Brilio.net - Biasanya, nangis merupakan bentuk meluapkan ekspresi kesedihan. Sebab tangisan bisa menciptakan kelegaan setelah mengalami gejolak perasaan. Meski tidak melulu karena sedih, sebab ada saja yang nangis karena perasaan bahagia. Intinya, nangis adalah bentuk luapan berbagai kondisi dan emosi.

Namun, emosi biasanya sulit sekali dibuat-buat, kecuali buat seseorang yang jago bikin drama. Seperti pada video kali ini. Siapa sangka, kumpulan ibu-ibu meraung bak mengalami kesedihan yang mendalam ternyata hanya mengikuti lomba. Momen ini dibagikan oleh akun TikTok @jaywibowo94.

Lomba ini diadakan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ada ratusan ibu-ibu yang berlomba-lomba mengeluarkan air mata. Siapa yang paling natural maka ia akan berpeluang menjadi juara. Pertandingan yang sepertinya tidak pernah diadakan sebelumnya ini sukses menarik perhatian.

ratusan emak emak nangis di Tegal © TikTok

foto: TikTok/@jaywibowo94

Dwi Kurniawan selaku ketua panitia mengatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak menyangka bahwa lomba tersebut akan diikuti oleh banyak orang. Dalam waktu singkat, kuota pendaftaran lomba ludes tak tersisa. Bahkan yang mendaftar secara online saja sampai membludak.

Karena itu, panitia akhirnya memutuskan untuk berhenti membuka pendaftaran meski belum waktunya tutup. Ratusan ibu-ibu mendaftar yang membuat tempat perlombaan tidak cukup. Bahkan, Dwi Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya hanya menyiapkan dua ratus kuota.

ratusan emak emak nangis di Tegal © TikTok

foto: TikTok/@jaywibowo94

"Nah, akhirnya tak stop, karena tempatnya kurang, kita hanya menyiapkan dua ratus kuota," katanya dikutip brilio.net dari liputan6.com pada Rabu (24/7).

Terlihat dalam video, emak-emak tersebut beradu akting menangis sekuat tenaga. Demi memenangkan pertandingan mereka menangis sejadi-jadinya. Bahkan tidak sedikit yang terlalu memaksa sehingga air matanya tidak keluar

Para peserta diberikan nomor urut yang ditempel di baju bagian depan. Kegiatan ini berlangsung di sebuah tempat wisata di Tegal, pengunjung sekitar tidak sedikit yang menyoroti keunikan dari lomba tersebut.

ratusan emak emak nangis di Tegal © TikTok

foto: TikTok/@jaywibowo94

Setelah perlombaan selesai, dewan juri memutuskan salah seorang ibu bernama Nuraningsih yang keluar sebagai juaranya. Ia mengaku sama sekali tidak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti lomba ini. Meski demikian, Nuraningsih berhak atas sebuah piala dan hadiah yang telah disediakan oleh panitia.

Tak cuma yang menyaksikan secara langsung, pertandingan ini juga menjadi perhatian di dunia maya. Banyak komentar yang justru menganggap lucu ketika emak-emak tersebut menangis, warganet menertawakannya di kolom komentar. Selain itu, mereka salut, terhadap cara akting peserta yang benar-benar tampak natural.

ratusan emak emak nangis di Tegal © TikTok

foto: TikTok/@jaywibowo94

"Gue kalo ada disitu malah NGAKAK liat²an sama yg nangis," Wwitarijs89.

"Kebayang gimana leganya ibu2 yang mempunyai beban di RT pasca menangis serentak ini. Orang lain mengira lomba, sdgkan dirinya mengeluarkan emosinya," tulis akun @itsnfyolanda.

"Coba bayangkan kalau lomba nangis khusus untuk bapak2," ujar akun @egho741.