Brilio.net - Mendengar kabar orang tersayang meninggal dunia menjadi pukulan berat yang mengguncang emosi dan mental bagi seseorang. Rasa kehilangan yang mendalam dapat memicu perasaan duka, kesedihan, dan bahkan penyesalan. Bagi banyak orang, menghadapi kenyataan bahwa mereka tidak akan lagi bisa bertemu dengan orang yang dicintai tersebut menjadi beban yang sulit ditanggung.

Hal itulah yang dirasakan oleh pria paruh baya ini. Ia baru mengetahui ternyata istrinya meninggal usai pulang dari menunaikan ibadah haji. Kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @kelincii_putih.

Biasanya, pulang dari Tanah Suci menjadi momen yang membahagiakan bagi banyak orang. Bukan hanya berhasil menunaikan rukun Islam kelima, kepulangan tersebut juga tentunya membuat perasaan lega bagi keluarga. Di tengah banyaknya jemaah yang meninggal, anggota keluarga yang dinanti-nanti syukurnya bisa pulang dengan selamat.

momen pria baru tahu istrinya meninggal ketika pulang ibadah haji © TikTok

foto: TikTok/@kelincii_putih

Namun tidak dengan keluarga satu ini, pria yang baru saja pulang dari ibadah haji tersebut justru menangis tersedu-sedu. Rupanya ia baru saja menerima kabar bahwa istri yang tidak ikut ke Tanah Suci telah meninggal dunia 14 hari yang lalu. Keluarganya sengaja tidak memberi tahu ketika menjalani ibadah haji.

"14 hari kepergian mama, bapak baru dikasih tau setelah sampai dari tanah suci mekah," tulisnya di caption, dilansir brilio.net pada Selasa (23/7).

momen pria baru tahu istrinya meninggal ketika pulang ibadah haji © TikTok

foto: TikTok/@kelincii_putih

Dalam keterangan pembuat video, pria paruh baya itu harusnya berangkat dengan istri. Namun karena sang ibu kurang fit, keberangkatan digantikan oleh anak bungsunya. Kabar duka tersebut sebenarnya sudah sampai ke anak bungsu. Namun keluarga memintanya untuk merahasiakan ke sang ayah biar bisa lebih fokus beribadah.

Tak hanya itu, sang ayah juga sudah berusia yang tidak lagi muda. Kondisi fisiknya sudah melemah layaknya lansia pada umumnya. Karena itu, daripada terjadi sesuatu tidak diinginkan, lebih baik kabar ini disembunyikan.

"Kondisi fisik bapak yg membuat kita tidak bisa memberitahu lebih awal kak, tapi kita sudah kasih tau adik paling bungsu yg temanin bapak di tanah suci," kata pembuat video.

momen pria baru tahu istrinya meninggal ketika pulang ibadah haji © TikTok

foto: TikTok/@kelincii_putih

Sejatinya, mereka rutin berkomunikasi saat berada di Tanah Suci. Bahkan sebelum berangkat, sang istri yang meninggal sempat nitip oleh-oleh mukena. Namun, lambat laun, sang ayah menyadari mengapa wajah istrinya tidak pernah kelihatan lagi ketika mereka saling video call.

Merasakan hal itu, sang ayah tentu sering bertanya kepada keluarga. Namun, keluarga menjawab bahwa istrinya dalam kondisi sehat di rumah. Padahal, pada kenyataannya sang istri sudah meninggal dunia.

"Awal-awal berangkat iya vc an,lewat hp ade bungsu, karena bapak gak pake hp, sempat nitip oleh2 mukena waktu vc an,setelah itu setiap ditanya hanya bisa jawab mama sehat aja di rumah," imbuhnya.

Ketika pulang, sang ayah merasakan ada yang kurang. Ia sama sekali tidak melihat istrinya. Pihak keluarga mengatakan bahwa ia mencoba mencari sekeliling rumah. Hingga akhirnya ia tahu sang istri sudah meninggal dunia.

momen pria baru tahu istrinya meninggal ketika pulang ibadah haji © TikTok

foto: TikTok/@kelincii_putih

Kisah ini menjadi viral dan mengundang perhatian warganet. Banyak yang tentunya turut bersedih atas apa yang dirasakan bapak tersebut. Mereka lantas memberikan doa di kolom komentar.

"Niat hati ingin berbagi cerita dan bawa oleh-oleh buat yg tersayang, malah pulang duluan. Sumpah nyesek bgt, ini mata deres banget," kata akun @mamahbacung.

"Aku nangis aku gabisa kalau suamiku dulu yg meninggal,tapi kalau aku dulu yg meninggal siapa yg jagain dia yg masakin ngurusin dia," tulis akun @silvinda.99

"Padahal bapak ingin banyak bercerita tentang perjalanan nya ke mekah sama istrinya, kenyataan nya harus menerima kenyataan bahwa istrinya telah tiada," tulis akun @zyan.

"Semua sudah diperhitungkan,kalau dikabarin juga pas di tanah suci emang keburu liat mendiang istri nya,emang nya segampang itu ngurus administrasi buat kepulangan ke indonesia," komentar akun @librasirait.

@kelincii_putih 14 hari kepergian mama,bapa baru dikasih tau setelah sampai dari tanah suci mekah #alfatihah suara asli - Ziell Ferdian