Brilio.net - Listrik memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari penerangan, komunikasi, hingga kesehatan. Tanpa listrik, banyak aktivitas sehari-hari yang tidak akan berjalan lancar. Jika listrik tidak ada maka, kegiatan primer, hingga tersier yang ditunjang menggunakan arus listrik akan terganggu.

Sederhananya saja, di tengah cuaca panas orang akan lebih nyaman berada di dalam ruangan dengan menyalakan pendingin ruangan, seperti AC atau kipas angin. Tidak terbayangkan bagaimana gerahnya jika kondisi listrik mati dalam waktu lama. Ya, mungkin kamu bisa menggunakan kipas angin portable. Namun bagaimana jika kamu lupa mengisi daya kipas angin tersebut? Lalu berapa lama kipas angin portable bisa membuat tubuh kamu sejuk?

Oleh karena itu kamu dituntut untuk sedikit kreatif dalam menciptakan suatu barang yang berfungsi ketika listrik mati. Seperti yang diperlihatkan pada unggahan TikTok @jang.yaya. Bukan membeli kipas angin portabel, yang notabene juga masih membutuhkan listrik, pemilik akun tersebut justru membuat kipas angin yang tidak mengandalkan listrik sama sekali. Wah kok bisa ya?

Lifehack nyeleneh tapi berguna ini memang perlu ditiru agar tidak melulu mengandalkan listrik di kehidupan sehari-hari.

"Kipas angin tanpa listrik," tulis caption unggahan tersebut, seperti dilansir brilio.net dari TikTok @jang.yaya.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik

Lifehack nyeleneh ini tidak sulit untuk ditiru. Si pemilik akun menunjukkannya tahapannya dengan cermat. Jadi kamu dengan mudah dapat mengikutinya.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik TikTok

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik
TikTok/@jang.yaya

Pertama-tama siapkan baling-baling kipas yang sudah tak terpakai, lalu pasangkan sebatang kayu pada bagian tengah baling-baling tersebut. Baling-baling ini nanti akan dipasang pada penyangga sederhana dari triplek.

Pembuatan penyangga baling-baling kipas ini dibuat dengan alas triplek, dan sebatang kayu. Kemudian lem kayu dengan posisi berdiri. Pada bagian atas kayu yang berdiri, di tempelkan sedotan yang lubangnya pas dengan ukuran besi baling-baling kipas.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik TikTok

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik
TikTok/@jang.yaya

Setelahnya, masukkan kayu ke sedotan yang telah menempel di atas kayu penyangga. Nah, ini yang paling krusial. Pada ujung kayu dipasang kawat tembaga berwarna emas kecoklatan. Dalaman kabel tersebut dibuat melingkar, bentuknya mirip seperti obat nyaman bakar.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik TikTok

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik
TikTok/@jang.yaya

Setelah tahap tersebut selesai, kemudian dilakukan uji coba. Pemilik akun tersebut memperlihatkan cara menyalakan kipas angin tanpa listrik tersebut. Dia menyiapkan besi magnet, kemudian diletakkan dibawah kawat tembaga.

Tak disangka, ternyata kawat tembaga itu mengalami gaya penolakan terhadap magnet tersebut. Hal ini pun membuat kawat berbentuk obat nyamuk bakar itu jadi berputar membawa baling-baling kipang ikutan berputar.

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik TikTok

Lifehack nyeleneh bikin kipas angin tanpa listrik
TikTok/@jang.yaya

Lifehack nyeleneh membuat kipas angin tanpa listrik pun berhasil. Asal kamu tahu, ide nyeleneh ini ternyata ilmiah lho. Kamu mungkin pernah mempelajarinya di sekolah. Tepatnya pada materi magnet dalam mata pelajaran Fisika, seperti yang disebutkan dalam Hukum Faraday, dimana ketika magnet dilalui oleh kawat, maka arus listrik akan mengalir di kawat. Disebutkan ini merupakan dasar dari motor listrik dan transformator.

Warganet yang melihat ini pun berkomentar dengan berbagai respon, salah satunya menyebut kalau cara ini simpel namun nggak kepikiran.

"Baru kali ini nemuin video yang kek gini bermanfaat selain wifi dari kayu," tulis pemilik akun @dindadwi.__.

"Kipas angin tanpa listrik tapi pakai tenaga magnet. Asli nggak kepikiran," kata akun @cinta_kamu899.

"Di Fisika ini namanya hukum kekekalan energi," tulis akun @rafi_f1zr.
 
"PLN menangis melihat ini," kata akun @icunanakbaikk.

@jang.yaya KIPAS ANGIN TANPA LISTRIK #diy #pyf #viral #kreatif #kerajinan5menit #kipasangin nenekku pahlawanku by Zenpreset - Zen5EMBE