Brilio.net - Bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang merupakan proyek besar pemerintah, memang menjadi impian banyak orang. Banyak yang membayangkan bekerja di proyek tersebut sebagai peluang emas untuk berkontribusi pada pembangunan nasional. Salah satu yang beruntung mendapatkan kesempatan tersebut adalah pemilik akun TikTok @ocimki, yang saat ini bekerja sebagai fotografer di Kementerian PUPR.

Lewat unggahan videonya, ia berbagi pengalaman mengenai realita bekerja di lapangan ibu kota baru Indonesia tersebut. Meskipun terdengar glamor dan fantastis, kenyataan yang dihadapi di lapangan ternyata tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Ia pun sempat disepelekan karena pekerjaannya hanya memotret, belum lagi berbagai tugas di lapangan yang tentu penuh tantangan.

"Enak ya lu kerjanya foto-foto doang," tulisnya mengulang ejekan orang kepadanya, dikutip brilio.net pada Senin (19/8).

realita kerja di IKN © 2024 TikTok/@ocimki

foto: TikTok/@ocimki

Dalam videonya, @ocimki menunjukkan bagaimana tugas sehari-harinya sebagai fotografer yang sering kali harus bekerja tanpa henti, dari pagi hingga malam. Ia menggambarkan situasi kerja yang menantang dan penuh tekanan. Video yang diunggah di TikTok menggambarkan betapa padat jadwal kerjanya.

"'Mas pagi liputan ya.' Siap pak. 'Mas fotokan progres ya, 1 jam lagi kirim.' Siap pak.," tulisnya dalam video yang menandakan ia harus siap sedia di berbagai kondisi.

Bukan hanya soal siap sedia di lapangan saja. Ia ternyata harus selalu siap dalam kondisi yang masih sakit karena tuntutan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan. Ia memperlihatkan kondisinya saat tidur di proyek dan saat diinfus karena sakit, tapi harus menyelesaikan pekerjaan.

realita kerja di IKN © 2024 TikTok/@ocimki

foto: TikTok/@ocimki

"'Mas sudah tidur tadi malam?' Siap sudah pak. 'Mas besok pagi video jadi ya?' Siap pak. 'Mas video revisi ya.' Siap pak," tulisnya.

Video tersebut diperlihatkan untuk membungkam orang yang meremehkan pekerjaannya dan menganggap pekerjaannya terlampau mudah untuk dijalani. Dalam video tersebut, ia juga menyinggung tentang pentingnya fokus pada pekerjaan sendiri daripada sibuk membandingkan dengan pekerjaan orang lain.

"Memang enak mas pekerjaan saya. Kalau mas ngerasa kerjaan mas kurang enak, bisa jadi mas belum fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, dan terlalu sibuk membanding-bandingkan kerjaan mas dengan orang lain," tutupnya.

Unggahan ini pun mendapat banyak tanggapan dari netizen, yang sebagian besar merasa terinspirasi namun juga tersentuh oleh perjuangan yang ia tunjukkan. Realita bekerja di proyek besar seperti IKN mungkin tidak selalu seindah yang dibayangkan.

realita kerja di IKN © 2024 TikTok/@ocimki

foto: TikTok/@ocimki

"Benerr hidup adalah sawang sinawang, apapun yg ada di syukuri aja," kata @adikguruu.

"Mas dengan sepenuh hati dan jiwa raga aku mengucapkan SSSSEEEMMMMAAAANGGGGOOOOOAAAATTTTTTT YAAAAA," kata @anniera8.

"Ya begini lah klo jadi andalan bosnya," kata @rivian_d.

"Semangat mas, setiap mas mengeluh inget ada jutaan org yg pengin menggantikan posisi mas saat ini, ttp bersyukur kamu keren," kata @kamidisiniada.

"Mas semangat ya Nerima revisi, kejar ddline edit, expor foto, video semoga laptop, hp, dan masnya kuat2, susah guys kek gituu apalagi kalo jaringan, laptop, hp,atau apa yg g support banyak2 istighfar," kata @nunachastar97.