Brilio.net - Acap kali bercermin, apa sih yang dicari?

Kebanyakan pasti akan mencari jerawat, komedo, atau bekas kehitaman. Maklum, penampilan memang harus selalu dijaga. Banyak sekali produk kecantikan atau make-up yang bisa ‘menghapus’ atau menyamarkan cela yang ada di wajah. Di balik cela tersebut, ternyata ada tanda tersembunyi yang mengungkap kesehatan jantung, loh.

Yup, tahukah kamu bahwa beberapa perubahan sederhana pada wajah bisa mengungkapkan kondisi kesehatan jantung? Anak muda waspada, tanda-tanda ini bisa terlihat dari dini, loh.

Terlebih bagi mereka yang mempunyai gaya hidup sedentari. Gaya hidup ini identik dengan mereka yang jarang bergerak dan olahraga. Bahayanya, banyak penyakit seperti masalah gagal jantung yang dulunya identik dengan usia lanjut, kini banyak dialami anak muda.

Nah rupanya beberapa tanda-tanda masalah jantung bisa dilihat dari wajah. Penasaran apa saja tandanya? Berikut ulasannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/7).

1. Deposit lemak kekuningan di sekitar mata.

tanda bahaya di wajah ini ungkap kesehatan jantungmu © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Salah satu tanda yang dapat digunakan sebagai penanda penyakit jantung adalah munculnya bintik-bintik lemak kekuningan di sekitar mata, terutama di kelopak mata. Deposit lemak kekuningan ini dikenal dengan nama xanthelasma. Nah, xanthelasma bisa mengindikasikan kadar kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Biasanya kolesterol berlebih dalam darah dapat mengendap di berbagai bagian tubuh, termasuk di sekitar mata. Penumpukan kolesterol di pembuluh darah ini juga bisa menyebabkan pengerasan arteri (aterosklerosis).

2. Garis rambut surut dan terjadi kebotakan.

tanda bahaya di wajah ini ungkap kesehatan jantungmu © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Tanda bahaya selanjutnya yang perlu kamu waspadai yakni garis rambut surut dan terjadi kebotakan. Hal tersebut jadi penanda risiko penyakit jantung, terutama pada pria dengan faktor risiko lain seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Beberapa studi menunjukkan adanya korelasi antara kebotakan pria, terutama kebotakan di bagian atas kepala (vertex baldness), dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Semakin parah kebotakan, semakin tinggi pula kemungkinan risikonya.

3. Warna kulit pucat atau kebiruan.

tanda bahaya di wajah ini ungkap kesehatan jantungmu © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Warna kulit pucat atau kebiruan, terutama di sekitar bibir dan pipi bisa mengindikasikan kurangnya oksigen dalam darah. Namun perlu dibedakan ya pucat karena kelelahan atau anemia biasanya tidak disertai kebiruan. Sementara, pucat karena masalah jantung cenderung lebih menyeluruh dan bisa disertai gejala lain, seperti sesak napas, pusing atau pingsan, dan detak jantung cepat atau tidak teratur.

Hal ini bisa jadi karena masalah sirkulasi atau fungsi jantung yang tidak optimal. Jantung tidak mampu memompa peredaran darah secara efektif. Akibatnya, aliran darah tidak lancar dan berpotensi menjadi sumber penyakit jantung.

Untuk mencegahnya, kamu bisa memelihara tubuh dan membantu sirkulasi darah dengan mengonsumsi Sido Muncul Natural Lingzhi. Produk ini dapat menjadi solusi alami untuk menjaga kesehatan jantung yang terbuat dari 100% jamur Lingzhi berkualitas yang kaya antioksidan yang telah memenuhi standar bahan baku yang baik. Tak hanya itu, suplemen herbal ini juga menggunakan cangkang alami (vegetable capsules), loh.

LINGZHI LINGZHI

Foto: Sido Muncul

Manfaatnya tak berhenti untuk jantung saja, loh. Selain itu, ia juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, melawan penuaan dan kanker. Pasalnya, senyawa yang terkandung dalam jamur Lingzhi dapat membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan infeksi, sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

Jamur ini juga bermanfaat untuk antikanker, kontrol gula darah untuk mengatasi diabetes, sebagai antipenuaan. Bahkan secara tradisional dan sains sudah terbukti membantu sirkulasi darah dan berfungsi sebagai pengatur gula darah. Kamu bisa mengonsumsinya 1 kapsul 2-3 x sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Yuk pelajari lebih lanjut dan buktikan khasiatnya sekarang. Sido Muncul Natural Lingzhi bisa didapatkan di apotek terdekat atau secara online di www.sidomunculstore.com dan Sido Muncul Official Store di marketplace favoritmu!

4. Berkeringat berlebihan di area wajah (tanda serangan jantung).

tanda bahaya di wajah ini ungkap kesehatan jantungmu © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Sebagian orang mungkin biasa berkeringat di area wajah. Namun perlu kamu waspadai, pasalnya jika kamu berkeringat berlebihan di area wajah itu bisa jadi tanda serangan jantung, lho. Terutama jika terjadi tiba-tiba dan disertai gejala lain seperti nyeri dada.

Ciri-cirinya berkeringat lebih dari biasanya, terutama tanpa sebab yang jelas,  keringat dingin yang tiba-tiba, dan sering disertai dengan rasa tidak nyaman atau cemas. Tanda tersebut muncul lantaran respon stres tubuh terhadap nyeri atau ketidaknyamanan akibat serangan jantung. Serta aktivasi sistem saraf simpatis yang memicu produksi keringat berlebih.

5. Wajah memerah tak normal (indikasi tekanan darah tinggi).

tanda bahaya di wajah ini ungkap kesehatan jantungmu © 2024 brilio.net

Foto: shutterstock.com

Wajah merah biasanya identik dengan marah atau stres. Namun jika wajah memerah tak normal bisa menandakan tekanan darah kamu lebih tinggi dari biasanya, lho. Tekanan darah tinggi ini bisa menyebabkan pembuluh darah wajah melebar. Nah, aliran darah yang meningkat ke wajah ini menyebabkan warna kemerahan.

Tanda memerah tak normal ini karakteristiknya yakni warna merah yang lebih intens dari biasanya. Kemudian bisa terjadi di seluruh wajah atau area tertentu seperti pipi, serta mungkin terasa hangat saat disentuh.

Adv