Brilio.net - Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa mengancam nyawa. Berbagai penyakit bisa diawali dari diabetes seperti penyakit kardiovaskular, saraf, ginjal, kerusakan mata dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa tipe diabetes, namun yang paling umum terjadi adalah diabetes tipe 2, yang kebanyakan ditemukan pada orang dewasa.

Menurut World Health Organization atau WHO, kasus diabetes di seluruh dunia telah mencapai 422 juta orang. Mayoritas penderita diabetes berasal dari negara berpenghasilan rendah dan menengah. Diketahui 1,5 juta kematian disebabkan langsung oleh diabetes setiap tahunnya. Menurut WHO, jumlah kasus maupun prevalensi diabetes terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Hal ini dibuktikan dengan penyataan WHO pada 2000 dan 2019, terjadi peningkatan 3 persen dalam angka kematian akibat diabetes berdasarkan usia.

Perlu kamu ketahui, diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah cukup, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksinya secara efektif. Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa darah. Hiperglikemia, yang juga disebut peningkatan glukosa darah (gula darah) adalah efek umum dari diabetes yang tidak terkontrol, dan seiring waktu menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh, terutama saraf dan pembuluh darah.

Dengan ancaman yang begitu mengerikan, kamu harus menjaga kesehatan dan pola makan yang baik. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi daun insulin. Daun insulin dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes. Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa itu daun insulin, manfaat dan cara mengonsumsinya. Simak ulasan brilio.net tentang daun insulin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/7).

Apa itu daun insulin?

bDaun insulin dipercaya bisa atasi diabetes © 2024 berbagai sumber

foto: Pixabay.com

Daun insulin atau dikenal dengan Costus Igneus adalah tanaman obat yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes. Daun ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Daun insulin dianggap dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin dengan memperkuat sel beta pankreas yang ada di dalam tubuh.

Dalam penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Miura yang berjudul "Antidiabetic effect of Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray in KK-Ay diabetic mice.", diketahui ekstrak daun insulin memiliki sifat hipoglikemik (menurunkan gula darah) dalam studi laboratorium dan hewan. Sementara itu, penelitian Baroni et al. (2008) menerangkan daun insulin yang dikonsumsi dalam bentuk teh, dapat menurunkan glukosa darah dan meningkatkan jumlah insulin pada tikus diabetes.

Manfaat daun insulin.

Daun insulin dipercaya bisa atasi diabetes dari berbagai sumber

foto: Freepik.com

Daun insulin memiliki potensi manfaat untuk kesehatan, terutama pada pengelolaan diabetes. Adapun beberapa manfaat yang sering dikaitkan dengan daun insulin sebagai berikut:

- Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin.

Daun insulin mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan glukosa di usus, sehingga kadar gula darah tidak naik terlalu tinggi setelah makan. Melansir dari laman Umsu.ac.id, studi pendahuluan menunjukkan bahwa daun insulin dapat menstimulasi sekresi insulin dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Hal ini berpotensi bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah mereka.

- Menjaga kesehatan jantung.

Daun insulin dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan seratnya juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan.

- Antioksidan.

Daun insulin mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan ini bekerja dengan menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, dan mengurangi peradangan. Dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, daun insulin membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

- Anti inflamasi.

Selanjutnya daun insulin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat peradangan.

- Antibakteri.

Melansir dari jurnal Journal of Ethnopharmacology dengan judul "Chlorogenic acids from Tithonia diversifolia demonstrate better anti-inflammatory effect than indomethacin and its sesquiterpene lactones." menyatakan bahwa daun insulin mengandung senyawa Seskuiterpen lakton yang dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri. Sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang rentan terhadap infeksi bakteri devido al sistema inmunitario debilitado.

Cara mengonsumsi daun insulin.

Daun insulin dipercaya bisa atasi diabetes dari berbagai sumber

foto: Freepik.com

Cara mengonsumsi daun insulin adalah dengan menyeduhnya sebagai teh herbal, cukup 2-3 lembar daun segar atau kering direbus dalam air, kemudian disaring dan diminum seperti teh biasa. Selain itu, kamu bisa mengolahnya dengan cara membuat infusi dengan merendam daun kering dalam air panas selama beberapa menit. Bisa juga mengolahnya menjadi jus, dengan memblender daun segar bersama sedikit air dan menyaring campuran tersebut.