Brilio.net - Kebanyakan orang tua mengabaikan karies gigi yang terjadi pada anak. Nggak jarang, karies dianggap sepele dan bisa disembuhkan sendiri, padahal faktanya tidak demikian. Jika terus dibiarkan, karies dapat berakibat nyeri, pembengkakan sekitar gigi, gigi patah, pergeseran gigi, kesulitan mengunyah, gigi tanggal hingga kematian. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kamu harus peduli pada kondisi gigi anak.

Karies gigi atau gigi berlubang merupakan kondisi kerusakan pada enamel (lapisan luar gigi) yang disebabkan oleh bakteri yang memproduksi asam. Bakteri ini berada di rongga mulut yang kemudian berkembang biak lalu menggerogoti sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Alhasil bakteri tadi menghasilkan asam yang bisa merusak enamel gigi.

Terlebih jika gigi jarang dibersihkan, asam yang dihasilkan bakteri disertai makanan dan minuman yang terus-terusan dikonsumsi membuat mineral gigi hilang sehingga menyebabkan gigi berlubang. Jika anak sudah terlanjur mengalami karies gigi, kondisi ini harus segera diobati dengan bantuan medis seperti perawatan fluoride, tambal gigi, pemasangan mahkota gigi, perawatan saluran akar, hingga pencabutan gigi.

Selain itu, pengobatan karies gigi pada anak bisa dilakukan dengan bantuan obat alami. Lantas apa saja bahan alami yang bisa membantu atasi karies gigi ini? Yuk simak ulasan di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/7).

Bahan alami yang bantu atasi gigi karies pada anak.

Bahan alami yang bantu atasi gigi karies pada anak © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Lidah buaya.

Menyadur dari laman American Medical News Today, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi karies gigi adalah lidah buaya. Gel tanaman lidah buaya memiliki kandungan yang membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Antibakteri lidah buaya ini ampuh mencegah penumpukan bakteri di mulut. Hal ini berdasarkan studi pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal National Library of Medicine yang menerangkan bahwa tanaman lidah buaya memang kaya akan manfaat dan efektif menjadi desinfektan gigi berlubang. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu mengurangi risiko gigi berlubang sekaligus bakteri berbahaya di mulut.

2. Kunyit.

Selanjutnya ada kunyit, tanaman rempah ini memiliki senyawa aktif yakni kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang mampu membantu menyembuhkan peradangan di sekitar gigi, gusi, serta mempercepat proses penyembuhan karies.

Penggunaannya cukup mudah dengan mencampurkan sedikit bubuk kunyit dan sedikit minyak kelapa menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit tadi langsung ke gigi yang terkena karies. Diamkan selama beberapa menit lalu berkumur.

3. Teh hijau.

Tanaman teh hijau memang dikenal memiliki beragam manfaat, termasuk bisa membantu mengatasi karies gigi. Teh hijau mengandung katekin yang dikenal sebagai kandungan antioksidan kuat yang punya sifat antiinflamasi dan antimikroba.

Nah, untuk mengatasi karies gigi pada anak gunakan teh hijau sebagai obat kumur yang bisa mengurangi peradangan di sekitar gigi, gusi maupun membunuh bakteri penyebab karies. Gunakan teh hijau di setiap pagi dan malam sebelum tidur.

4. Bubuk kayu manis.

Berikutnya ada bubuk kayu manis dengan kandungan senyawa aktif seperti eugenol yang bersifat analgesik sekaligus antimikroba. Kandungan eugenol mampu meredakan rasa sakit yang disebabkan karies gigi.

Selain itu, bubuk ini juga bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Cukup campurkan bubuk kayu manis dengan sedikit madu hingga menjadi pasta. Oleskan pasta bubuk kayu manis tersebut pada gigi yang terkena karies. Diamkan beberapa saat kemudian berkumur.

5. Minyak kelapa.

Terakhir, ada minyak kelapa. Minyak kelapa yang diproses secara alami efektif dalam mengatasi masalah kesehatan gigi maupun mulut. Bagaimana tidak, minyak kelapa mengandung asam laurat yang punya sifat anti bakteri serta antimikroba. Nggak heran bila minyak kelapa alami dipercaya ampuh membunuh bakteri penyebab gigi karies sekaligus mengurangi peradangan di sekitar gigi.

Bila manfaatkan minyak kelapa untuk atasi karies gigi, sebaiknya gunakan minyak sebagai obat kumur setiap pagi setelah sikat gigi. Opsi lainnya, campurkan minyak kelapa dengan sedikit baking soda lalu gunakan sebagai pasta gigi alami.

Faktor risiko dan gejala anak terkena karies gigi.

Bahan alami yang bantu atasi gigi karies pada anak © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Risiko anak alami karies gigi.

1. Terlalu banyak jumlah bakteri di mulut.

2. Sering konsumsi makanan tinggi gula dan pati.

3. Kurang minum air putih.

4. Jumlah air liur dalam mulut yang terlalu sedikit.

5. Tidak terjaganya kesehatan mulut.

Selanjutnya, gejala karies gigi anak awalnya tidak menimbulkan perubahan tertentu. Namun seiring berjalannya waktu munculnya beberapa kerusakan, diantaranya:

1. Timbulnya plak putih di permukaan gigi anak

2. Ada bercak kuning atau kecokelatan pada gigi. Hal ini sebagai tanda kerusakan yang mulai berkembang

3. Gigi mulai menghitam hingga tidak utuh. Artinya telah terjadi pembusukan gigi.

Cara mencegah karies gigi pada anak.

Bahan alami yang bantu atasi gigi karies pada anak © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Bangun kebiasaan anak sikat gigi sejak dini.

2. Biasanya pakai pasta gigi yang mengandung fluoride. Menurut American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD), anak di bawah usia 3 tahun sudah bisa menggunakan pasta gigi anak.

3. Jadi contoh yang baik untuk anak dengan rutin sikat gigi di pagi dan malam sebelum tidur.

4. Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula serta garam.

5. Biasakan anak dengan makan sehat.

6. Rutin lakukan cek ke dokter gigi.