Sama seperti Sri, Farchan Rodli yang tampak sedang menunggu keponakannya bermain mengaku sangat senang bisa menemukan konser yang ramah anak. “Kebetulan di sini tuh nggak boleh ngerokok ya padahal saya ngerokok tapi nggak papa kayak gini kan sekali seumur hidup maksudnya nggak tahu kapan bisa ada lagi kan,” ucap Farchan.

Menengok Prambanan Jazz Festival 2023 © 2023 brilio.net

Menengok Prambanan Jazz Festival 2023
© 2023 brilio.net/Farika Maula

“Ini acaranya seru banget karena nggak terlalu padat fasilitasnya memadai apalagi toiletnya banyak. Jadi kekhawatiran untuk bawa keponakan nggak terlalu besar. Lagi pula panggung sama tempat bermain anaknya ini cukup jauh ya. Jadi saya nggak khawatir keponakan saya kebisingan,” lanjut Farchan.

Sementara pengunjung lain, Ratna mengaku khawatir kalau harus membawa anaknya ke konser. Namun, ia berpikir sudah sangat lama menahan diri untuk datang ke konser setelah menikah. Saat tahu di Prambanan Jazz Festival 2023 ada area anak, Ratna langsung dengan cepat memesan tiket untuk nonton konser. Ia berharap Prambanan Jazz Festival 2023 ini bisa jadi percontohan untuk festival musik lainnya yang bisa menyediakan area untuk anak.

“Awalnya khawatir, ya entah itu karena ramai terus ribet nonton konser sambil gendong anak belum lagi nanti kalau anaknya tantrum kan. Tapi saat tahu ada tempat khusus bermain anak, kok ada secercah harapan. Dari dulu pengin banget ada konser-konser begini,” kata Ratna.

“Adanya area ini saya jadi berani bawa anak. Kayaknya festival-festival lain harus mencontoh Prambanan Jazz Festival ini yang menyediakan area untuk anak,” tutur Ratna.

Menengok Prambanan Jazz Festival 2023 © 2023 brilio.net

Menengok Prambanan Jazz Festival 2023
© 2023 brilio.net/Farika Maula

Selain tempat bermain yang menyenangkan untuk anak-anak, Prambanan Jazz Festival 2022 ini juga menyediakan ruang laktasi dengan segala fasilitasnya. Bagi pengunjung yang perlu privasi untuk menyusui anaknya, bisa datang ke ruangan ini. Semua fasilitas untuk anak-anak ini tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat memanfaatkan semua yang telah disediakan, selagi mengantongi tiket yang telah dibeli.