Brilio.net - Penyakit jantung merupakan kondisi medis atau gangguan yang terjadi di beberapa bagian jantung seperti gangguan di pembuluh darah jantung, selaput jantung, katup jantung, dan otot jantung. Penyakit ini bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya ada penyumbatan  pada pembuluh darah jantung, peradangan, infeksi, atau kelainan bawaan.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemkes.go.id) penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Terutama menyerang kelompok usia produktif. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ada lebih dari 17 juta orang di dunia yang meninggal karena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sedangkan di Indonesia pada tahun 2022 penyakit akibat Kardiovaskular bisa mencapai 651.481 penduduk per tahun, diantaranya penyakit jantung koroner ada 245.343 kematian, penyakit jantung hipertensi 50.620 kematian, dan stroke 331.345 kematian.

Lebih jauh berdasarkan data BPJS pada November 2022, menunjukkan biaya pelayanan kesehatan untuk penyakit jantung dan pembuluh darah bisa menghabiskan separuh dari total biaya, ditaksir sebesar Rp 10,9 triliun dengan jumlah kasus 13.972.050. Menelisik data tersebut, dapat dilihat bahwa penyakit jantung memang sangat mematikan dan mengintai siapa saja.

Oleh karena itu, untuk melakukan langkah pencegahan terhadap risiko penyakit jantung maka kamu perlu mengetahui cara mengecek jantung dengan mudah. Harapannya, cara ini bisa membantu kamu untuk lebih peduli pada kesehatan tubuh termasuk jantung. Lantas seperti apa caranya?

Berikut ulasan lengkap tentang cara mengecek kesehatan jantung sendiri dengan mudah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/6).

Cara mengecek kesehatan jantung sendiri dengan mudah.

cara mengecek kesehatan jatung sendiri dengan mudah © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengecek kesehatan jantung secara akurat biasanya melalui medical check up ke fasilitas kesehatan. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk menelisik apakah jantung kamu sehat atau tidak, adapun cara mengecek kesehatan jantung meliputi:

1. Periksa detak jantung dengan meraba nadi sendiri.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek kesehatan jantung yakni dengan MENARI atau meraba nadi sendiri. Menyadur dari laman Antara News, cara ini diungkapkan oleh Guru Besar Aritmia Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr dr Yoga Yuniadi, Sp.JP(K) menyebut, MENARI atau Meraba Nadi Sendiri bisa dilakukan oleh individu untuk mendeteksi kemungkinan gangguan irama jantung.

Langkah yang bisa dilakukan yaitu kamu bisa memakai jari telunjuk dan jari tengah untuk menemukan nadi pada pergelangan tangan bagian dalam. Kemudian rasakan detak jantung kamu teratur atau tidak, seberapa cepat detaknya.

Hitunglah jumlah ketukan yang kamu rasakan setiap 10 detik. Selanjutnya kalikan jumlahnya enam kali untuk mendapatkan detak jantung per menit (beat per minute/bpm).

Umumnya, jantung yang sehat memiliki detak sekitar 6-100 bpm. Jika melebihi angkat tersebut dimungkinkan kamu memiliki masalah pada irama jantung. Bila terjadi demikian segeralah cek kesehatan jantung di layanan kesehatan terdekat.

2. Menakar energi tubuh.

Cara selanjutnya, kamu bisa memeriksa kondisi jantung bermasalah atau tidak dengan melakukan pekerjaan berat. Apabila kamu tidak kuat melakukan pekerjaan berat, mungkin saja kesehatan jantung kamu menurun. Orang dengan jantung yang sehat rata-rata memiliki energi yang cukup sehingga tidak mudah kelelahan.

3. Cek kesehatan mulut.

Kesehatan mulut cukup berkorelasi dengan kesehatan jantung. Pasalnya bakteri mulut dapat memasuki aliran darah sehingga menyebabkan peradangan arteri dan penumpukan plak.

Nah, ketika terjadi infeksi gusi karena bakteri yang ditandai dengan gusi sakit sekaligus berdarah bisa menjadi tanda awal penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi supaya menurunkan risiko penyakit jantung.

4.  Nggak mudah sesak napas.

Umumnya orang yang sering kesulitan bernapas bisa jadi memiliki risiko pada penyakit jantung. Untuk mengecek-nya kamu bisa mencoba naik turun tangga, berlari normal atau mendaki jalan terjal. Orang yang memiliki kondisi jantung sehat biasanya terbebas dari sesak napas meski kadang tetap tersengal-sengal saat bernapas.

5. Nggak mudah nyeri dada.

Apabila kamu merasa nyeri di dada sebelah kiri bisa jadi menunjukkan gejala awal jantung mu bermasalah. Terlebih nyeri yang dirasakan sering muncul. Akan tetapi jika tidak pernah atau jarang merasa sakit di bagian tersebut kondisi jantung kamu masih normal saja.

6. Cek kesehatan kuku.

Walau sepele tapi jangan pernah diremehkan ya, kuku jadi salah satu indikator untuk mengecek kesehatan jantung. Jika warna kuku cenderung keunguan bisa menunjukkan adanya masalah jantung. Orang normal biasanya memiliki kuku berwarna kemerahan dan cerah.

Tips merawat kesehatan jantung.

cara mengecek kesehatan jatung sendiri dengan mudah © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Daripada terlanjur terkena penyakit jantung, sebaiknya perlu merawat kesehatan jantung. Caranya pun cukup mudah dan nggak mahal, hanya butuh konsisten untuk melakukan hal ini, meliputi:

1. Rutin olahraga setiap hari, minimal 30 menit. Atau paling tidak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang. Misalnya makan sayur, buah-buahan, dan hindari makanan junk food.

3. Berhenti merokok.

4. Atur stres dengan baik. Misalnya lakukan teknik relaksasi, jurnal pribadi, atau sekadar jalan-jalan di alam. Cara ini mampu membuat kamu merasa rileks sehingga dapat menyembuhkan diri dari tekanan yang ada.

5. Jauhi minuman beralkohol.