lagi berhubungan dengan pria semacam itu.

Momen wanita kesal diajak split bill © TikTok

Momen wanita kesal diajak split bill
TikTok/@valentgabrielle

Atas tindakannya, Rizki lantas menjadi bulan-bulanan netizen. Banyak yang turut sepakat bahwa Rizki merupakan pria pelit dan perhitungan. Mereka lantas mendukung Valent di kolom komentar.

"Kita cewek ga pelit anjir tapi kalo cowok modelnye perhitungan maaf ga dulu harga diri lu bisa gue bayar," kata akun @aiea.

Menanggapi hal tersebut, Rizki lantas membuat klarifikasi dalam TikTok pribadinya. Dia meminta kepada Netizen buat tidak menilainya berdasarkan video dari Valent saja. Sebab, tindakannya yang menagih uang Rp37 ribu tersebut punya alasan.

Momen wanita kesal diajak split bill © TikTok

Momen wanita kesal diajak split bill
TikTok/@devandra911

Rizki mengaku bahwa sebelum ngedate dengan Valent, mereka sudah membuat kesepakatan. Apabila nanti makan, jajan atau lain sebagainya, keduanya akan membayar masing-masing. Atas dasar itulah Rizki menagih uang tersebut.

"Sebelum kita ngedate, dia udah sepakat buat kita split bill. Letak kesalahan gua itu dimana? Karena ya kesepakatannya emang split bill," katanya.

Pria itu juga melanjutkan bahwa dia tidak terima ditransfer sekian banyak dari Valent. Dia mengaku tidak membutuhkan uang tersebut karena dia juga punya penghasilan sendiri. Karena itu, dia memutuskan untuk mengembalikan uang tersebut.

Momen wanita kesal diajak split bill © TikTok

Momen wanita kesal diajak split bill
TikTok/@devandra911

Namun uang dikembalikan Rizki tidak sama nominalnya dengan uang yang ditransfer Valent. Sebelumnya, Valent mengirim sebesar Rp1,5 juta. Sementara Rizki hanya mengembalikan Rp1 juta. Hal ini juga lantas menjadi perhatian netizen.

"Aku kalo jadi kak valent ya ky gitu bang emang km nya ygg agak laen," kata akun @cecahya.

"Meskipun setuju split bill, tp buat kencan pertama 37k mahh pliss laahh," tulis akun @cantiikkk

"kak kan di tf 1,5 yaa kok balikinnya cuman 1 jt doang? kan split billan nya juga cuman 37 ribu kan? tolong pencerahannya biar gua ga salah paham," komentar akun @piyaa

"Info banknya bang kaget bgt adminnya sampe 400rb WKKKWKW," komentar akun @Nisnaa.

@devandra911 udah lewat fyp kok @Valent original sound  - Devan dra.