Brilio.net - Tahu nggak sih kalau hampir 65% tubuh manusia dipenuhi oleh cairan. Karena itu, minum air putih sangat penting agar terpenuhinya cairan tubuh. Melansir dari laman McGill University, ketika tubuh kekurangan atau kelebihan air bisa berdampak negatif pada kesehatan. Misalnya menyebabkan dehidrasi yang berdampak tidak berfungsi secara maksimal organ tubuh seperti ginjal, hati, maupun otak.

Sebaliknya, apabila kelebihan air juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko hiponatremia atau konsentrasi sodium dalam darah yang terlalu rendah yang berakibat gangguan ginjal atau bahkan serangan jantung. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi air putih secara rutin dengan porsi yang cukup.

Menyadur dari laman Healthline, anjuran minum air putih sebaiknya 2 liter per hari atau paling tidak 8 gelas setiap harinya. Meski begitu, para ahli berpendapat mengonsumsi air putih harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, berat badan, aktivitas, dan cuaca di sekitar.

Apabila orang yang sedang menjalani diet, aktivitas di luar atau berada di cuaca panas, mungkin membutuhkan air lebih banyak. Pertimbangan ini dipengaruhi oleh jumlah keringat serta intensitas buang air kecil yang dikeluarkan seseorang. Begitu juga sebaliknya, jika jarang beraktivitas dan berada di cuaca dingin tubuh mungkin membutuhkan air lebih sedikit.

Terlepas dari perdebatan tersebut, para ahli gizi mengenalkan rumus Watson untuk menghitung kebutuhan air pada setiap berat badan seseorang.

Adapun perhitungan kebutuhan air untuk pria yakni: 2,447 - (0,09145 x usia) + (0,1074 x tinggi badan dalam centimeter) + (0,3362 x berat badan dalam kilogram)

Sedangkan untuk wanita, dapat dihitung sebagai berikut: -1,097 + (0,1069 x tinggi badan dalam centimeter) + (0,2466 x berat badan dalam kilogram).

Selanjutnya terlepas dari perdebatan jumlah air yang dikonsumsi, pentingnya memahami manfaat mengonsumsi air putih setiap hari agar semakin aware pada asupan cairan tubuh. Yuk simak ulasan lengkapnya seperti disadur brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/7).

Manfaat minum air putih 8 gelas perhari.

Manfaat minum air putih setiap hari © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Melindungi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya.

Melansir dari Medical News Today, pentingnya memenuhi kebutuhan cairan harian sebab memengaruhi struktur dan fungsi otak. Pasalnya, cairan tubuh juga berperan dalam produksi hormon neurotransmitter sehingga ketika terjadi dehidrasi dapat mengganggu fungsi otak.

2. Mengatur suhu tubuh.

Manfaat minum air putih rutin 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan tubuh cukup penting dalam mengatur suhu tubuh. Melansir dari Medical News Today, air yang tersimpan di lapisan tengah kulit bisa keluar ke permukaan kulit melalui keringat terutama bagi seseorang yang sedang beraktivitas seperti olahraga maupun berjalan. Aktivitas inilah yang membuat suhu tubuh meningkat lalu mengeluarkan keringat. Dan ketika keringat menguap, tubuh kembali dalam kondisi suhu tubuh yang normal atau dingin.

Para ahli berpendapat, ketika kekurangan air dalam tubuh, dapat meningkatkan risiko tubuh seseorang tidak bisa mentoleransi tekanan pada yang ada. Akibatnya dapat menyebabkan kekakuan sendi atau meningkatkan stres pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan sendi dan otot.

Selanjutnya, minum air putih yang cukup untuk tubuh secara rutin bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi maupun otot. Alhasil, membuat otot tidak kaku dan tubuh tidak mudah lelah terutama ketika beraktivitas.

4. Mencegah dehidrasi.

Minum air putih rutin setiap hari, penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Ketika terjadi dehidrasi bisa membuat tubuh merasa haus, buang air kecil lebih sedikit dari biasanya, mulut kering, kelelahan, kepala sering pusing, hingga urine berwarna gelap serta bau menyengat.

Walau terkesan sederhana, apabila terjadi dehidrasi secara terus menerus dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi ginjal, kejang, hingga syok yang dapat mengancam nyawan.

5. Menurunkan berat badan.

Ketika rutin mengonsumsi air putih secara nggak langsung dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga memudahkan tubuh seseorang untuk membakar lemak. Selain itu, bantu memperlancar pembuangan kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Nggak cuma ini, metabolisme yang lancar dapat berdampak baik pada penurunan berat badan seseorang.

Ketika minum air putih sebelum makan dapat memberikan efek kenyang sehingga porsi makan jadi lebih sedikit. Alhasil, asupan kalori ke tubuh tetap terjaga serta berat badan tetap terkontrol dengan baik.

6. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat minum air putih secara rutin berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Ketika cairan tubuh terpenuhi secara nggak langsung bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Kulit yang terhidrasi bisa memberikan efek glowing dan terhindar dari masalah penyakit berkaitan dengan kulit seperti jerawat, kulit kering, dan sebagainya.

7. Mencegah batu ginjal.

Melansir dari Healtline, minum air putih yang cukup bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Atau bahkan mencegah kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang pernah menderita penyakit tersebut.

Selain itu, cairan yang cukup juga membantu memperlancar proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine yang dapat mencegah terbentuknya kristal penyebab batu ginjal seperti asam urat.

8. Menjaga tekanan darah.

Seperti yang diketahui, air merupakan baigian terbesar dari darah. Apabila kekurangan cairan tubuh, darah jadi kental yang berakibat terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium maupu kalium yang terdapat dalam darah. Akibatnya terjadi penurunan tekanan darah. Oleh sebab itu, pentingnya mengonsumsi air putih supaya menjaga tekanan darah tetap normal.

9. Meningkatkan stamina.

Selain makanan, cairan jadi energi yang penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi ini bisa berasal dari air putih. Konsumsi air putih yang cukup bisa membuat tubuh tidak mudah lemas saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti olahraga atau bergerak pada umumnya.

Tips agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Manfaat minum air putih setiap hari © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Biasanya untuk minum air putih sebelum makan. Terutama saat konsumsi camilan. Selain itu, perlu konsumsi air sebelum tidur dan saat bangun tidur.

2. Minum air putih sebelum, selama, dan setelah olahraga.

3. Rutin sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja. Atau rutin bawa air putih ketika di luar rumah.

4. Jika tidak terbiasa dengan rasa air putih yang hambar. Kamu bisa loh tambahkan irisan lemon atau jeruk.

Ciri air yang aman dikonsumsi.

Manfaat minum air putih setiap hari © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, berikut ciri-ciri yang aman dan sehat dikonsumsi, diantaranya:

1. Air yang tidak berbau.

2. Air harus jernih. Jika keruh biasanya sudah tercemar oleh zat berbahaya.

3. Tidak memiliki rasa.

4. Tidak ada kotoran.

5. Tidak mengandung bakteri maupun zat beracun.