Brilio.net - Baim Wong memulai debutnya sebagai seorang sutradara dengan merilis film horor berjudul Lembayung. Film ini tidak hanya menampilkan teror yang menyeramkan, melainkan juga drama misteri thriller yang menegangkan serta memiliki plot twist mengejutkan. Film garapan Prime Eagle Studios dan Tiger Wong Entertainment ini bakal tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia mulai 19 September 2024.

Meski debutan, sebagai sutradara Baim Wong cukup jeli menempatkan tiap adegan yang bisa membuat “jantung copot”. Bahkan Baim Wong tidak jarang mengganti alur cerita saat syuting untuk menemukan adegan yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Ternyata, Baim Wong sukses menyajikan “teror” kepada penonton.         

Film Lembayung © 2024 brilio.net foto: Prime Eagle Studios/Tiger Wong Entertainment

Film ini mengangkat pengalaman mengerikan Pica (Taskya Namya) bersama dengan temannya, Arum (Yasamin Jasem), saat menjalani kegiatan PKL (magang) di unit poli gigi sebuah klinik di pinggiran Yogyakarta.

Suatu malam, pasien misterius berambut panjang yang menyeramkan datang ke poli gigi, membuat Pica dan Arum sangat ketakutan hingga terbawa ke mimpi. Kemudian berbagai peristiwa janggal mulai terjadi, diikuti dengan runutan kejadian tragis di Klinik Lembayung yang mereka alami. Saat Arum kerasukan, Pica berusaha mengungkap misteri Klinik Lembayung sebelum sahabatnya menjadi korban.

Film Lembayung © 2024 brilio.net foto: Prime Eagle Studios/Tiger Wong Entertainment

Cerita film ini diangkat dari sebuah utas (thread) horor “Jin Poli Gigi” yang ditulis Pica melalui akun @saturnrushx di media sosial Twitter/X. Thread tersebut sempat populer pada tahun 2022 hingga mendapat ribuan retweet dan likes dari para pembacanya. Akan tetapi, cerita dalam thread tersebut tidak selesai lantaran Pica berhenti menulis karena trauma akan pengalaman mengerikan yang menimpanya.

Baim Wong mengklaim film ini akan menjadi film horor yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Alih-alih penuh dengan misteri dan teror yang dahsyat, ‘Lembayung’ di sisi lain justru banyak mengupas sisi-sisi humanis manusia yang jarang atau bahkan belum pernah diangkat.

Film Lembayung © 2024 brilio.net foto: Prime Eagle Studios/Tiger Wong Entertainment

“Film ‘Lembayung’ ini akan hadir sebagai sajian horor yang fresh mulai dari tampilan luarnya hingga ke dalam cerita. Sehingga bukan hanya mengandalkan sisi horornya saja, namun juga mengangkat sisi yang belum pernah dibahas sebelumnya. Harapannya, film ini dapat menjadi solusi bagi para penonton yang mungkin sedang merasa jenuh dengan tema film-film saat ini,” jelas Baim Wong saat jumpa pers baru-baru ini di Epicentrum, Jakarta Selatan.    

Diproduseri Emilka Chaidir, film ‘Lembayung’ selain dibintangi  Taskya Namya dan Yasamin Jasem sebagai Arum juga turut dibintangi sejumlah nama-nama besar di industri perfilman Indonesia seperti Arya Saloka, Oka Antara, Anna Jobling, Erick Estrada, Asri Welas, Daffa Wardhana, Ence Bagus, Wulan Guritno, Tio Pakusadewo, Sari Nila, Mario Maulana, dan Dayu Wijanto.

Salah satu pemeran film horor ‘Lembayung’, Oka Antara, memberikan penilaian sekaligus apresiasi terhadap karya debut dari Baim Wong sebagai sutradara. Menurutnya, Baim Wong memiliki talenta untuk menjadi sutradara lantaran mampu mengelola sebuah skenario yang sederhana menjadi karya yang luar biasa.

Film Lembayung © 2024 brilio.net foto: brilio.net/yani andriyansyah

“Film Lembayung pada dasarnya merupakan film horor yang berbeda dengan script-nya yang sederhana. Akan tetapi, kepiawaian dari Baim Wong sebagai sutradaralah yang pada akhirnya membuat film ini menjadi sebuah karya yang luar biasa. Sehingga saya merasa kalau Baim Wong ini memang punya talenta,” ungkap Oka yang berperan sebagai dr Ringgo.

Sementara sang produser Emilka Chaidir, menyampaikan rasa optimisnya terhadap proyek film ini, Menurutnya, film Lembayung akan terasa berbeda dari rata-rata film horor Indonesia yang sudah ada. Catat tanggal tayangnya dan nonton mulai 19 September 2024 di seluruh bioskop Indonesia!