Brilio.net - Nggak hanya penyanyi saja, dalam proses pembuatan sebuah lagu, banyak orang yang terlibat di dalamnya, salah satunya adalah produser. Peran seorang produser memang menaruh peranan penting sehingga sebuah lagu tersebut dapat tersaji dengan apik. Salah satu sosok produser asal Indonesia adalah David Elsandro.

Ia telah berkarier di dunia musik sejak beberapa tahun ke belakang. David mengaku menjadi seorang music producer merupakan sebuah privilege, karena bisa melihat dan ikut andil dalam perjuangan serta perjalanan karier seorang musisi.

“Gue juga jadi terus secara otomatis untuk ikut belajar jadi lebih peka terhadap jenis musik yang berbeda-beda genre begitu juga dengan karakter penyanyi yang berbeda-beda,” kata David dikutip brilio.net dari keterangan press release, Rabu (17/7).

Berkisah mengenai awal mula benar-benar terjun sebagai seorang produser sebenarnya sangat menarik bagi David karena pada awalnya dia juga tidak menyangka akan ‘digiring’ untuk berkarier di ranah produser musik. Saat terjun ke dunia musik, David sebenarnya bermimpi untuk menjadi seorang drummer session player karena dirinya memiliki basic bermain drum. Namun, karena beberapa kali dipercaya oleh teman-temannya untuk memproduksi musik, maka ia melanjutkan peran tersebut.

David Elsandro © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@davidelsandro

“Ya, kalau dibilang secara religius, Tuhan itu seperti menggiring gue untuk jadi seorang music producer karena gue merasa suka saja bikin sesuatu dan mengulik sesuatu dari sebuah musik,” lanjutnya.

Menurut David, hal yang perlu dikuasai oleh seorang produser sebenarnya bukanlah sesuatu yang sangat technical. Dia merasa, seorang produser musik harus mengonsumsi banyak lagu sehingga dapat membayangkan bagaimana proses pembuatan dari awal hingga lagunya rampung sekaligus dapat menelaah mengapa penyanyi tersebut dapat cocok untuk membawakan lagu tersebut.

“Selain itu, produser juga bisa berkomunikasi dengan baik juga percaya diri, sih. Karena tidak akan ada penyanyi yang berhasil tanpa adanya music produser dan penulis lagu yang berjuang sebegitunya di belakang sang penyanyi.” ujarnya.

Sejauh ini, sudah banyak sekali nama musisi yang mempercayai David sebagai Music Producer untuk karya-karya mereka. Seperti Aruma, Arash Buana, FAV (Aldo, Mahen, Fredo, Wendra), Luthfi Aulia, Awdella, Suara Kayu, hingga Fiersa Besari. Kini, David juga tengah mengerjakan beberapa project besar di antaranya album baru Suara Kayu, Album anak kecil jebolan Indonesia’s Got Talent bernama Laura Geraldine, album Awdella dan masih banyak lagi.

David Elsandro © 2024 brilio.net

foto: Instagram/@davidelsandro

Bahkan untuk menunjukkan keseriusannya di industri musik Indonesia, David kini telah mendirikan sebuah music production yang bernama LDR (Lihat Dengar Rasakan) yang diharapkan menjadi wadah musisi-musisi untuk dapat terus merilis karya-karya terbaik mereka. Berbicara tentang musik Indonesia, David berharap industri musiknya untuk menjadi lebih baik ke depannya.

“Gue berharap para produser dan penulis lagu bisa mendapatkan sistem yang jauh lebih baik dan efektif untuk mendapatkan hak mereka. Selain itu, dari segi attitude para penyanyi untuk dapat lebih menghargai para produser yang sejak awal jadi orang di belakang layar dan yang mendukung mereka karena gue percaya kalau rasa saling menghargai itu sering dilakukan, akan banyak music producer yang lebih sejahtera hidupnya,” tutup David.