Brilio.net - Sukses menggelar konser bertajuk Reality Club Presents...The Show di Jakarta pada 2023 lalu, kuartet indie rock Reality Club bakal menggelar konser serupa bertajuk Reality Club Presents…Indonesia Tour di lima kota, dimulai dari Semarang pada 6 Oktober 2024, Bandung (12 Oktober), Yogyakarta (19 Oktober), Surabaya (2 November), dan tur ditutup di Makassar pada 11 November.    

Pada Reality Club Presents…Indonesia Tour yang diselenggarakan Katarsis Live sebagai promotor, band yang digawangi Fathia Izzati (vokal, kibor), Faiz Novascotia Saripudin (vokal, gitar), Nugi Wicaksono (bas, vokal latar) dan Era Patigo (drum) akan kembali menyoroti materi dari Reality Club Presents..., album ketiga Reality Club yang dirilis Dominion Records pada 26 Mei 2023 lalu. Album ini juga telah mengantar mereka meraih dua piala di AMI Awards 2023 untuk kategori Album Alternatif Terbaik dan Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik.

“Ini tur untuk album Reality Club Presents...yang sebenarnya sudah dimulai di Jakarta, lalu ada tur di Asia dan Amerika Utara. Kami merasa ada kewajiban membawa pertunjukan ini ke kota-kota lain di Indonesia,” kata Fathia disela-sela acara jumpa pers di bilangan Senayan, Rabu (17/7/2024).

Reality Club Present © 2024 brilio.net foto: brilio.net/yani andriyansyah

Sedangkan Nugi menegaskan bahwa pertunjukan ini untuk memuaskan hasrat musik para Goddess Rockstar (sebutan untuk penggemar berat Reality Club). “Kami ingin bikin orang-orang merasakan keseruannya,” ucap Nugi.

Sesuai dengan album Reality Club Presents...yang membahas berbagai sisi cinta diiringi warna musik yang variatif, maka di tiap kota di acara Reality Club Presents...Indonesia Tour akan mendapat tema sendiri. Menurut Nugi, setiap kota ada tema berdasarkan salah satu lagu mereka, termasuk untuk konsep penampilan pun sesuai tema tersebut.

Ada pun tema dari masing-masing kota adalah “Am I Bothering You?” (Semarang), “You Let Her Go Again” (Bandung), “Dancing in the Breeze Alone” (Yogyakarta), “Anything You Want” (Surabaya) dan “Love Epiphany” (Makassar). Nantinya, tiap pertunjukan ini disertai dress code untuk penonton yang akan membuat pengalamannya semakin seru dan unik. “Jadi yang bikin beda justru penonton dan suasana di setiap kota,” lanjut Fathia.

Reality Club Present © 2024 brilio.net foto: katarsis live

Selain itu setiap lokasi Reality Club Presents... Indonesia Tour ini juga akan disulap menjadi gedung pertunjukan teater sehingga penonton akan merasa seperti menjadi bagian dari pertunjukan sejak melewati pintu masuk.  “Tema dan pengalaman yang didapat enggak cuma pas menonton, karena gedungnya sudah disiapkan menjadi klub teater dari segi dekorasi dan suasananya. Jadi begitu orang datang ke lokasi sudah langsung terasa masuk ke dalam pertunjukannya,” kata Era.  

Suguhan utama dalam rangkaian Reality Club Presents...Indonesia Tour akan mencakupi karya-karya di awal terbentuknya Reality Club di tahun 2016 hingga materi terkini mereka. Dalam menghidupkan lagu-lagu yang diambil dari ketiga album tersebut, para personel Reality Club akan berkolaborasi di atas panggung dengan musisi tambahan, orkestra, koor dan penari, disertai dukungan tata suara, tata cahaya dan visual yang sudah disiapkan secara khusus.

“Akan ada dua babak. Pertama yang sepenuhnya berupa album Reality Club Presents..., dan di babak kedua kami akan membawakan lagu-lagu dari album Never Get Better dan What Do You Really Know? Setnya juga akan lama. Kalau di acara lain kami membawakan 10-11 lagu, di tur ini kami akan membawakan sekitar 20-an lagu,” tutup Faiz.