Brilio.net - Sebuah video viral memperlihatkan beberapa siswa SMA yang kesulitan menyebutkan nama-nama negara di Benua Eropa. Momen tersebut terekam dalam konten yang dibuat oleh konten kreator Boyke Aldysha saat mengajak para pelajar bermain kuis berhadiah uang tunai.

Para siswa terlihat kebingungan ketika diminta menyebutkan nama negara di Eropa hingga menyebut Garut, Indonesia, dan Amerika sebagai jawaban. Ketidaktahuan mereka tentang letak geografis negara-negara di dunia ini sontak membuat warganet prihatin dengan kualitas pendidikan generasi muda saat ini.

Meski sudah diberi kesempatan untuk memperbaiki jawaban, beberapa siswa tetap menyebut nama negara yang salah seperti Brazil, Australia, Filipina, hingga Vietnam. Padahal, Boyke sudah menjanjikan hadiah uang tunai sebesar Rp200 ribu bagi pemenang yang bisa menyebutkan negara-negara Eropa dengan benar.

anak sma tidak bisa sebut nama negara eropa © 2024 TikTok

foto: TikTok/@papa.groot

Boyke memulai tantangan dengan menjelaskan aturan permainan kepada keempat siswa tersebut. Siswa yang tidak bisa menjawab atau memberikan jawaban salah harus keluar dari permainan.

"Sebut negara-negara di Eropa, nanti orang terakhir dapat Rp200 ribu. Tapi kalau enggak bisa jawab atau salah, itu keluar," katanya.

Boyke langsung mengajak empat siswa tersebut untuk bermain. Permainan pun dimulai dari pelajar laki-laki yang berada di barisan kanan Boyke.

"Mulai dari kamu," ucapnya.

Tak terduga, remaja laki-laki tersebut justru menyebutkan kota Garut yang berada di Jawa Barat. Jawaban itu bikin Boyke kaget.

anak sma tidak bisa sebut nama negara eropa © 2024 TikTok

foto: TikTok/@papa.groot

"Garut," jawabnya.

"Lah, negara di Eropa," terang Boyke.

Remaja tersebut baru saja tersadar jika pertanyaannya seputar negara di Benua Eropa. Jawaban akhirnya benar, meskipun pun harus dipandu oleh Boyke.

Suasana permainan semakin menegangkan ketika giliran siswa pertama mendapat kesempatan menjawab. Boyke berusaha memancing jawaban dengan memberikan petunjuk tentang sepak bola.

"Oh negara di Eropa. Apa ya," ungkap siswa tersebut.

"Sepak bola, timnas banyak," terang Boyke.

"Oh iya, Indonesia," jawab siswa itu.

"Eropa," jelas Boyke kembali.

"Inggris," jawabnya.

anak sma tidak bisa sebut nama negara eropa © 2024 TikTok

foto: TikTok/@papa.groot

Permainan berlanjut dengan jawaban-jawaban mengejutkan dari para peserta. Seorang siswi bahkan sempat keliru menyebut Amerika sebagai negara Eropa.

"Amerika," ungkap siswi tersebut.

"Aku kasih kesempatan deh sekali," tegas Boyke.

"Jerman," kata siswi itu kemudian.

Kondisi semakin memprihatinkan saat peserta lain memberikan jawaban yang jauh melenceng. Mereka menyebut negara-negara di luar Eropa tanpa ragu.

"Brazil," terang salah satu siswa.

"Bukan, satu lagi deh," jelas Boyke.

"Australia," jawab siswa tersebut.

"Keluar," tegas Boyke.

"Belanda, Polandia, Filipina, Vietnam," terang dua pelajar lainnya.

anak sma tidak bisa sebut nama negara eropa © 2024 TikTok

foto: TikTok/@papa.groot

Jawaban para siswa tersebut bikin warganet garuk kepala. Pasalnya, nama-nama negara di Eropa sangat mudah untuk disebutkan. Meski jawaban anak SMA tersebut terdengar kocak, mereka sangat prihatin dengan kondisi pendidikan Indonesia saat ini.

"Yg bener aja sma gak ngerti negara eropa," kata @kiribocho1.

"Negara eropa 'GARUT'," kata @vyominekuri.

"Parah pendidikan sekarang," ujar @dlhtobing.

"Ini serius gak sih anak2 sekarang diyanya negara di eropa jawabnya garut," kata @ragilkun.

"Ad yg nyadar gak? kualitas pnddikan kita kyknya smkin turun. dlu pas jamanku 3SD ud d gembleng nama² negara dn ibukotanya. skrng klas 3 SMP kdng gk tw benua negara dll. knpa ya apa trlu di manjakan?" kata @luckyarisafitri16.