Brilio.net - Jalan raya rusak dapat menyebabkan pengguna jalan terhambat dan bahkan membahayakan keselamatan mereka. Kerusakan jalan raya ini juga menyebabkan kubangan-kubangan dan bahkan mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Tak jarang, kerusakan jalan raya seperti jalan berlubang atau jalan amblas bisa membahayakan setiap pengguna jalan raya dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ada lho undang-undang khusus yang menjelaskan tentang perawatan dan pengelolaan jalan, yakni pada Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, pemerintah bertanggung jawab untuk membangun, merawat, dan mengelola jalan. Oleh karena itu, jika jalan rusak mengganggu keselamatan pengguna jalan, pemerintah sebagai penyelenggara jalan bisa dituntut.

Di Indonesia, banyak sekali ditemui jalanan dengan kondisi yang memprihatinkan. Meski sudah kerap mendapatkan protes dari warga sekitar, terkadang belum juga ditangani. Barangkali ini yang mendasari warganet memberikan tanggapan pedas terhadap jalanan rusak.

Respons yang diberikan warganet ini mengundang tawa. Pasalnya, bentuk protes mereka terbilang nyeleneh. Meski seperti tak serius dan terlihat kocak, respons masyarakat ini sungguh mewakili keresahan. Berikut potretnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/11).

1. Nyindirnya keras banget bang.

Respons jalan rusak berbagai sumber

Respons jalan rusak
TikTok/@almirashop10