Brilio.net - Film The 33 merupakan film yang bergenre biography, drama, dan history. Film ini disebut juga sebagai film dokudrama yang menceritakan tentang bencana tambang Chili pada 2010. Saat itu, 33 penambang terperangkap 700 meter di bawah tanah di tambang San Jose selama 69 hari setelah terowongan tambang runtuh.

Melansir dari imdb.com, sebelumnya Luis 'Don Lucho' Urzúa, sang mandor, sudah memperingati pemilik tambang tentang ketidakstabilan gunung. Alih-alih mendengarkan, pemilik tambang justru mengabaikan peringatan tersebut. Para penambang di film The 33 dipimpin oleh Mario Sepúlveda, yang menjaga solidaritas di tengah kepanikan.

Keluarga dari penambang termasuk María Segovia, mengadakan pertemuan agar bisa bertindak secepatnya dan mendesak pihak berwenang untuk segera menyelamatkan keluarganya. Menteri Pertambangan, Laurence Golborne dan insinyur bernama Andre Sougarret berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan mereka.

Film The 33 memberikan pesan moral akan perjuangan, harapan, dan penyelamatan dramatis para penambang. Selain film The 33, terdapat sederet film lainnya yang diangkat dari kisah nyata. Mau tahu apa saja filmnya? Berikut brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, Kamis (25/7), 9 film yang juga diangkat dari kisah nyata.

1. Into the Wild (2007).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Rotten Tomatoes Classic Trailers

Jika kamu ingin hidup secara mandiri tanpa bantuan orang lain, sepertinya kamu akan menyukai film Into the Wild. Film ini menceritakan kisah nyata dari Christopher McCandless yang memutuskan meninggalkan kehidupan mewahnya di perkotaan dan tinggal di alam dengan berbagai rintangan yang harus dihadapi.

2. Hachi: A dog's Tale (2009).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/TAJ FILM

Kamu mengaku sebagai orang yang setia? Coba tonton dulu film Hachi: A dog's Tale. Film ini mengisahkan tentang anjing bernama Hachiko yang sangat setia. Hachiko selalu menunggu kedatangan seorang profesor bernama Parker di stasiun Shibuya hingga tuannya meninggal dunia.

3. Habibie & Ainun (2012).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/MD Pictures

Siapa yang tidak mengenal sosok presiden ke-3 Republik Indonesia, B J Habibie. Kisahnya yang diadaptasi dalam film berjudul Habibie & Ainun mengisahkan awal perjalanan cinta B J Habibie dengan kekasihnya Ainun hingga menikah. Tapi dalam perjalanannya Habibie mendapat cobaan ketika Ainun didiagnosis mengidap kanker.

4. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Soraya Intercine Films

Ternyata film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck diadaptasi dari kisah nyata, lho. Film ini diambil dari kejadian tenggelamnya kapal di Perairan Brondong, Lamongan, Jawa Timur pada 1936. Film ini tidak hanya mengajarkan soal sejarah, tetapi ada bumbu romansa juga di dalamnya. Film ini juga mengisahkan seorang pria bernama Zainuddin yang baru pulang dari perantauan dan jatuh cinta dengan Hayati. Namun, keduanya tidak dapat bersatu karena terhalang oleh adat istiadat kampung tersebut.

5. Captain Philips (2013).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Sony Pictures Entertaiment

Film selanjutnya yang diambil dari kisah nyata adalah Captain Philips. Film ini mengisahkan tentang kebengisan para perompak Somalia yang menghadang nahkoda kapal. Aksi heroik dari Captain Philips dalam melindungi kapal dan awaknya sangat menarik untuk kamu tonton, lho.

6. Hacksaw Ridge (2016).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Liongate Movies

Hacksaw Ridge (2016) adalah film biografi perang yang disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield sebagai Desmond Doss, seorang anggota Angkatan Bersenjata Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Film ini menceritakan kisah nyata Desmond Doss, seorang conscientious objector (penolak militer) yang menolak untuk membawa senjata karena keyakinan agamanya sebagai Adventis Hari Ketujuh. Namun, Doss bergabung dengan Angkatan Darat sebagai tenaga medis dan menunjukkan keberanian yang luar biasa di medan perang.

7. Hotel Mumbai (2018).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Bleecker Street

Hotel Mumbai (2018) adalah film thriller yang disutradarai oleh Anthony Maras dan berdasarkan pada serangan teroris yang terjadi di Mumbai, India pada 2008. Film ini menggambarkan peristiwa nyata dari serangan teroris yang dikenal sebagai Serangan Mumbai 2008, ketika sekelompok teroris dari kelompok ekstremis Lashkar-e-Taiba melancarkan serangan besar-besaran di berbagai lokasi di Mumbai, termasuk Hotel Taj Mahal Palace.

8. 22 Menit (2018).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/22 Menit The Movie

22 Menit (2018) adalah film thriller Indonesia yang disutradarai oleh Eugene Panji. Film ini terinspirasi oleh serangan teroris yang terjadi di Jakarta pada 14 Januari 2016, ketika serangkaian ledakan dan penembakan terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. Film ini berfokus pada peristiwa tersebut, menggambarkan bagaimana serangan teroris berlangsung dalam waktu singkat yaitu selama 22 menit.

9. Togo (2019).

9 Film ini juga diangkat dari kisah nyata dari berbagai sumber

foto: YouTube/Walt Disney Studios

Togo (2019) adalah film drama petualangan yang disutradarai oleh Ericson Core dan dibintangi oleh Willem Dafoe. Film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada awal abad ke-20 di Alaska. Togo menceritakan kisah seorang anjing sled bernama Togo dan pemiliknya, Leonhard Seppala (diperankan oleh Willem Dafoe), yang merupakan seorang musher terkenal.

Cerita ini berfokus pada perjalanan heroik Togo dan Seppala selama Great Race of Mercy pada 1925, ketika mereka harus menempuh jarak lebih dari 260 mil atau 418 km dalam cuaca yang ekstrem dan kondisi yang sangat sulit untuk mengantarkan serum penawar difteri ke kota Nome, Alaska.