Brilio.net - Kirab duplikat bendera Pusaka dan teks proklamasi telah sukses di gelar dari Monumen Nasional (Monas) menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Diketahui bahwa kirab merah putih dan teks proklamasi merupakan serangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia.

Prosesi ini menjadi catatan sejarah karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa keluar dari DKI Jakarta dan dikirab ke IKN. Prosesi kirab ini tidak hanya melambangkan penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, tetapi juga mencerminkan komitmen untuk terus memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Ditengah hiruk pikuk agenda kirab bendera, terlihat ada kejadian yang cukup tragis dialami oleh salah satu petugas paskibraka pada saat kirab bendera Merah putih. Hal ini terlihat melalui unggahan kanal YouTube Sekretariat Presiden yang memperlihatkan seorang paskibraka wanita yang terlihat berdiri sempoyongan di saat penyerahan duplikat bendera dan teks proklamasi yang telah tiba di IKN.

Detik-detik paskibraka ambruk saat penyerahan duplikat bendera dan teks proklamasi tiba di IKN dari berbagai sumber

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Sontak, teman paskibraka pria di sisi kiri dan kanannya sigap memegang wanita yang nampak cemas. Kedua temannya ini juga berusaha menguatkan paskibraka wanita tersebut. Dengan memegang tangan kiri dan kanan, paskibraka wanita itu nampak meneguhkan dirinya untuk menyelesaikan tugas mulia yang diberikan oleh negara.

Momen ini juga diunggah oleh akun TikTok @yudaanugrahh yang menangkap kejadian tersebut. Pria yang akrab disapa Yuda itu menyemangati para petugas paskibraka melalui keterangan caption.

Detik-detik paskibraka ambruk saat penyerahan duplikat bendera dan teks proklamasi tiba di IKN dari berbagai sumber

foto: TikTok/@yudaanugrahh

"Salut ama teman dan perjuangan Paskibraka 2024 di IKN! Tetap semangat adik adik Paskibraka 2024" tulisnya yang dikutip brilio.net, Minggu (11/8).

Para warganet pun ikut mengomentari kejadian tersebut. Mereka menyemangati dan memberikan doa. Ada juga warganet yang mengenang akan pengalamannya ketika menjadi paskibraka.

Diketahui, salah satu petugas pria yang memegang tangan teman paskibraka wanita untuk tetap tegar itu bernama Satya. Hal ini diketahui melalui unggahan TikTok Satya @satyamlnaaa yang juga terkonfirmasi melalui komentar dari warganet.

"SEMANGAAT ADEK PASKIBRAKA .KIBARKAN BENDERA SAMPAI TIANG TERTINGGI SEMOGA SUKSES," tulis akun @user459220968878.

"Itu teman saya yang memegangi kakaknya ," kata akun @julianperdana3.

"Peduli sesama teman perjuangan itu penting," tulis akun @yaudhgpp12

"Dia bukan teman,tapi saudara seperjuangan," ucap akun @kaka25400.

"Keinget dulu ikut paskib, prosesnya memang berat tapi disisi lain semua itu bakal ada hasilnya, mau itu gagal maupun bisa tetap aja hasilnya luar biasa, karena semua perjuangan itu adalah sebuah penghargaan," ucap akun @ihihgu3.

Sejak diunggah hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak 2,7 juta kali serta mendapat 272.9 ribu suka dan 419 komentar.

@yudaanugrahh Salut ama teman dan perjuangan Paskibraka 2024 di IKN! Tetap semangat adik adik Paskibraka 2024 #ikn #paskibra #kirabbenderapusaka #paskibrakanasional2024 #paskibraka2024 #hutri79 #hutri78indonesia #hutri79 #dirgahayuindonesia79 #fyp #fyp #viralvideo #viral #fypage #serunya17an Rewrite The Stars Spedup -