Brilio.net - Menjelang peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, sudah jadi pemandangan umum melihat bendera yang berseliweran di sepanjang kota dan desa. Hal ini menandakan bahwa jiwa nasionalisme rakyat Indonesia masih terjaga. Namun sayang, tidak semua rakyat Indonesia mengerti akan aturan bendera yang dikibarkan di depan rumahnya.

Merasa geram dengan hal itu, seorang pria pemilik akun TikTok @dipakomala memprotes salah satu bendera yang ada di jalan. Dia menyayangkan bahwa masih banyak bendera yang berkibar dengan ukuran yang salah.

Pria ini protes banyak warga belum tahu ukuran bendera Indonesia TikTok/@dipakomala

foto: TikTok/@dipakomala

"Sebentar lagi kita memperingati 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Senang melihat bendera berkibar dimana-mana, Tetapi yang sangat saya sayangkan tidak sedikit bendera yang salah ukuran," ucap pria bernama Dipa, dikutip brilio.net, Minggu (11/8).

Dipa pun memberikan contoh bendera di sebelahnya yang salah ukuran. Dipa menegaskan bahwa bendera tersebut adalah umbul-umbul dan bukan bendera Indonesia yang sesuai aturan perundang-undangan.

Pria ini protes banyak warga belum tahu ukuran bendera Indonesia TikTok/@dipakomala

foto: TikTok/@dipakomala

"Contoh di depan saya ini, bukan lagi 2:3 tapi 1:2, ini bukan bendera Indonesia. Ini semacam umbul-umbul," lanjutnya.

Dipa menjelaskan bahwa ukuran bendera Merah Putih yang benar adalah 2:3. Hal ini diketahui melalui caption unggahan videonya.

Pria ini protes banyak warga belum tahu ukuran bendera Indonesia TikTok/@dipakomala

foto: TikTok/@dipakomala

"Ukuran bendera Merah Putih yang benar adalah 2 banding 3. Jangan asal bikin atau beli dan kibarkan." tulisnya.

Dipa merasa prihatin karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui standar yang sudah ditetapkan. Hal ini menjadi sorotan penting terutama menjelang perayaan Hari Kemerdekaan, di mana bendera Merah Putih menjadi simbol utama.

"Saya prihatin karena banyak masyarakat yang tidak tahu betul mana bendera negara kita dan mana umbul-umbul, asal Merah Putih dikibarkan dianggap bendera, ampun deh," imbuh Dipa.

Dipa pun mengajak kepada para warganet dan seluruh rakyat Indonesia untuk berbenah diri dan semakin mencintai Indonesia.

"Mari kita saling berbenah diri, saling mengingatkan, dan semakin mencintai republik Indonesia," tutupnya.

Perlu diketahui, ukuran bendera Indonesia yang benar telah diatur dalam UU No 24 tahun 2009 tentang Bendera dan lagu kebangsaan yang berbunyi "Ukuran bendera merah putih untuk penggunaan di lapangan umum: 120 cm x 180 cm. Ukuran bendera merah putih untuk penggunaan di ruangan: 100 cm x 150 cm".

Beragam reaksi warganet pun bermunculan, ada yang mengatakan bahwa yang terpenting adalah cinta tanah air bukan persoalan benderanya. Ada pula yang meluruskan maksud dari unggahan video tersebut.

"Kalo warga ngibarin bendera merah putih kecil itu karena budget, tapi cinta tanah air masyarakat tidak bisa diragukan," ucap akun @mucharorart.

"Nggak usah banyak dipikir pak, yg penting warnanya merah putih, mantap," tulis akun @user9748702363746.

"Merah putih sejati ialah merah putih yang tertanam pada hati dan diri kami semua," tulis akun @rafif_mukhtasim_ibkal.

"Pada gagal paham, yg dibicarakan ukuran rasio, mau besar atau kecil yg penting rasio 2:3," ucap akun @denrophile_1.

Sejak diunggah hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak 835,9 ribu kali tayangan, dengan 11,3 ribu suka, dan 1.874 komentar.

@dipakomala Ukuran bendera Merah Putih yang benar adalah 2 banding 3. Jangan asal bikin atau beli dan kibarkan. #indonesiaindah #merahputih #bendera #merdeka original sound - Dipa Komala