Brilio.net - Setelah merilis dua single yang mengejutkan, "The Other Side" dan "Balter Baby," Phum Viphurit kini menghadirkan karya penuh dari proyek terbarunya yang berani, *PAUL VIBHAVADI VOL. 1*. Album mini yang dirilis pada 17 Oktober 2024 di berbagai platform musik digital ini menampilkan kreativitas dan keunikan penyanyi sekaligus penulis lagu asal Bangkok tersebut.

Dalam album mini berisi empat lagu ini, Phum membawa kisah tentang Paul Vibhavadi, kungkang dwibahasa tercepat di dunia yang sedang mencari ketenangan.

Konsep PAUL VIBHAVADI VOL. 1 berawal dari keinginan Phum untuk melebarkan batasan- batasan musiknya, yang kemudian membawa lulusan sekolah perfilman berusia 29 tahun itu ke jalur-jalur kreatif lain dalam penulisan lagu.

“Saya sudah lama menyukai house music awal 2000- an dan ingin menggabungkan permainan gitar saya ke musik dengan BPM seperti itu. Saat punya ide untuk membuat empat lagu ini, saya langsung kepikiran memakai alter ego,” katanya.

Saat menentukan nama dan tokoh alter egonya, Phum tak perlu mencari jauh-jauh. “Kungkang telah menjadi logo saya selama dua tahun terakhir, dan ada sesuatu pada dirinya yang menenangkan dan sesuai kepribadian saya sendiri. Nama Paul Vibhavadi itu berasal dari inisial nama saya, Phum Viphurit/Paul Vibhavadi. Vibhavadi adalah nama jalan yang cukup terkenal di Bangkok, dan Paul adalah nama yang saya pakai ketika sedang bermain FIFA atau NBA 2K. Saat saya membuat tokoh untuk gim olahraga, namanya selalu Paul Vibhavadi. Jadi kenapa tidak?,” ungkapnya.

Walau album mini PAUL VIBHAVADI VOL. 1 adalah kisah tokoh fiktif, Phum masih menemukan adanya kemiripan dengan kehidupannya sendiri.

“Saya mengobrol dengan seorang teman seniman tentang proyek ini, dan ia berkata, ‘Kadang-kadang kalau memakai topeng, di saat itulah karya kita menjadi yang terjujur.’ Karena itu cuma ada saringan fisik, dan di balik itu kita bisa mengungkapkan begitu banyak hal karena itu adalah pikiran dan ekspresi kita yang paling jujur dan murni,” kata Phum.

Kontras antara pendekatan yang ringan terhadap tema lirik yang dalam inilah yang menjadikan PAUL VIBHAVADI VOL. 1 sebuah proyek spesial dari artis yang tak kalah spesial. Namun Phum Viphruit – yang belakangan ini gemar memakai kostum lengkap Paul Vibhavadi di unggahan Instagram maupun video musiknya – ingin menekankan aspek serunya. “Secara keseluruhan ini sangat seru. Topiknya memang intens jika ditelaah sedalam itu, namun saya sangat senang menggarap tokoh dan proyek ini,” tutupnya.