Brilio.net - Gagal ginjal merupakan kondisi terjadinya penurunan fungsi ginjal dalam menyaring limbah sisa metabolisme tubuh dalam darah dan membuangnya melalui urine. Ketika terjadi penurunan fungsi ginjal, maka kadar racun dan cairan berbahaya yang mengendap dalam tubuh bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Melansir dari Data Riset kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2018, terdapat sebanyak 739.208 orang atau sekitar 3,8 persen masyarakat Indonesia mengalami penyakit ginjal kronis. Jumlah ini terus meningkat sejak 2013 sebesar 2 permil menjadi 3,8 permil. Selain itu, angka kematian akibat penyakit ginjal kronis di Indonesia mencapai lebih dari 42 ribu jiwa.

Menelisik angka tersebut, menunjukkan cukup banyak orang Indonesia yang menderita penyakit ini. Penyakit gagal ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan makan dan minum yang sembarangan, tekanan darah tinggi, diabetes, kebiasaan merokok hingga riwayat genetik. Ketika terdiagnosis mengidap penyakit ini, maka kamu perlu menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Untuk lebih menjaga kondisi ginjal, berikut ini 6 minuman sederhana yang baik untuk penderita gagal ginjal, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (28/6).

Minuman yang baik dikonsumsi penderita gagal ginjal.

minuman yang baik untuk penderita gagal ginjal © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

1. Teh herbal dan teh hijau.

Selain rutin minum air putih, minuman yang direkomendasikan untuk penderita gagal ginjal adalah teh herbal dan teh hijau. Menyadur dari Patiala Heart Institute, kedua jenis minuman ini baik untuk kesehatan ginjal. Teh herbal seperti peppermint, kamomil, dan jahe berguna untuk menghidrasi sekaligus meningkatkan fungsi ginjal.

Semantara teh hijau, kaya akan antioksidan yang berguna untuk kesehatan ginjal serta mengurangi risiko batu ginjal. Senyawa Epigallocatechin-3-gallate, yang ditemukan dalam teh hijau bermanfaat bagi kesehatan ginjal serta dapat membantu mengurangi toksisitas glukosa pasien diabetes.

2. Smoothie rendah gula.

Smoothie buah dan sayuran, minuman yang baik dikonsumsi penderita gagal ginjal. Bagaimana tidak, smoothie dari sayur dan buah mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan fungsi ginjal. Buah yang direkomendasikan adalah apel, alpukat, stroberi, cranberry, blueberry, nanas, wortel, kacang-kacangan, dan mentimun.

Smoothie ini kaya akan vitamin, mineral, namun rendah potasium dan fosfor. Kandungan potasium dan fosfor tidak baik untuk penderita gagal ginjal, jadi perlu hati-hati dalam memilih jenis buah dan sayur yang dikonsumsi. Ingat, hindari smoothie dari pisang, sebab buah ini kaya akan potasium.

3. Air lemon.

Air lemon merupakan jenis minuman yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan ini baik untuk meningkatkan fungsi ginjal. Lemon juga memiliki sifat diuretik alami yang membantu meningkatkan produksi urine serta membantu membersihkan ginjal dari racun dan bakteri. Tak sampai situ, lemon juga mempunyai kandungan asam sitrat yang mampu mencegah terbentuknya batu ginjal.

4. Jus cranberry.

Minuman yang baik untuk penderita gagal ginjal selanjutnya ada jus cranberry. Jus ini ternyata memiliki kandungan asam nitrat yang bisa membantu mencegah batu ginjal serta menghambat kristalisasi kalsium dalam urine.

Nggak kalah penting, jus cranberry juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Kemudian, ada juga kandungan kalsium oksalat yang bisa membersihkan ginjal.

5. Jus buah delima.

Berikutnya ada buah delima, jus ini diperkaya dengan antioksidan tinggi yang dikenal dengan nama punicalagin. Kandungan senyawa ini terbukti memiliki efek melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, sifat antioksidan buah delima juga membantu mengurangi risiko penyakit ginjal. Pasalnya, buah delima mengandung kalium yang efektif menghilangkan batu ginjal.

Fungsi kalium ini ternyata bisa menurunkan keasaman pada urine, membatasi kristalisasi mineral dalam tubuh, hingga bantu mengeluarkan racun maupun kotoran dari ginjal.

6. Rebusan kunyit.

Rempah satu ini juga nggak kalah banyak manfaatnya. Kunyit mengandung antioksidan yang bisa melawan inflamasi. Konsumsi kunyit secara rutin dinilai mampu menghilangkan peradangan akibat penyakit ginjal kronis.

Selain itu, kunyit juga mampu menurunkan tekanan darah penyebab risiko penyakit ginjal. Untuk konsumsi minuman ini, kamu bisa membuat rebusan kunyit seperti biasa atau campurkan dengan teh.

Ciri-ciri penyakit gagal ginjal.

minuman yang baik untuk penderita gagal ginjal © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Jika terdiagnosa mengalami penyakit ini, di fase awal pengidap gagal ginjal biasanya tidak merasakan gejala apapun dan hanya bisa terdeteksi melalui uji laboratorium. Akan tetapi jika perkembangan semakin cepat bisa menimbulkan beberapa gejala, di antaranya:

1. Nyeri punggung.

2. Mual disertai muntah.

3. Sakit pada bagian dada.

4. Sakit perut.

5. Sering merasa linglung.

6. Alami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

7. Dehidrasi.

8. Mudah merasa lelah.

9. Adanya penumpukan cairan sehingga tubuh tampak membengkak (ederma).

10. Produksi urine berkurang.

11. Mengalami gangguan tidur.

Jenis dan penyebab gagal ginjal.

minuman yang baik untuk penderita gagal ginjal © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Penyakit gagal ginjal terdiri dari dua jenis, yakni gagal ginjal akut dan kronis. Gagal ginjal akut bisa terjadi secara tiba-tiba dan berkembang secara cepat, sedangkan gagal ginjal kronis berkembang secara perlahan dan dalam jangka waktu yang panjang atau 3 bulan lebih sehingga mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen.

- Penyebab gagal ginjal akut.

1. Memiliki luka bakar parah.

2. Berkurangnya aliran darah ke ginjal akibat perdarahan, dehidrasi, atau syok.

3. Infeksi parah, misalnya sepsis.

4. Cedera pada ginjal.

5. Alergi parah atau anafilaksis.

6. Riwayat penyakit lain seperti penyakit jantung, gagal hati, batu ginjal, infeksi, ataupun kanker ginjal.

- Penyebab gagal ginjal kronis.

1. Terdiagnosis penyakit diabetes.

2. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

3. Gangguan prostat.

4. Kelebihan berat badan.

5. Kebiasaan merokok.

6. Mengalami penyakit ginjal.

7. Punya penyakit autoimun.

8. Punya riwayat penyakit ginjal secara genetik.

Cara mencegah gagal ginjal.

minuman yang baik untuk penderita gagal ginjal © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Jika sudah terdiagnosis, penyakit ini tidak bisa disembuhkan kecuali melakukan operasi cangkok ginjal. Oleh karena itu, kamu perlu mencegah sebelum menderita penyakit ini.

1. Jika mengalami gangguan ginjal maka sebaiknya periksa ke dokter. Jangan menunda.

2. Rutin medical check up.

3. Menjaga pola hidup sehat, dimulai dari makan yang sehat hingga lakukan olahraga.

4. Usahakan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Berhenti merokok.