Brilio.net - Cuaca panas memang bikin badan jadi mudah gerah. Maka wajar jika kamu membutuhkan alat penyejuk ruangan seperti AC. Namun kadang kemampuan finansial membuat kamu memilih barang yang lebih murah yakni kipas angin.

Meski begitu, kipas angin terkadang tidak cukup untuk membuat ruangan atau tubuh menjadi lebih sejuk. Maka butuh ide kreatif agar membuat kipas angin jadi lebih sejuk. Emangnya bisa? Nyatanya memang bisa! Penampakannya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin jadi adem TikTok

foto: TikTok/@risyadandson

Melalui tutorial life hack berikut ini kamu akan tahu cara membuatnya. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @risyadandson, Selasa (28/5), pemilik akun ingin membuktikan sebuah cuplikan video yang memperlihatkan life hack membuat kipas angin jadi lebih adem. Pemilik akun bernama Risyad ini kemudian menjelaskan bagaimana membuat kipas angin dengan cara yang nyeleneh namun praktis dan menarik untuk ditiru.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin jadi adem TikTok

foto: TikTok/@risyadandson

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan satu botol bekas. Di dalam video dipilih botol air mineral ukuran satu liter. Lalu, siapkan jarum yang digunakan untuk melubangi bagian bawah botol tersebut.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin jadi adem TikTok

foto: TikTok/@risyadandson

Perlu diperhatikan, lubangi botol seukuran tusuk gigi saja, karena lubang tersebut akan dimasukkan sebatang tusuk gigi. Jika botol yang bagian bawahnya sudah ditancapkan tusuk gigi, selanjutnya masukan air secukupnya.

Lalu, posisikan botol berair tersebut di belakang kipas angin yang sedang menyala. Dalam video diperlihatkan air akan menetes perlahan melewati tusuk gigi tersebut. Tetesan air ini akan tersedot oleh kipas angin dan berembus ke depan.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin jadi adem TikTok

foto: TikTok/@risyadandson

Alhasil, kipas angin pun terasa lebih adem. Risyad menyimpulkan kalau cara ini lumayan membantu dan bisa dicoba meskipun masih mempunyai kekurangan.

"Kipas bisa adem meskipun abis itu kamu kepanasan karena harus ngepel lantai dari air yang menetes ke lantai. Jadi kesimpulannya, it's a fact!," katanya di akhir video.

Video ini pun mendapat berbagai respons warganet. Beberapa mengaku telah mencobanya namun hasilnya berbeda-beda.

"Pernah nyoba nih kips kondangan lite. Biar nggak becek harus dikasih penadah air bang," tulis akun @ffaaannn.

"Asalkan lubangnya nggak kebesaran dan air yang netesnya nggak terlalu deras, nggak akan becek bang," kata akun @fadliee00.

"Gua ngikutin sampai hampir meledak dinamonya gara-gara kena air hahaha," kata akun @fadliee00.

"Bawahnya kasih kain aja, biar nggak capek ngepel," timpal akun @debu2122.

@risyadandson BIKIN KIPAS JADI ADEM?? #serunyabelajar #lifehack #eksperimen #superhacks Pink Venom - BLACKPINK