Brilio.net - Film adaptasi dari negara berbagai negara semakin banyak diminati oleh penonton Indonesia. Salah satu negara yang sering menjadi inspirasi adalah Thailand, Korea Selatan, Filipina, dan sebagainya. Salah satu film adaptasi luar negeri yang sedang trend yakni Kang Mak.

Film yang diadaptasi dari Thailand ini telah dinantikan para penikmat film horor komedi. Kini resmi dirilis pada 15 Agustus 2024, banyak yang antusias menyaksikan keseruan para aktor papan atas tanah air seperti Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Jirayut, dan aktor lainnya.

Melihat film Kang Mak tersebut, dapat dikatakan tren adaptasi film dari luar negeri memberikan angin segar bagi industri perfilman Indonesia. Film-film ini tidak hanya membawa cerita yang khas, tetapi juga dikemas dengan budaya lokal yang membuatnya lebih relevan bagi penonton. Dengan sentuhan kreatif sineas Indonesia, rekomendasi X film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri ini berhasil memikat hati para penonton.

Film adaptasi seperti ini menjadi bukti bahwa industri film Indonesia terus berkembang dengan mengadopsi kisah-kisah dari luar negeri. Dengan kualitas produksi yang semakin baik, film-film adaptasi ini mampu memberikan pengalaman menonton yang tak kalah seru dibandingkan dengan versi aslinya.

Tak hanya Kang Mak, ini rekomendasi film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri yang layak masuk dalam daftar tontonan kamu. Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini! Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (15/8)

1. Kang Mak (2024)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Rilis pada Rabu (15/8) 2024, film ini salah satu yang diadaptasi dari film popular Thailand berjudul Pee Mak (2013). Film ini mengisahkan perjalanan seorang pria yang ingin bertemu dengan istri usai pulang dari medan perang.

Tanpa ia sadari, istri telah menjadi hantu dan teman-temannya pun mencoba untuk menyelamatkan pria tersebut dari istri hantunya. Aksi-aksi teman-teman Kang yang telah mengetahui identitas Mak mengundang kelucuan dan gelak tawa.

Film ini disutradarai oleh Herman Novianto dan diperankan oleh Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Jirayut, dan aktor lainnya.

2. My Annoying Brother (2024)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Film asal Korea Selatan yang dibintangi D.O. EXO dan Jo Jung Suk sendiri memang hits di kalangan penonton. Film ini mengisahkan tentang persaudaraan Kemal dan Jaya yang penuh intrik. Kemal sebagai atlet Judo yang mengalami insiden hingga akhirnya buta.

Meski begitu, Kemal tetap teguh mengaku paralimpiade. Hubungan kakak-adik Kemal dan Jaya yang mulanya tidak akur semakin terjalin hangat. Film My Annoying Brother masih dalam tahap produksi syuting dan digarap oleh sutradara Dinna Jasanti

Adapun para pemainnya, diantaranya:

- Vino G. Bastian sebagai Jaya
- Angga Yunanda sebagai Kemal
- Kristo Immanuel sebagai Fauzan
- Caitlin Halderman sebagai Amanda

3. Love You... Love You Not (2015)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film Love You.... Love You Not yang diadaptasi dari film Thailand berjudul I Fine..Thank You, Love You (2014). Film ini mencerita tentang kisah seorang guru bahasa Inggris yang diam-diam menyukai muridnya.

Muridnya tersebut berusaha belajar Bahasa Inggris supaya bisa mengejar pacarnya yang berada di Amerika Serikat. Film ini mencerita kisah keduanya yang hingga akhirnya menyadari perasaan masing-masing.

Film ini diperankan oleh Chelsea Islan, Hamish Daud, Miller Khan, dan aktor lainnya. Disutradarai oleh Sridhar Jetty yang telah rilis pada 13 Agustus 2015.

4. My Sassy Girl (2022)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Rekomendasi selanjutnya ada film yang diadaptasi dari Korea Selatan yang berjudul My Sassy Girl. Ketika di remake oleh sutradara Fajar Bustomi, film ini memiliki judul yang sama. My Sassy Girl menceritakan kisah seorang pria yang bertemu secara tak sengaja dengan seorang wanita mabuk, dan mereka akhirnya bersama-sama pergi ke hotel.

Peristiwa tersebut ternyata membuka peluang perjalanan kisah keduanya hingga akhirnya saling menaruh hati. Film ini diperankan oleh Jefri Nichol, Tiara Andini, dan beberapa aktor lainnya.

5. Cinta Itu Buta (2019)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Nah, film ini adaptasi dari film Filipina berjudul Kita-Kita yang tayang pada 2017. Film ini menceritakan kisah perjalanan dua insan yang mengobati luka hatinya.

Diah (Shandy Aulia) berusaha untuk melupakan hubungan yang penuh luka. Ia telah mengalami penderitaan karena kekasihnya, Jun-Ho (Chae In Woo), seorang fotografer asal Korea. Sementara itu, Nik (Dodit) juga sedang menghadapi kekecewaan yang mendalam. Untuk mengatasi rasa sakit hatinya, Nik memutuskan untuk pergi ke Busan, Korea Selatan.

Di sana, mereka bertemu secara kebetulan—dua jiwa yang sedang terluka akibat patah hati. Diah, yang merasa patah hati dan kemudian mengalami kebutaan, serta Nik yang tengah merasa galau lalu berusaha menghibur diri.

Mengatasi rasa galau dengan cara yang tampaknya sederhana tidak selalu membosankan. Nik, yang sering kali menyajikan humor-humor konyol ala ‘bapak-bapak,’ berhasil meringankan beban hati Diah. Seiring waktu, cerita-cerita lucu antara Nik dan Diah mulai menciptakan ikatan yang tak terduga.

Adapun para pemainnya, yakni:
- Shandy Aulia sebagai Diah
- Dodit Mulyanto sebagai Nik
- Chae In-Woo sebagai Jun-Ho
- Gemilang Sinatrya sebagai Sandra
- Rolando Octavio sebagai Geri
- Rachmania Arunita sebagai Kristi

6. Sweet 20 (2017)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

Sweet 20 adalah sebuah film drama komedi romantis musikal dari Indonesia yang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul Miss Granny. Film ini merupakan hasil kolaborasi antara Starvision Plus dari Indonesia dan CJ Entertainment dari Korea Selatan.

Ceritanya mengisahkan perjalan Fatmawati, seorang nenek berusia 70 tahun yang secara ajaib kembali ke usia 20-an setelah menjalani sesi foto di sebuah studio foto misterius. Sweet 20 dirilis pada 25 Juni 2017, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Film ini disutradarai oleh Ody C. Harahap dan para pemainnya diantaranya:

- Tatjana Saphira sebagai Fatmawati muda/Mieke Wijaya
- Morgan Oey sebagai Alan
- Kevin Julio sebagai Juna
- Slamet Rahardjo sebagai Hamzah
- Niniek L. Karim sebagai Fatmawati
- Lukman Sardi sebagai Aditya
- Cut Mini sebagai Salma

Sweet 20 mendapatkan 9 nominasi Festival Film Indonesia 2017, termasuk Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik untuk Tatjana Saphira, Aktor Pembantu Terbaik untuk Slamet Rahardjo serta dua nominasi Aktris Pendukung Terbaik untuk Niniek L. Karim dan Widyawati, walau kalah pada semua kategori. Sweet 20 juga dinominasikan untuk 5 penghargaan Festival Film Bandung 2017, termasuk empat nominasi untuk akting, tetapi kembali gagal memenangkan penghargaan.

7. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Rekomendasi 7 film Indonesia yang diadaptasi dari luar negeri © 2024 brilio.net

foto: imdb.com

"Miracle in Cell No. 7" merupakan adaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama. Film ini bercerita tentang seorang pria dengan gangguan mental yang dihukum karena kejahatan yang tidak dilakukannya. Dia berjuang untuk membuktikan keputusannya dan memperjuangkan hak asuh anak perempuannya dari dalam penjara, dengan bantuan dari teman-teman selnya.

Bisa dibilang, Miracle in Cell No. 7 ialah film drama keluarga Indonesia tahun 2022 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film produksi Falcon Pictures ini dibintangi oleh Vino G. Bastian, Graciella Abigail, dan Indro Warkop. Berkat aktingnya di film ini Vino G. Bastian memenangkan penghargaan Festival Wartawan Indonesia (2022) dan Festival Film Indonesia sebagai aktor terpilih terbaik.