Brilio.net - Tahukah kamu kalau buah berry itu nggak hanya strawberry atau blueberry? Si buah berukuran kecil ini ternyata ada sangat banyak sekali jenisnya, termasuk elderberry. Ssst, beda dengan saudaranya yang lain, ternyata elderberry punya khasiat yang bisa mengusir flu, batuk, dan menambah imun. Nah, selain itu, ternyata banyak banget manfaatnya, loh.

Kenalan dulu yuk dengan buah mini yang ajaib ini!

Hampir mirip dengan blackberry, elderberry memiliki warna ungu kehitaman yang tumbuh pada pohon atau semak elder. Buah yang berukuran kecil ini banyak tumbuh di Eropa dan Amerika. Buah elderberry kerap digunakan sebagai obat tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Di Jerman, buah elderberry disuguhkan dalam bentuk teh jika seseorang mulai terkena pilek dan batuk.

Walau berukuran kecil, namun buah ini memiliki segudang manfaat buat tubuh, lho, Melansir dari Departemen Agrikultur Amerika (USDA) satu cangkir elderberry kaya akan kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, dan lainnya.

Lalu, kira-kira apa aja sih, manfaat dari buah yang berukuran kecil ini? Yuk simak rangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (27/6).

1. Obat pilek dan flu

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

Sejak dulu, jus elderberry kerap digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai obat rumahan dalam mengatasi pilek dan flu. Terlebih, satu cangkir elderberry juga kaya akan kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, dan lainnya. Bye-bye flu dan batuk!

2. Pereda nyeri

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Selain antrakuinon, elderberry juga mengandung antosianin yang dipercaya mampu mengurangi peradangan. Senyawa ini mampu memberi respons terhadap cedera atau penyakit. Tak heran kan, kalau kamu mungkin pernah menemukan obat sakit gigi, atau nyeri yang berasal dari elderberry.

3. Mengurangi lemak dalam darah

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

Tak hanya baik untuk jantung, buah elderberry juga dipercaya mampu menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh. Beberapa menyebut, mengonsumsi buah elderberry yang telah diolah menjadi teh atau minuman baik untuk penderita diabetes.

4. Mengurangi stress

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Buah elderberry juga dapat membantu mengontrol stress. Pasalnya, elderberry mampu mengatur gula darah sehingga kortisol atau hormon stress pun dapat diseimbangkan. Pejuang lembur perlu banget, nih.

5. Baik untuk daya tahan tubuh

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

foto: shutterstock.com

Elderberry adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C ini menjadi komponen terpenting bagi sistem kekebalan tubuh. Seperti diketahui, vitamin C dapat menunjang kerja sistem imun untuk melawan berbagai penyakit. Terlebih, vitamin C sangat penting bagi para pejuang lembur yang rentan terkena berbagai penyakit. Maklum, daya tahan tubuh pasti menurun setelah seharian penuh bekerja.

Si buah mini ini memang sangat ajaib. Kandungannya sangat baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Selain jadi pengusir flu dan batuk, elderberry bisa jadi pereda nyeri, mengurangi lemak dalam darah, menurunkan stress, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh. Mujarab banget kan  buat pejuang lembur?

Manfaat buah elderberry © 2024 brilio.net

foto: Amunizer

Nah, jika kamu sedang mencari produk yang memiliki kandungan Elderberry, Amunizer bisa kamu coba nih. Amunizer adalah suplemen yang memiliki kandungan ekstrak Elderberry, Zinc, vit C 1000 mg, dan herbal lengkap seperti Forsythia, Lonicera dan Phyllanthus untuk bantu jaga daya tahan tubuh. 

Amunizer juga bisa kamu konsumsi saat merasa tidak enak badan, merasa greges akibat kehujanan dan kedinginan, kurang tidur, stress dan lainnya. Sebelum sakit semakin parah, yuk minum Amunizer biar #TubuhFitGregesPamit. 

Amunizer mudah untuk kamu dapatkan di minimarket terdekat seperti Alfamart, Indomaret ataupun online.

Adv.