Brilio.net - Olahraga menjadi rutinitas yang wajib dilakukan untuk menghadapi dan menghalau penyakit, terutama di musim pancaroba. Di peralihan musim ini, banyak penyakit yang mudah berkembang dan menular, entah disebabkan oleh virus maupun bakteri. Tanpa kekebalan tubuh yang prima, tubuh akan mudah tertular penyakit. Nah, kekebalan tubuh yang baik ini bisa datang dari rutinitas menjaga kesehatan yang baik.

Menjaga daya tahan tubuh dapat meminimalisir risiko tertular penyakit seperti flu atau batuk di musim pancaroba. Selain olahraga, tentunya menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat bisa membantu metabolisme tubuh berlangsung lebih baik. Pola hidup yang sehat juga bisa melancarkan sirkulasi sel darah putih yang merupakan antibodi alami dari tubuh. Sel darah putih sangat penting bagi sistem imun yang berfungsi melawan patogen.

Melansir dari health.harvard.edu, pola hidup sehat dan rutinitas olahraga yang baik dalam jangka pendek dapat meningkatkan kualitas tidur dan mood menjadi lebih baik. Sedangkan efek jangka panjangnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, demensia, depresi, dan masih banyak lagi.

Melansir dari Harvard Health Publishing, sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidak banyak bergerak memiliki kemungkinan 44 persen lebih besar mengalami depresi. Penelitian lain juga menemukan bahwa penderita depresi ringan hingga sedang bisa teratasi dengan berolahraga selama 90 menit setiap minggu. Hal ini terjadi karena ada pelepasan bahan kimia otak seperti serotonin dan dopamin, yang membantu meningkatkan suasana hati dan melawan stres.

Selain berolahraga, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara lain seperti:

1. Perbanyak makan buah dan sayur

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Mengonsumsi buah dan sayur adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena keduanya mengandung berbagai nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. Buah-buahan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ketika musim pancaroba seperti jeruk, kiwi, dan berry. Buah tersebut kaya akan vitamin C yang menjadi antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas dan memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Selain itu, sayuran seperti brokoli, bayam, dan kale yang mengandung vitamin A, C, dan E serta mineral yang berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh. Buah dan sayur juga menjadi sumber fitokimia dan senyawa bioaktif yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba.

2. Perbanyak konsumsi air putih

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Memperbanyak konsumsi air putih sangat penting untuk musim pancaroba karena dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Air putih juga dapat menghidrasi tubuh ditengah musim pancaroba. Air putih berperan sebagai pelarut alami yang membantu tubuh dalam proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan sisa metabolisme. Selain itu, air juga diperlukan untuk menjaga suhu tubuh yang optimal, mengingat cuaca yang sering kali berubah-ubah di musim pancaroba.

Perlu diketahui bahwa kekurangan cairan dapat meningkatkan resiko dehidrasi yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan, dan menurunkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh.

3. Mengonsumsi suplemen vitamin

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Suplemen seperti vitamin c, vitamin D, atau probiotik dapat menjadi opsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Suplemen ini dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh kamu terutama saat merasa rentan atau dalam kondisi stres sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit.

 

4. Gunakan masker

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Musim pancaroba seringkali diwarnai dengan peningkatan partikel debu halus dan polusi udara. Disaat seperti ini, penting sekali menggunakan masker sebagai penyaring partikel-partikel halus untuk tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Masker juga membantu melindungi kamu dari penyebaran infeksi saluran pernapasan, terutama penyakit seperti flu. Masker juga bisa melindungi kamu dari serangan virus-virus berbahaya yang masuk dari saluran pernapasan.

5. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi kunci yang sangat penting bagi kesehatan di musim pancaroba. Kamu bisa mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir menjadi langkah yang efektif menjaga kamu dari penyebaran penyakit. Selain itu, kamu bisa membuang sampah dengan benar dan memastikan area sekitar rumah atau tempat tinggal tetap dalam keadaan yang bersih sehingga kamu dan keluarga terhindar dari penyakit.

6. Berjemur

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Berjemur mejadi solusi yang paling mudah untuk kamu lakukan untuk menghadapi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa berjemur di jam 7-9 pagi. Sinar matahari menghasilkan vitamin D dari sinar ultraviolet - B (UVB) yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Perlu diketahui bahwa vitamin D yang didapat dari matahari lebih baik ketimbang makanan.

7. Tidur cukup dan teratur

7 cara tingkatkan daya tahan tubuh untuk hadapi musim pancaroba freepik.com

foto: freepik.com

Tidur yang cukup memang bermanfaat bagi tubuh. Namun tidur yang cukup tidaklah cukup, kamu harus menerapkan tidur yang teratur untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur yang larut atau begadang dapat mengganggu sistem imunitas di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi mudah terserang virus dan mudah sakit.