Brilio.net - Sejak zaman dulu, tak sedikit orang yang percaya khasiat blau untuk mengatasi gondongan. Blau sendiri merupakan zat padat yang berwarna biru tua yang berfungsi untuk membersihkan benda dari noda. Blau sering dipakai untuk membersihkan baju putih dan memberikan efek mencerahkan pada baju tersebut. Ada dua jenis blau yakni berbentuk serbuk dan padat. Bahan ini sebenarnya terbuat dari tepung soda (sodium citrate) dan tepung sagu (aci).

Untuk mengatasi penyakit gondongan, blau diberi sedikit air dan dioleskan pada leher. Blau dipercaya dapat menyembuhkan sakit gondongan. Benarkah faktanya demikian?

Menurut Dokter spesialis anak lulusan Universitas Gajah Mada dr. Fitria Mahrunnisa Sp.A, penggunaan blau untuk gondongan hanyalah mitos. Penyakit gondongan bisa sembuh dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh atau antibodi yang baik. Sebenarnya apa sih penyebab penyakit gondongan?

Gejala dan penyebab gondongan.

Fakta medis vs mitos khasiat blau untuk gondongan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari hopkinsmedicine.org penyakit gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus paramyxovirus. Virus ini menyerang kelenjar parotis dan menyebabkan pembengkakan di sekitar leher. Penyakit gondongan dapat terjadi pada masa kanak-kanak. Karakteristik penyakit ini menyebar melalui saluran pernapasan. Gondongan akan muncul setelah 2-3 minggu setelah terpapar virusnya.

Melansir childrenhospital.org, gelaja yang muncul pasca terpapar virus yakni demam, sakit kepala, menurunnya nafsu makan dan terasa tidak enak badan. Gejala ini juga bisa memburuk disertai sakit telinga, wajah, dan rasa sakit saat mengunyah. Rasa nyeri yang timbul di area wajah bisa terasa lebih sakit saat mengonsumsi makanan yang asam.

Setelah 2-3 minggu usai terpapar virus, pembengkakan di bagian leher maupun pipi bisa terjadi. Pembengkakan ini juga termasuk membesarnya kelenjar liur yang terletak di sisi wajah dekat bagian luar telinga.

Virus ini dapat terjadi dan menular dari satu anak ke anak yang lain melalui kontak langsung dari cairan hidung dan tenggorokan. Air yang keluar akibat bersin atau bercakap-cakap secara dekat dapat terhirup sehingga menyebabkan penularan.

Pengobatan gondongan.

Fakta medis vs mitos khasiat blau untuk gondongan freepik.com

foto: freepik.com

Umumnya, gondongan dapat dicegah dengan melakukan vaksin. Melansir dari nhs.uk, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit gondongan. Penyakit ini pada dasarnya bisa hilang dalam waktu 1 atau 2 minggu. Adapun perawatan yang digunakan untuk meringankan gejala gondongan sebagai berikut:

- Banyak istirahat dan minum.

- Menggunakan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan parasetamol atau aspirin dan tidak diperkenankan untuk digunakan kepada anak yang dibawah umur 16 tahun.

- Mengompres pembengkakan akibat gondongan dengan air hangat pada kelenjar agar membantu meredakan nyeri.

Penyakit gondongan bisa menyebabkan komplikasi yang parah jika infeksinya terus berlanjut. Komplikasi akibat gondongan ini perlu kamu waspadai karena berpotensi mengakibatkan penyakit yang lebih serius. Di antara penyakit tersebut yakni:

1. Meningitis.

Gejala yang ditimbulkan akibat komplikasi gondongan dapat menimbulkan gejala yang cukup serius. seperti tiba-tiba timbul rasa sakit yang parah di bagian atas perut, demam, panas dingin, muntah dan lemas.

2. Orkitis.

Orkitis adalah peradangan pada testis. Adapun gejala yang ditimbulkan seperti demam, panas dingin, sakit kepala, mual dan muntah, sakit perut, serta pembengkakan yang menyakitkan pada salah satu atau kedua testis.

3. Ooforitis.

Ooforitis adalah peradangan di ovarium pada wanita. Adapun gejala yang ditimbulkan seperti demam, sakit perut dan nyeri, mual dan muntah, dan nyeri di satu sisi area panggul atau keduanya.

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita gondongan.

Fakta medis vs mitos khasiat blau untuk gondongan freepik.com

foto: freepik.com

Ketika menderita penyakit gondongan, kamu harus memperhatikan pola makan agar tidak memperparah penyakit gondongan. Dilansir dari vinmec.com, makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita gondongan adalah sebagai berikut:

1. Makan-makanan yang lembut

Jika kamu tertular penyakit gondongan dan mengalami panas yang tinggi, tubuh akan kesulitan menyerap makanan yang keras. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut tapi masih mengandung nutrisi yang cukup. Seperti bubur, sup telur, dan lain sebagainya yang mudah terserap oleh tubuh.

2. Makanan kacang

Makanan seperti kacang-kacangan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kamu bisa membuat bubur kacang hijau yang kaya akan nutrisi bagi tubuhmu.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Ketika kamu menderita sakit gondokan, sistem pencernaan harus dijaga karena rentan.

Makanan yang harus dihindari penderita gondongan.

1. Makanan asam

Makanan asam sebaiknya dihindari oleh penderita gondongan karena dapat memproduksi air liur lebih banyak sehingga menyebabkan rahang membengkak dan menimbulkan rasa sakit.

2. Daging ayam

Daging ayam sangat dihindari oleh penderita gondongan karena makanan yang keras sehingga rahang harus lebih banyak mengunyah makanan. Mengunyah makanan yang keras dapat menyebabkan rasa sakit terjadi.