Brilio.net - Media sosial dihebohkan oleh kabar seorang santriwati berusia 16 tahun dinikahi secara siri oleh pengurus pondok pesantren. Bukan soal usia, pernikahan itu menjadi ramai lantaran dilakukan tanpa sepengetahuan orang tua dari santriwati tersebut. Diketahui, insiden ini terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Menurut informasi yang beredar, pernikahan tersebut sudah berlangsung sejak Agustus 2023. Setelah kabar ini mencuat ke publik, korban bersama sang ayah memberikan keterangan lewat podcast yang dipandu oleh Denny Sumargo. Dalam kesempatan tersebut, sang ayah membeberkan alasan mengapa anaknya menerima ajakan nikah siri tersebut.

Dia menyebutkan bahwa putrinya diiming-imingi harta oleh pengurus pondok. Selain itu, pengurus pondok pesantren itu juga menjanjikan jaminan berupa surga jika putrinya bersedia untuk dinikahi. Dengan bujuk rayunya, santriwati itu pun akhirnya setuju dan mau dinikahi siri secara diam-diam.

alasan terima lamaran pengurus pesantren © YouTube

alasan terima lamaran pengurus pesantren
YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo

"Karena dia diiming-imingi harta, gitu. nanti kamu kalau saya nikahi, kamu akan masuk surga, gitu. Saya dengar katanya dikasih uang 300," ujar MR dikutip dari YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo pada Kamis (4/7).

Santriwati itu juga mengatakan, dia sempat ragu untuk menerima ajakan nikah siri tersebut. Namun, karena pengurus pondok pesantren itu selalu berusaha meyakinkan, dia pun akhirnya luluh.

Santriwati tersebut berujar bahwa pengasuh yang berinisial ER tersebut bersedia memberikan jaminan kepadanya. ER mengatakan bahwa pernikahan mereka tidak akan diketahui oleh siapapun.

alasan terima lamaran pengurus pesantren © YouTube

alasan terima lamaran pengurus pesantren
YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo

"Aku selalu meyakinin, pas dia bakalan menjamin, gak bakalan apa ya, ketahuan gitu loh," ujarnya.

Dia juga mengaku merasa kasihan terhadap ER. Pasalnya ER tak henti-hentinya memohon agar keinginannya tersebut dapat diterima. Hal itu juga yang membuat sang anak dalam hal ini adalah korban, tersentuh untuk menjadi istri siri dari ER.

"Ya kayak, kasian gitu apa gimana ya. Soalnya kan dia kayak mohon-mohon pas kayak gimana gitu," ujarnya.

alasan terima lamaran pengurus pesantren © YouTube

alasan terima lamaran pengurus pesantren
YouTube/CURHAT BANG Denny Sumargo

Korban sempat memikirkan mengenai perasaan orang tuanya usai menerima ajakan tersebut. Namun, dia merasa yakin karena jaminan yang diberikan ER bahwa hubungan mereka akan ditutup rapat-rapat dan tidak ketahuan oleh siapapun termasuk orang tuanya.

"Ya sempat mikir gitu (perasaan orang tua), cuma saya bilang itu kak, dia tuh udah menjamin gak bakalan apa ya, ketahuan gitu," katanya.

Sang ayah akhirnya mengetahui kabar tersebut setelah mendengarkan obrolan dari tetangga. Awalnya dia merasa tidak yakin, namun akhirnya mencari tahu lebih lanjut. Benar saja, apa yang dibicarakan tetangganya itu benar. Dia pun lantas melaporkan ER ke polisi untuk ditindaklanjuti.