Brilio.net - Menjadi pemilik kos memang tidaklah mudah. Ada kalanya harus menghadapi berbagai masalah, mulai dari penyewa yang terlambat membayar hingga kerusakan fasilitas yang tak terduga. Namun, pengalaman yang dibagikan seorang pengelola kos-kosan ini memang cukup mengejutkan. Dia sebagai pengelola kos saja, dibuat tak habis pikir.

Baru-baru ini viral di media sosial memperlihatkan pemilik kos putri yang menggerebek salah satu kamar penyewa. Peristiwa yang terjadi di Malang, Jawa Timur ini membuat pemilik kos syok melihat isi kamarnya.

Dalam video yang diunggah di akun Tiktok @griyakosbuernahuda, pemilik kos, yang tidak disebutkan namanya, awalnya merasa ada yang tidak beres setelah penghuni kamar tidak kunjung membayar uang sewa selama dua bulan terakhir. Kecurigaan semakin kuat ketika bau tak sedap mulai tercium dari dalam kamar tersebut.

"Ceritane ono arek menunggak rong wulan. (Ceritanya ada anak kos menunggah dua bulan). Setelah dua bulan menunggak, sesuai SOP, sesuai perjanjian di grup, akan kita buka kamarnya," ucap pengunggah video dilansir brilio.net dari TikTok @griyakosbuernahuda, Kamis (15/8).

"Saya sudah mencoba menghubungi penghuni kamar beberapa kali, tapi tidak ada respon. Saya curiga ada sesuatu yang tidak beres, apalagi dengan adanya bau yang tidak biasa dari dalam kamar," sambungnya.

Pemilik kos geledah kamar penyewa © TikTok

Pemilik kos geledah kamar penyewa
TikTok/@griyakosbuernahuda

Sebelum masuk ke kamar tersebut, pemilik kos yang memakai baju biru sudah melakukan persiapan dengan memakai masker dobel dan juga sarung tangan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya tikus mati karena tidak dihuni selama dua bulan.

Pemilik kos geledah kamar penyewa © TikTok

Pemilik kos geledah kamar penyewa
TikTok/@griyakosbuernahuda

Ketika pintu kamar terbuka, pemandangan yang terlihat sungguh mengejutkan. Bukannya perabotan kamar biasa, yang ada adalah sebuah setup budidaya lobster air tawar. Sebuah terpal berbentuk persegi panjang dengan rangka dari pipa PVC menjadi pusat perhatian di ruangan tersebut.

Di dalam terpal itu ternyata terdapat banyak lobster ukuran cukup besar. Lobster tersebut ada yang masih hidup dan ada yang sudah mati. Sedangkan kasur busa nampak diberdirikan di dekat tembok.

Pemilik kos geledah kamar penyewa © TikTok

Pemilik kos geledah kamar penyewa
TikTok/@griyakosbuernahuda

Sebagian lobster yang sudah mati, bangkainya telah dikerubungi belatung. Hal inilah yang diduga menjadi sumber bau busuk di kamar tersebut.

Pemilik kos pun langsung membongkar kolam budidaya lobster tersebut. Lalu mengepel dan membersihkan kamar itu.

Usai diunggah, video tersebut langsung viral hingga ditonton lebih dari 1,8 juta kali. Beragam reaksi dari warganet pun menghiasi kolom komentar. Tak sedikit yang merasa heran dengan tindakan penyewa kos itu.

"kok bisa ya kepikiran bikin tambak budidaya lobster di dalem kamar kost," kata @sulthanbaharuddien

"bisa bisanya kosan dibuat ternak trs dia tdr dimn," komentar @viviarta

"GA EXPECT YG NGEKOST SEONGGOK LOBSTER," ujar @moody.pipiw

"lobsternya setara sama uang kost 2 bulan gak bang wkwk," canda @farrel.frous

@griyakosbuernahuda Grebek Kamar Yang Nunggak 2 Bulannn karena sesuai peraturan 2 bulan nunggak tanpa konfirmasi auto kickk ygy  #griyakos #kosputri #kosputrimalang #koskosan #koskosancheck #griyakosbuerna original sound  - griyakosbuernahuda