Brilio.net - Kegiatan berbagi memang tak jarang dilakukan orang saat menemui orang yang kurang mampu atau dianggap kurang beruntung. Namun, kegiatan seperti ini perlu dipikirkan dengan matang mengingat terkadang bisa saja kebaikan kamu salah alamat. Seperti yang dialami oleh seorang ibu-ibu anak satu yang membagikan ceritanya lewat TikTok @nov.nov_ berikut ini. Ia jadi sasaran tindakan dermawan yang dilakukan oleh orang meskipun sebenarnya ia tak sedang dilanda kesulitan.

Momen itu terjadi saat dirinya tengah mengasuh anak sembari berdagang di malam hari. Ia momong anaknya di depan sebuah kios di seberang tempat jualannya. Saat itu, sang anak sedang makan jajanan yang sudah ia siapkan. Namun, tiba-tiba seseorang memberinya uang karena dikira ia duduk diemperan sepi saat malam hari.

Alih-alih tersinggung dikira gelandangan, ibu-ibu ini justru nyengir dan tak percaya bahwa dirinya bakal mengalami momen tak terduga ini. Ia menjelaskan, kalau dirinya sedang berjualan tahu di pasar dan sengaja duduk di emperan. Ibu yang akrab disapa Novesa tersebut juga menjelaskan bahwa ia baru saja berbelanja di minimarket untuk anaknya. Dia membelikan cemilan coklat dan eskrim untuk anaknya.

Kejadian tak terduga ini dimulai saat 2 orang lelaki menggunakan motor mendekati ibu dan anak tersebut. Khawatir orang tersebut bakal berbuat jahat, Novesa reflek mengamankan barang berharga seperti tas dan mendekatkan anaknya.

Dikira gelandangan padahal pedagang TikTok/@nov.nov_

foto: TikTok/@nov.nov_

"Tiba-tiba ada orang berhenti disini nih, cowok 2 orang kirain mau ngapain ya udah negatif thinking ini yang tas nya di bawah langsung aku giniin terus Yasmin langsung aku suruh duduk deket," ucapnya.

Alih-alih mengalami nasib buruk, rupanya Novesa dan anaknya Yasmin mendapatkan uang kaget. Dua orang asing tersebut rupanya memberikan uang bernilai Rp 10 ribu kepadanya. Sontak kejadian tersebut membuat ia kebingungan.

Dikira gelandangan padahal pedagang TikTok/@nov.nov_

foto: TikTok/@nov.nov_

"Taunya orang itu kesini nyamperin anjir, taunya ngasih apa coba? Ngasih duit ceban. Astagfirullahaladzim ini gua nggak tau senang apa sedih yah dikasih duit," tampungnya.

Novesa mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali dalam hidupnya disangka sebagai gelandangan oleh orang lain. Sambil menahan tawa dirinya menunjukkan jam di smartphonenya. Diketahui Novesa dan Yasmin ke pasar pada jam 02:26 pagi.

Dikira gelandangan padahal pedagang TikTok/@nov.nov_

foto: TikTok/@nov.nov_

"Jam setengah 3 pagi gaes, ada-ada aja orang," tutupnya.

Dari kejadian tersebut memancing komentar para warganet . Ada yang menanggapi bahwa kejadian tersebut wajar terjadi karena duduk di emperan pada saat pagi buta. Selain itu, ada juga yang merasakan kejadian yang sama seperti novesa.

"jam 2.30 ngemper di ruko, gak salah sih yg ngasih duit mah," tulis akun @de.ski

"Jadi teringat waktu itu aku beli telur gulung, disamping mamang telor gulung nya,ada ibu-ibu sama anaknya duduk aku kasih duit Rp 5 ribu,kata ibu nya nggak usah neng,kata kau gapapa eh besok nya aku beli kesitu lagi ternyata ibu itu istrinya mamang telor gulung dan punya anak buah dimana-mana," ungkap akun @nonavirgiawanlist

"Itu orang nggak lihat apa anaknya jajan kinder joy," balas akun @.kimboom

"Gue udah nungguin mbaknya nunjukin duit segepok woyyy," tulis akun @vinablandino

"Fix yang ngasih uang itu orangnya baik banget," tulis akun @tokoberkahhh999.

Unggahan tersebut pun mengundang perhatian pengguna TikTok hingga ditonton 4,7 juta kali, 361,5 ribu suka, dan 9.564 komentar.