Brilio.net - Hidup memang seringkali penuh dengan cobaan dan tantangan. Banyak yang terpaksa bekerja keras siang malam agar bisa bertahan hidup. Terlebih bagi mereka yang memang lahir dari kondisi finansial tidak memadai. Dengan pendapatan yang terbatas, orang tersebut terpaksa melakukan aktivitas fisik yang berat.

Hal itulah yang dirasakan oleh wanita bernama Windi ini. Ia terpaksa mengubah penampilan menjadi selayaknya laki-laki agar bisa bekerja jadi kuli bangunan. Kisahnya bisa dilihat lewat video Instagram yang diunggah oleh akun @berbagikebahagiaanorg.

Sambil menangis, ia bercerita dalam video tersebut tentang perjalanan hidupnya. Ia harus bekerja keras mencari uang demi menghidupkan tiga orang adik. Sejak remaja, wanita ini memang tidak memiliki rumah.

kisah Windi nyamar jadi laki-laki dan kerja kuli bangunan © Instagram

foto: Instagram/@berbagikebahagiaanorg

Dahulu, ia hidup ngontrak bersama adik-adiknya itu. Namun lambat laun, kondisi ekonomi semakin sulit. Ia sampai tak mampu untuk bayar sewa rumah. Hal ini pun membuatnya harus pindah dari kontrakan tersebut.

Hal yang membuatnya semakin menderita adalah perlakuan dari kedua orang tuanya. Dikabarkan, orang tua Windi pergi meninggalkan 4 anaknya tanpa pesan apapun. Mereka semua dibiarkan terlantar.

kisah Windi nyamar jadi laki-laki dan kerja kuli bangunan © Instagram

foto: Instagram/@berbagikebahagiaanorg

Karena itu, Windi juga tak bisa menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Dasar (SD). Dalam penuturannya, ia hanya bersekolah hingga kelas 2 SD.

 

"Dari umur 14 tahun. Tamat SD aja nggak, cuma sampai kelas 2. Sekarang usia 20. Orang tua saya pergi tanpa sepatah kata apapun," jelas Windi dilansir brilio.net dari akun Instagram @berbagikebahagiaanorg pada Senin (22/7).

kisah Windi nyamar jadi laki-laki dan kerja kuli bangunan © Instagram

foto: Instagram/@berbagikebahagiaanorg

Saat ini, Windi hanya hidup di pinggir jalan bersama tiga adiknya. Demi memenuhi kehidupan sehari-hari, ia terpaksa menjadi laki-laki. Sebab hanya laki-laki yang biasanya diterima menjadi kuli bangunan.

Dulunya, ia merupakan wanita yang anggun. Penampilannya berubah sejak ia mengganti gayanya dengan rambut pendek. Baginya apapun akan dilakukan agar ketiga adiknya bisa makan.

"Aku cuma hidup sama adik-adik aja jadi berempat. Kerja kuli, apapun buat makan adik," tambahnya.

 

Kisah tersebut menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang tentunya merasa iba terhadap apa yang dirasakan Windi. Tidak sedikit yang memberi doa dan dukungan agar Windi tetap semangat dalam menjalani hidup.

kisah Windi nyamar jadi laki-laki dan kerja kuli bangunan © Instagram

foto: Instagram/@berbagikebahagiaanorg

"Nah ini seharusnya yg membantu pemerintahan bukan warga asing yg entah dari mana. Jelas warga indonésia Tidak mampu dan tidak punya tempat tinggal Setidaknya sejahtera kan lah rakyat dulu Sebelum kamu menyejahterakan. Entah dari mana," kata akun @kurnia_widi_asstuti.

"Kamu cantik, kamu tangguh, kamu penyayang.. smg kelak dpt pekerjaan yg lebih baik dan kehidupan kamu dan adik2mu jg lebih baik," tulis akun @dyah_na.

"Sifat keibuannya ada .. karena memang dia wanita tapi keadaan yang menuntut seperti laki2," ujar akun @khalisa_azkia

"Perempuan tangguh, akan datang masanya airmatamu berganti kegembiraan nak," komentar akun @dewinilsari1909.